Sukses


9 Hadis tentang Menjaga Lisan yang Dapat Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk menjaga lisan. Bahkan Rasulullah saw. memberikan penekanan pada umatnya untuk berpikir dan menimbang lebih dulu sebelum mengatakan sesuatu.

Selain itu, Rasulullah saw. menganjurkan umatnya agar memfungsikan lisan sesuai maksud penciptaannya yang harus diiringi dengan adab yang baik.

Lisan diibaratkan pisau yang apabila salah menggunakannya akan melukai banyak orang dan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Maka, sebaiknya kita mesti cermat dalam menggunakan lisan. Sesuai pepatah menjaga lisan, "mulutmu harimaumu". Alasannya, agar lisan tidak memberikan dampak buruk pada pemiliknya di dunia dan di hari akhir nanti.

Perintah menjaga lisan juga telah dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur'an.

"Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun." (QS. Al Baqarah: 263)

Di sisi lain, ada juga hadis Rasulullah saw. yang menjelaskan tentang menjaga lisan yang dapat direnungkan umat muslim.

Berikut sembilan hadis tentang menjaga lisan, dikutip dari laman kemenag.go.id dan unpand.ac.id, Senin (9/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Menjaga Lisan

Hadis tentang Menjaga Lisan 1

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مَا يَتَبَيَّنُ مَا فِيهَا يَهْوِي بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

"Sesungguhnya seorang hamba benar-benar mengucapkan kata-kata tanpa dipikirkan yang menyebabkan dia tergelincir ke dalam neraka yang jaraknya lebih jauh antara timur dan barat." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Menjaga Lisan 2

"Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam; barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia menghormati tetangganya; barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Menjaga Lisan 3

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

"Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berbicara yang baik atau diam." (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Menjaga Lisan

Hadis tentang Menjaga Lisan 4

عليك بطول الصمت فإنه مطردة الشيطان وعون لك علي أمردينك

"Hendaklah engkau lebih banyak diam, sebab diam dapat menyingkirkan setan dan menolongmu terhadap urusan agamamu." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Menjaga Lisan 5

يْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

"Celakalah bagi orang yang berkata kemudian berbohong supaya orang-orang tertawa maka celaka baginya maka celaka baginya." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Menjaga Lisan 6

"Bisa jadi seseorang mengatakan satu kalimat yang dimurkai Allah, suatu kalimat yang menurutnya tidak apa-apa. Namun, dengan sebab kalimat itu dia jatuh ke neraka selama 70 tahun." (HR. Ahmad)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Menjaga Lisan

Hadis tentang Menjaga Lisan 7

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

"Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." (HR. Al Bukhari)

Hadis tentang Menjaga Lisan 8

"Bila manusia berada di waktu pagi, seluruh anggota badan tunduk kepada lisan lalu berkata, 'Takutlah kepada Allah untuk kami, kami bergantung padamu. Bila engkau lurus, kami pun lurus. Dan bila engkau bengkok, kami pun bengkok'." (HR. An-Nasa’iy)

Hadis tentang Menjaga Lisan 9

"Siapa yang dijaga oleh Allah dari kejahatan sesuatu yang ada di antara kedua jambangnya (lisan) dan kejahatan di antara kedua kakinya (kemaluan), ia masuk surga." (HR. At Tirmidzi)

 

Sumber: kemenag.go.id, unpand.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer