Sukses


Macam-Macam Penyebab Munculnya Vertigo yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Vertigo adalah sebuah kondisi yang bisa mengganggu keseimbangan dan kualitas hidup seseorang. Sensasi pusing berputar atau merasa seolah-olah lingkungan sekitar kita bergerak tanpa kendali dapat datang tiba-tiba dan tanpa peringatan.

Kondisi ini bukan hanya menjengkelkan, tetapi juga bisa berdampak signifikan pada keseharian seseorang, bahkan membatasi kemampuan mereka untuk menjalani kehidupan normal. 

Vertigo dibagi menjadi dua jenis, yaitu vertigo perifer, yakni yang berhubungan dengan keseimbangan di dalam telinga bagian dalam dan bisa dipicu oleh infeksi, cedera, atau obat-obatan

Jenis kedua adalah vertigo sentral, yang lebih jarang diderita dan biasanya disebabkan oleh kerusakan sistem saraf bagian pusat.

Pengidap vertigo dapat mengalami vertigo dengan tingkatan berbeda, yang biasanya memengaruhi durasi vertigo yang dirasakan.

Bila kamu mengalami vertigo secara terus-menerus dan tak kunjung berhenti, meski telah meminum obat, kamu disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk penangangan lebih tepat.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang dapat memunculkan vertigo, seperti cedera pada kepala atau leher.

Berikut macam-macam penyebab munculnya vertigo yang perlu diwaspadai, seperti dikutip dari Factyhealth, Senin (16/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Munculnya Vertigo yang Perlu Diwaspadai

1. Penyakit yang Diidap

Kondisi penyakit tertentu yang sudah diderita juga dapat memunculkan vertigo. Sebagai contoh, seseorang yang telah mengalami migrain dan diabetes, dapat mengalami vertigo.

Ada beberapa penyakit yang juga dapat menyebabkan pusing yang cukup parah karena arteri mengeras atau menyempit, yang dapat menyebabkan peredaran darah ke otak terganggu. Serangan panik yang terjadi tiba-tiba juga dapat menyebabkan vertigo.

2. Efek Samping Kehamilan

Selama masa awal kehamilan, serangan vertigo dapat terjadi karena perubahan hormon memengaruhi kadar gula darah. Gula darah yang cukup rendah dapat menyebabkan pusing.

Selain itu wanita hamil dapat terserang vertigo, saat mereka berbaring, yang dapat menyebabkan suatu pergesaran pada posisi bayi di dalam kandungan sehingga menekan vena yang membawa darah kembali ke jantung.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Munculnya Vertigo yang Perlu Diwaspadai

3. Infeksi Labirintis

Gangguan ini terjadi ketika infeksi menyerang labirin telinga bagian dalam yang bertugas sebagai pengendali keseimbangan dan pendengaran. Peradangan yang disebabkan infeksi ini dapat menyebabkan vertigo.

Selain dapat menyebabkan vertigo, infeksi ini dapat menyebabkan sakit telinga, kehilangan pendengaran, mual, dan demam.

4. Neuritis vestibular

Neuritis vestibular mengacu pada saraf jauh di dalam telinga yang menghubungkan tabung labirin ke otak. Jika virus menginfeksi daerah ini, dapat membuat peradangan pada labirin bertulang.

Neuritis vestibular dapat menyebabkan vertigo yang disertai dengan mual, penglihatan kabur, dan badan yang terasa tidak seimbang saat berdiri. Gejala ini dapat terjadi selama berjam-jam atau bahkan selama berhari-hari.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Munculnya Vertigo yang Perlu Diwaspadai

5. Traveling

Vertigo juga dapat muncul bagi mereka yang sering mabuk saat berada dalam satu moda transportasi. Hal tersebut terjadi saat mereka dari moda transportasi yang baru saja dinaiki.

Transisi dari keadaan bergerak menjadi tidak bergerak, dan berdiri di atas tanah, dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan sakit kepala.

Vertigo yang disebabkan hal tersebut akan hilang dengan cepat seiring telah beradaptasinya tubuh pada keadaan sekitar.

6. Terlalu Lama Berbaring

Beberapa orang juga mengalami vertigo setelah menghabiskan waktu yang lama untuk berbaring. Sama seperti saat turun dari kapal dan mobil, tubuh harus menyesuaikan kembali dengan keadaan baru. Vertigo ini juga akan hilang dengan cepat seiring adaptasi yang telah dilakukan.

7. Cedera Kepala atau Leher

Banyak orang yang setelah pulih dari cedera kepala atau leher, dapat mengalami vertigo. Berapa lama vertigo yang dirasakan bergantung pada cedera yang dialami. Vertigo yang disebabkan ini kebanyakan akan sembuh dengan sendirinya saat cedera makin membaik.

 

Sumber: Factyhealth

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer