Sukses


Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Sumpah Pemuda adalah sebuah peristiwa sejarah yang terjadi pada 28 Oktober 1928 di Indonesia. Peristiwa ini merupakan momen penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Sumpah Pemuda dicetuskan dalam Kongres Pemuda II yang diadakan di Jakarta. Sumpah Pemuda diinisiasi oleh pemuda-pemuda Indonesia yang tergabung dalam organisasi-organisasi pemuda.

Pada saat kongres, pemuda-pemuda Indonesia sepakat untuk bersatu demi mencapai tiga tujuan besar, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan, serta tekad pemuda-pemuda Indonesia untuk bersatu dalam perjuangan melawan penjajahan.

Di sisi lain, dalam isi Sumpah Pemuda terdapat kandungan makna yang dalam bagi bangsa Indonesia. Itulah mengapa perlunya setiap warga Indonesia mengetahui makna penting dari Sumpah Pemuda, terutama bagi para pelajar.

Berikut ini makna Sumpah Pemuda bagi pelajar yang perlu diketahui dan dipahami, dilansir dari min3bandarlampung.sch.id, Rabu (25/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Isi Sumpah Pemuda

Dalam pertemuan yang berlangsung pada 27 hingga 28 Oktober 1928 di Jakarta menghasilkan tiga isi Sumpah Pemuda, yaitu:

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

- Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

3 dari 4 halaman

Nilai-Nilai Luhur dalam Semangat Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda sebagai hasil Konggres Pemuda II diperjuangkan oleh para pemuda menjadi tonggak lahirnya semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda Indonesia. Hal itu untuk menyatukan tekad meraih kemerdekaan melalui semangat satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Perjuangan dan pemuda Indonesia dalam melaksanakan konggres pemuda mengandung nilai-nilai luhur yang harus dilestarikan serta diamalkan. Nilai-nilai luhur yang terdapat dalam semangat sumpah pemuda, antara lain:

1. Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

2. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

3. Sikap cinta tanah air.

4. Menghargai dan menerima perbedaan.

4 dari 4 halaman

Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar

Menghormati dan Menghargai Anak Bangsa

Siswa Indonesia perlu meneladani semangat Sumpah Pemuda yang digagas para pemuda pada 1928. Intoleransi juga meningkat seperti yang kita lihat di era digital saat ini.

Banyaknya pelajar yang mengerti penggunaan media sosial memberi dampak negatif saling serang komentar dan saling hujat sepertinya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Siswa diharapkan saling menghormati dan menghargai anak satu sama lain tanpa terikat oleh tren negatif yang sedang berkembang di media sosial.

Berhenti Menyebarkan informasi dan Menyebarkan Pesan

Seperti yang telah disebutkan, dampak media sosial terhadap kehidupan bangsa dan masyarakat saat ini sangat besar. Selain itu, penyebaran berita bohong atau hoax yang tersebar di kalangan pelajar atau masyarakat luas.

Sebagai pelajar yang baik, kamu harus bisa menghentikan penyebaran berita palsu. Jangan biarkan pesanmu tidak jelas. Sebaliknya, sebarkan berita dan informasi positif kepada masyarakat agar lebih bermanfaat.

Menanamkan Kebanggaan pada Tanah Air

Pelajar Indonesia harus bangga dengan budayanya karena Indonesia memiliki beragam budaya. Jika warga negara lain bangga dengan budaya kita, anak-anak negara kita harus lebih bangga lagi.

Itulah mengapa sebagai pelajar, dapat berpartisipasi menggunakan produk lokal sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia. Selain itu, siswa Indonesia dapat merevitalisasi ekonomi dan membantu UMKM menjadi lebih sukses di negaranya.

Penggunaan Bahasa Indonesia yang Tepat dan Tepat

Satu di antara poin yang diajarkan dalam Sumpah Pemuda adalah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa solidaritas. Hal ini karena bahasa Indonesia bersifat universal. Hal ini memudahkan siapa saja untuk memahaminya.

 

Sumber: min3bandarlampung.sch.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer