Sukses


7 Hadis tentang Pacaran yang Bisa Jadi Pedoman

Bola.com, Jakarta - Di masyarakat, menjalin hubungan dengan lawan jenis atau pacaran sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Meski begitu, pacaran sering kali menjadi sebuah perdebatan.

Dalam Islam, umatnya melarang untuk pacaran sebelum menikah. Islam tidak pernah mengajarkan dan tidak ada landasan dalam syariat agama tentang pacaran.

Meski demikian, tidak bisa dimungkiri pacaran dapat terjadi di kalangan pemuda-pemudi kaum muslimin.

Pacaran dikhawatirkan akan mendekatkan seseorang dalam perzinahan. Bukan tidak mungkin ketika pacaran, seorang laki-laki dan seorang perempuan saling berpegangan tangan, berpelukan, dan bisa lebih jauh lagi.

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al Isra: 32)

Rasulullah saw. juga telah banyak menegaskan pacaran dalam beberapa hadis agar umat muslim terhindar dari dosa.

Berikut tujuh hadis tentang pacaran yang bisa jadi pedoman umat muslim, dikutip dari laman Mustafalan dan Abiabiz, Senin (30/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Pacaran

Hadis tentang Pacaran 1

Tidak boleh antara laki-laki dan wanita berduaan kecuali disertai oleh muhrimnya, dan seorang wanita tidak boleh bepergian kecuali ditemani oleh muhramnya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Pacaran 2

“Wahai para pemuda! Barang siapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barang siapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia saum (puasa), karena saum itu dapat membentengi dirinya.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan lainnya)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Pacaran

Hadis tentang Pacaran 3

"Tidaklah sekali-kali seorang laki-laki berduaan dengan seorang perempuan kecuali setan akan menjadi yang ketiga." (HR. Tirmidzi, Ahmad)

Hadis tentang Pacaran 4

"Sesungguhnya Allah telah menakdirkan bahwa pada setiap anak Adam memiliki bagian dari perbuatan zina yang pasti terjadi dan tidak mungkin dihindari.

Zinanya mata adalah penglihatan, zinanya lisan adalah ucapan, sedangkan nafsu (zina hati) adalah berkeinginan dan berangan-angan, dan kemaluanlah yang membenarkan atau mengingkarinya." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Pacaran

Hadis tentang Pacaran 5

“Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya (bukan mahramnya).” (HR. Ar Ruyani)

Hadis tentang Pacaran 6

“Seorang wanita tidak boleh bersafar tiga hari kecuali bersama mahramnya.” (HR. Bukhari, Muslim 1338)

Hadis tentang Pacaran 7

“Kami tidak pernah mengetahui solusi untuk dua orang yang saling mencintai semisal pernikahan.” (HR. Ibnu Majah)

 

Sumber: Mustafalan, Abiabiz

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer