Sukses


Cara Melakukan Pelukan Kupu-Kupu yang Tepat

Bola.com, Jakarta - Pelukan kupu-kupu atau butterfly hug adalah metode intervensi terapeutik yang dapat dilakukan sendiri untuk membantu seseorang agar ia lebih relaks.

Metode ini memproses materi traumatis sehingga orang yang melakukannya bisa merasa lebih tenang.

Pelukan kupu-kupu berasal dan dikembangkan oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero. Mereka melakukan dan mengembangkannya saat menolong para korban selamat dari sebuah badai besar di Acapulco, Meksiko, pada 1998.

Lantaran berhasil membuat perasaan orang-orang menjadi lebih baik maka pelukan kupu-kupu atau butterfly hug ini berkembang menjadi praktik standar dokter dan psikolog di lapangan, khususnya untuk pasien yang habis melewati masa-masa trauma.

Jika kamu penasaran, berikut cara melakukan pelukan kupu-kupu atau butterfly hug, disadur dari Klikdokter, Kamis (19/10/2023).

2 dari 3 halaman

Cara Melakukan Pelukan Kupu-Kupu

  • Cari tempat yang lebih tenang. Lalu, atur napasmu dan tarik napas dalam sampai kamu merasa lebih fokus untuk melakukan metode butterfly hug.
  • Silangkan kedua tangan di dada, lalu kedua telapak tangan naik ke bahu atau tulang leher kamu.
  • Lalu, tepukkan tangan di atas bahu atau tulang leher secara perlahan dan bergantian (kiri dan kanan). Terus lakukan pelukan kupu-kupu ini selama 30 detik atau beberapa menit. Intinya, lakukan sampai kamu merasa jauh lebih baik.
  • Setelah jauh lebih tenang, tutup dengan tarikan dan buang napas yang dalam.
3 dari 3 halaman

Apakah Pelukan Kupu-Kupu Membutuhkan Tempat yang Sepi?

Untuk orang yang baru-baru coba pelukan kupu-kupu, akan lebih baik jika dia mencari tempat yang lebih kondusif dan nyaman untuk fokus dan tenang. Takutnya kalau terlalu ramai, dia bisa terdistraksi. Bagi yang sudah biasa, dia mungkin bisa memfokuskan diri, meski situasinya padat.

Buat kamu yang memiliki masalah psikis dan membutuhkan terapi dari seorang psikolog atau psikiater, metode pelukan kupu-kupu tidak bisa menggantikan terapi tersebut.

Bisa dibilang, butterfly hug ini merupakan obat pereda gejala saja atau pertolongan pertama. 

Metode pelukan kupu-kupu merupakan alat yang dirancang untuk membantu mengurangi kecemasan dan menenangkan kamu saat ini, tetapi bukan cara yang bisa digunakan sebagai pengganti terapi. 

Ini bisa dilakukan saat serangan cemas, rasa tertekan, bayangan trauma, atau kesedihan lainnya tiba-tiba muncul.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/7/2020)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer