Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islam tentang Tolong-menolong, Dorongan Berbuat Baik

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islam tentang tolong-menolong dapat memicumu untuk lebih peduli terhadap sesama, terutama bagi mereka yang sedang membutuhkan.

Melalui kata-kata mutiara Islam tersebut kamu juga dapat mengerti seberapa penting artitolong-menolong sesuai ajaran agama Islam.

Sebagai umat yang beriman dan selalu berharap rahmat dari Allah SWT, kita harus selalu mengikuti perintah yang telah diberikan-Nya.

Satu di antara perintah yang dapat dilakukan adalah saling menolong, tidak hanya antarsesama umat muslim, namun juga kepada sesama umat manusia.

Menolong seseorang tidak harus menggunakan harta atau uang. Kamu dapat membantu mereka dengan tenaga dan waktu yang kamu miliki.

Perlu ditegaskan, kita harus saling menolong dalam kebaikan dan bukan keburukan. Hal tersebut seperti firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 2, yang artinya:

"Tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran."

Selain itu, di saat menolong orang lain, tak hanya pahala dari Allah yang kamu dapat. Kebaikan yang kamu lakukan tersebut akan kembali kepadamu suatu saat nanti.

Tolong-menolong yang dilakukan sesama umat manusia juga akan mengukuhkan atau menguatkan tali persaduaraan yang telah terjalin.

Berikut 30 kata-kata mutiara Islam tentang tolong-menolong, yang dapat menjadi dorongan untuk selalu berbuat baik kepada sesama, seperti dikutip dari Mutiara Islam, Rabu (9/9/2020)

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Tolong-menolong

1. "Ketika kamu berada dalam posisi untuk membantu seseorang, berbahagialah! karena Allah SWT menjawab doa orang tersebut melalui dirimu." - Nouman Ali Khan

2. "Barang siapa yang membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia, maka kelak Allah akan membebaskannya dari suatu kesulitan pada hari kiamat." - Hadis

3. "Kamu tidak butuh uang untuk membantu orang lain, kamu hanya butuh hati untuk membantu mereka."

4. "Orang yang membantu para janda dan orang miskin seperti orang yang berjihad di jalan Allah." - Hadis

5. "Kamu harus menghargai orang-orang yang memberimu nasihat dan mengajakmu kepada kebaikan, merekalah sesungguhnya yang mendorong kamu menuju surga." - Abu Maryam

6. "Tidak masalah orang tidak memperhatikan kebaikan yang kamu lakukan, kasih sayang atau perhatian yang kamu berikan. Yang terpenting adalah bahwa Allah memperhatikannya. Jangan pernah lupakan itu."

7. "Kesuksesan terbesar yang akan kita ketahui adalah membantu orang lain sukses dan berkembang."

8. "Mari saling membantu satu sama lain untuk menggapai surga. Jangan menjatuhkan orang lain saat kamu sedang berjaya. Justru sebaliknya, raih tangan mereka dan bantu mereka yang sedang jatuh di saat kamu berjaya."

9. "Duduk bersama orang miskin dan orang yang kurang beruntung akan menghilangkan ego dan kesombongan dari hatimu."

10. "Jangan memperlakukan orang lain dengan buruk sebagaimana keburukan yang ia lakukan. Perlakukan mereka dengan baik sebagaimana kamu ingin diperlakukan."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Tolong-menolong

11. "Barangsiapa menunjukkan seseorang kepada jalan kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukan kebaikan tersebut." - Hadis

12. "Ketika kamu merasa bahwa seseorang butuh bantuan, bantulah mereka tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Allah lah yang membuatmu merasakan kebutuhan orang tersebut."

13. "Hidup akan terasa lebih baik ketika kamu bisa membantu orang lain menggapai impiannya dan kamu tidak mengharapkan imbalan apa pun."

14. "Mudahkanlah setiap urusan dan jangan mempersulit. Berilah kabar gembira dan jangan membuat orang lari (tidak tertarik)." - Hadis

15. "Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya yang lain." - Hadis

16. "Seorang muslim tidak akan pernah meninggalkan muslim lainya yang tidak berdaya pada saat dibutuhkan." - Hadis

17. "Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran." - (Q.S Al-Maidah: 2)

18. "Bukanlah seorang mukmin yang ia tidur dalam keadaan kenyang, sementara tetangga sebelahnya kelaparan." - Hadis

19. "Kalimat syahadat yang kita ucapkan sebagai sesama muslim sudah cukup kuat menjadi alasan bagi kita untuk saling mencintai dan saling menghormati, bahkan ketika kita sangat tidak sepakat." - Nouman Ali Khan

20. "Orang mukmin dengan mukmin yang lain ibarat sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain." - Hadis

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam tentang Tolong-menolong

21. "Selama kamu masih berdiri, ulurkan tanganmu pada orang-orang yang telah jatuh."

22. "Salah satu alasan mengapa Tuhan memberikan kekuatan kepada kita adalah agar kita dapat menolong orang lain."

23. "Jangan memperlakukan orang lain dengan buruk karena mungkin suatu hari nanti kamu membutuhkan pertolongan mereka. Jangan meremehkan siapapun karena Allah dapat membangkitkan mereka berada di atasmu suatu hari nanti." - Dr. Bilal Philips

24. "Lakukanlah kebaikan sekecil apa pun karena kamu tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan membawamu ke surga."

25. "Ketika kita menolong orang lain, sebenarnya kita sedang menolong diri kita sendiri."

26. "Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Mahakuat lagi Maha perkasa." (QS. Al-Hajj: 40)

27. "Ya Allah.. jadikanlah aku orang yang selalu bisa membantu dan mengingatkan sesama."

28. "Dalam hidup ini, jika kamu tak mau membantu sesama, maka kamu bukan benar-benar hidup, kamu hanya bernapas."

29. "Bantulah mereka yang membutuhkan bantuan, jangan abaikan karena kau sendiri yang akan merugi."

30. "Apa yang kita lakukan untuk orang lain, suatu saat pasti akan kembali kepada kita."

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh pencerahan dan motivasi dalam menjalani hidup? Yuk, baca juga kata-kata Islam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer