Sukses


Macam-Macam Otot Manusia dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di dalam tubuh kita terdiri dari berbagai macam organ. Satu di antaranya adalah otot yang ada di keseluruhan tubuh.

Apa itu otot? Otot adalah kumpulan sel otot (serabut otot) yang membentuk jaringan dan berfungsi untuk menggerakan organ tubuh.

Dengan adanya otot, rangka tubuh Anda dapat digerakan karena otot merupakan alat gerak yang aktif, sementara rangka tubuh merupakan sistem alat gerak pasif.

Setiap gerakan di dalam tubuh merupakan hasil dari otot yang berkontraksi. Tidak hanya gerakan, kontraksi otot juga membantu mengatur postur tubuh, stabilitas sendi, dan produksi panas tubuh.

Manusia sangat mengandalkan otot untuk menggerakkan anggota butuh dalam beragam aktivitas.

Satu hal yang menarik dari otot adalah, otot selalu bekerja. Bahkan ketika kita tidak sadar, otot selalu bekerja.

Ada lebih dari 650 otot yang ada di tubuh manusia. Dari sekian banyak otot yang dimiliki manusia, otot dibedakan menjadi tiga macam, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Berikut ini macam-macam otot yang ada di tubuh manusia beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui, dilansir dari Dosenpendidikan dan Alodokter, Kamis (25/2/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Otot Manusia dan Fungsinya

1. Otot jantung

Otot jantung adalah otot lurik khusus yang terdiri dari sel-sel memanjang dengan banyak inti yang terletak di pusat. Otot jantung seringkali disebut dengan otot istimewa karena hanya dapat ditemukan di jantung.

Jenis otot tidak dapat dikendalikan secara sadar. Otot jantung akan terus bekerja. Meski, otak kita tidak menyuruhnya untuk bergerak, otot jantung tetap melakukan kerjanya untuk bekerja dan bergerak.

Saat otot jantung berkontraksi, darah akan dipompa keluar, sementara saat otot jantung relaksasi, darah akan kembali masuk ke jantung setelah bersirkulasi ke seluruh tubuh.

2. Otot lurik

Otot lurik tersebar di seluruh tubuh. Otot lurik menempel pada kerangka melalui tendon. Sel-sel otot lurik berbentuk seperti tabung atau silindris dan memiliki inti banyak serta letaknya di pinggir, panjangnya 2,5 cm dan diameternya 50 mikron.

Jika dilihat dengan menggunakan mikroskop, tampak adanya bagian yang gelap dan terang berselang-seling sehingga memberi kesan lurik.

Otot ini disebut juga dengan otot serat lintang. Otot lurik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu otot rangka, otot lurik, dan otot lingkar.

Otot lurik bergerak berdasarkan perintah otak. Hal ini berarti, kamu bisa dengan leluasa menggerakkan otot lurik. Melansir dari Healthline, 40 persen berat badan manusia merupakan berat otot lurik.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Otot Manusia dan Fungsinya

3. Otot polos

Otot polos terdiri dari sel-sel otot polos. Sel otot ini bentuknya seperti gelendongan, di bagian tengah terbesar dan kedua ujungnya meruncing.

Otot polos berada di dinding organ internal manusia, seperti pembuluh darah, saluran pencernaan, kandung kemih atau rahim. Tak hanya itu, otot polos juga dapat ditemukan pada mata.

Otot polos bergerak secara teratur dan tidak cepat lelah. Jenis otot ini mampu bekerja, walau kamu dalam keadaan tidur. Hal ini berarti otot polos bekerja di luar kesadaran.

4. Fungsi otot dalam tubuh manusia

Otot-otot dalam tubuh manusia melakukan beberapa fungsi penting. Fungsi yang paling jelas dari otot adalah menghasilkan gerak, baik sengaja dan tidak sengaja.

Ada beberapa fungsi lain dari otot-otot dalam tubuh manusia sebagai berikut:

  • Membantu sistem peredaran darah manusia
  • Membantu pernapasan
  • Membantu dalam proses pencernaan manusia
  • Membantu dalam proses reproduksi manusia
  • Menjaga keseimbangan
  • Mengatur postur tubuh.

 

 

Sumber: Dosenpendidikan, Alodokter

 

Dapatkan kumpulan artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer