Sukses


Contoh-Contoh Sambutan Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023

Bola.com, Jakarta - Hari Pahlawan Nasional adalah momentum untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap tahunnya pada 10 November. Tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional tercantum dalam Keppres No.316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Adapun tema Hari Pahlawan Nasional 2023 ialah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Menjelang Hari Pahlawan Nasional 10 November, bangsa Indonesia akan mengadakan upacara bendera, baik di sekolah maupun di lingkungan pemerintah pusat hingga daerah.

Sebelum upacara bendera dimulai, biasanya ketua panitia atau pembina diminta untuk menyampaikan sambutan.

Sambutan merupakan bentuk penyambutan untuk para tamu atau masyarakat yang hadir pada upacara bendera Hari Pahlawan Nasional 10 November.

Berikut contoh-contoh sambutan peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 yang keren dan menyentuh hati, dikutip dari laman Amongguru dan Gurupenyemangat, Selasa (7/11/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Sambutan Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 (1)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, dan salam semangat untuk kita semua,

Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua/Kepala … ,

Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu Undangan,

Serta segenap peserta upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 yang berbahagia.

Alhamdulillahirobbil’alamin, wa bihi nasta’in, wa ala umuriddun ya waddin.

Puji dan syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Swt. yang senantiasa memberikan nikmat, hidayah, inayah, terutama nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa hadir dalam keadaan sehat walafiat demi menyemarakkan peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023.

Selawat berlantunkan salam kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad saw. Mudah-mudahan seiring dengan lancarnya bibir ini berselawat kita akan mendapat syafaat beliau di hari kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta segenap peserta upacara bendera Hari Pahlawan Nasional 2023 yang berbahagia,

Pada 2023 ini, kita kembali singgah ke momentum bersejarah dan penuh nilai-nilai perjuangan yang bernama Hari Pahlawan Nasional.

Sekilas, peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 kembali mengajak kita untuk melirik kembali kisah suram dalam pertempuran Surabaya. Namun di era milenial, bukan pertempuran yang ingin kita latih melainkan ajakan untuk memetik nilai-nilai kepahlawanan.

Atas dasar itulah upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 ini diselenggarakan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap tamu undangan dan juga peserta yang telah menyempatkan diri untuk hadir seraya bersama-sama memeriahkan peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023.

Perlu diketahui, nantinya ada serangkaian kegiatan menarik dan inspiratif dengan tema besar "Pahlawanku Inspirasiku", dari seminar, pelatihan kewirausahaan, hingga beberapa rangkaian lomba.

Kami berharap kita semua bisa berpartisipasi dan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut hingga selesai.

Dan lebih daripada itu, saya mewakili teman-teman panitia pula memohon maaf atas segala kekurangan yang ditimbulkan dalam kegiatan ini baik sebelum dimulainya kegiatan, saat berlangsung, serta saat selesainya kegiatan.

Mari kita bersama kita petik nilai-nilai teladan dan menjadikan para pahlawan negeri sebagai inspirasi demi membawa diri menuju sosok yang lebih baik lagi.

Demikianlah sambutan dari saya. Banyak maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Sambutan Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 (2)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul pada upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 2023.

Peserta upacara bendera yang berbahagia,

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 bertujuan mengingatkan kita bahwa sikap kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme sangat penting dalam membangun negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil untuk membuat negara kita bertahan hidup.

Setiap tanggal 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan Nasional 2023. Peringatan ini sebagai refleksi dalam menghargai perjuangan pahlawan dalam melawan penjajahan. Hari Pahlawan Nasional juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah berkorban jiwa dan raga untuk menjaga kedaulatan bangsa dari penjajahan.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional tidak terlepas dari sejarah pertempuran di Surabaya, pada saat "arek-arek Surabaya" berjuang melawan Belanda dan pasukan sekutu. Setidaknya 16.000 pejuang kita meninggal dunia, sedangkan di pihak musuh telah kehilangan sekitar 2.000 prajurit.

Pertempuran itu merupakan pertempuran terberat dalam revolusi dan menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia. Dianggap sebagai kisah heroik bangsa Indonesia, maka pertempuran di Surabaya menjadi pemicu bangsa kita mendapatkan dukungan internasional untuk mendapatkan kemerdekaan. Di dalam upaya mengenang pertempuran di Surabaya, tanggal 10 November kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Peserta upacara bendera yang saya banggakan,

Saat ini kita hidup di jaman kemerdekaan, tidak ada lagi pertempuran melawan penjajah. Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis perjuangan yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan.

Berjuang melawan korupsi, kolusi, dan nepotisme adalah beberapa contoh perjuangan. Bagi peserta didik, cara mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar yang rajin dan bersungguh-sungguh sebagai upaya mencapai cita-cita yang diharapkan.

Di akhir sambutan saya ini, saya mengajak seluruh peserta upacara untuk terus melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan. Terima kasih atas perhatian bapak/ibu guru dan peserta didik sekalian.

Semoga sambutan singkat ini, semoga dapat memberikan manfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan juga peserta upacara pada umumnya.

Selamat Hari Pahlawan Nasional 2023.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Sambutan Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 (3)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua,

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA,

Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru, Staf Tata Usaha dan Segenap Karyawan,

Serta, anak-anak yang saya banggakan.

Puji syukur ke hadirat Allah Swt. atas segala nikmat yang terus mengalir pada diri kita sehingga pada hari ini, 10 November tahun 2023, kita bisa menggelar upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023.

Selawat dan salam kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad saw., semoga dengan seringnya berselawat kita akan mendapat pertolongan beliau di hari akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta segenap siswa yang saya sayangi,

Pada tahun ini, kita kembali tiba di Hari Pahlawan Nasional tepatnya pada 10 November 2023. Setiap tahun kita singgah di Hari Pahlawan Nasional, dan barang kali setiap tahun pula kita dikisahkan cerita kelam dalam "Pertempuran Surabaya".

Apakah kisah tersebut masih relevan dengan hari ini? Sekilas, sudah pasti tidak. Namun, yang paling penting untuk kita petik di sini adalah semangat nilai perjuangan dan nilai-nilai kepahlawanan.

Di sisi yang sama, kita pula tidak boleh melupakan sejarah karena dari sejarahlah kita bisa mengerti betapa besar dan beratnya perjuangan para pejuang negeri ini.

Mereka bergerilya, bertumpah darah, kurang tidur, bahkan meninggal di medan perang. Apakah ketika kalah, mereka para pejuang lantas menyerah? Nyatanya tidak karena semangat untuk membela negeri sudah menyatu dalam nadi dan darah.

Anak-anak yang saya banggakan,

Pun demikian dengan hari ini, salah satu semangat kepahlawanan yang bisa kita timba, bisa kita petik dan laksanakan di saat sekarang ini ialah semangat pantang menyerah.

Sebagai seorang generasi penerus bangsa, sudah sepantasnya kita jangan terlalu mudah putus asa, baperan, ngambekan, hingga patah arang.

Seorang pahlawan itu kuat, kuat hatinya, kuat cita-citanya, serta kuat pula nilai-nilai abdinya. Dan, yang tiada terlupa ialah, seorang pahlawan itu selalu bersungguh-sungguh dan tidak setengah hati dalam berusaha.

Jadi, Bapak/Ibu guru harap, anak-anak sekalian pula bisa menjadikan para pahlawan sebagai inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ini.

Demikian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Amongguru, Gurupenyemangat

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer