Sukses


Rivan Nurmulki Tidak Turun di Livoli Divisi Utama 2023, Ingin Fokus Main di Luar Negeri

Bola.com, Jakarta - Bintang voli Indonesia, Rivan Nurmulki, memastikan tidak akan turun di kompetisi bola voli Livoli Divisi Utama 2023. Kompetisi voli bergengsi tersebut akan digelar di Tangerang mulai Senin, 6 November 2023.

“Tidak dulu, ya. Saya off. Biarlah pemain muda yang bermain di Livoli,” kata Rivan Nurmulki saat dihubungi pada Rabu (1/11/2023), melalui rilis dari PBVSI. 

Penampilan terakhir Rivan di Livoli adalah pada tahun lalu di Magetan. Saat itu, dia bermain bersama klubnya, Samator.

“Saya ingin fokus bermain di liga luar negeri. Kompetisi lokal sebaiknya diberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda untuk berkembang,” ujar pemain asal Jambi ini.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Produk Binaan Samator

Rivan merupakan produk binaan Samator. Dia telah membela klub asal Surabaya itu sejak 2013, baik di Livoli maupun Proliga.

Bersama Samator, Rivan telah meraih banyak gelar juara, terutama di kedua kompetisi tersebut.

“Iya, benar. Rivan tidak akan bermain untuk Samator di Livoli kali ini,” kata manajer Samator, Hadi Sampurno.

Livoli Divisi Utama 2023 akan diselenggarakan mulai 6 November hingga 10 Desember 2023 di Tangerang, Magetan, dan Kediri.

3 dari 4 halaman

Peserta Makin Semarang

Sementara itu, Livoli Divisi Utama 2024 dipastikan akan kian semarak. Peserta turnamen voli bergengsi di Tanah Air itu akan bertambah.

Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI, Reginald Nelwan memastikan Livoli Divisi Utama 2024 akan ada penambahan dua tim di sektor putra dan dua tim di sektor putri.

Jadi, mulai Livoli Divisi Utama 2024 akan ada 10 tim putra yang akan berkompetisi. Jumlah tim yang sama juga akan berlaga di sektor putri.

Itu bertujuan  memberikan kesempatan kepada semakin banyak tim dan pemain bola voli yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Untuk tahun ini akan ada dua tim yang terdegradasi dan empat tim promosi," ujar Reginald Nelwan dalam konferensi pers Livoli Divisi Utama 2023 di Jakarta, Jumat (20/10/2023) sore WIB.

"Mulai musim 2024 Livoli Divisi Utama akan diikuti 10 tim baik putra dan putri," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Perubahan Aturan

Adanya penambahan tim untuk Livoli Divisi Utama 2024 membuat Livoli Divisi Utama 2023 memiliki sedikit perubahan aturan. Yang paling terlihat adalah soal aturan promosi dan degradasi.

Akan ada empat tim yang berhak promosi dari Divisi 1. Sementara dua tim dari Divisi Utama harus terdegradasi.

"Penghuni ranking empat di Tangerang dan Magetan itu akan terdegradasi, sementara peringkat pertama dan kedua ikut Final Four di Kediri. 

Video Populer

Foto Populer