Sukses


5 Manfaat Bermain Futsal bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Bola.com, Jakarta - Futsal merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari kaum pria. Olahraga tersebut bisa dimainkan segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tapi, futsal tak hanya baik bagi pria, tetapi juga bermanfaat bagi wanita. Bahkan olahraga yang satu juga banyak diminati kaum hawa.

Faktanya, kompetisi futsal untuk wanita juga digelar di berbagai belahan dunia dan beragam level. Bahkan Timnas Futsal Wanita Indonesia berencana mengikuti Women Pro Futsal League (WPFL) 2020.

Hampir sama dengan bermain sepak bola, futsal juga bertujuan mencetak gol lebih banyak supaya menjadi pemenang. Bedanya, olahraga ini berlangsung di lapangan lebih kecil, serta dimainkan dua tim dengan masing-masing menurunkan lima pemain, yakni satu penjaga gawang, dua bek, dan dua penyerang.

Menurut Journal of Exercise Science and Fitness, futsal bisa membuat para pemainnya kelelahan karena olahraga ini memiliki intensitas tinggi lantaran bergerak cukup lincah. Oleh karena itu, Anda juga perlu menjaga nutrisi supaya tubuh tetap kuat dan diimbangi dengan latihan fisik.

Sama halnya sepak bola, Spanyol memiliki beberapa pemain berkualitas di dunia futsal, yakni Sergio Lozano. Dia berperan sebagai winger Barcelona dan merupakan salah satu pemain yang memiliki dribble terbaik hingga saat ini.

Futsal memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh maupun mental. Sebut saja Sergio Lozano. Winger Barcelona futsal itu memiliki tubuh sehat dan bugar berkat menekuni olahraga ini dan disertai latihan rutin.

Di sisi lain, futsal bisa menjadi pengembangan bakat bagi mereka yang ingin menjadi pesepak bola andal. Bahkan beberapa pemain top Brasil juga awalnya memulai karier sebagai pemain futsal di masa kecilnya, seperti Ronaldinho, Pele, dan Zico.

Lantas apa saja manfaat bermain futsal? Berikut tim Bola.com merangkum sederet manfaat bermain futsal bagi kesehatan tubuh dan mental, dilansir dari berbagai sumber. 

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Bermain Futsal: Menjaga Kesehatan Jantung

Para pemain futsal akan bergerak gesit ke depan dan ke belakang lapangan saat pertandingan lantaran olahraga ini hanya dimainkan lima orang. Mereka berjalan, jogging, berlari, hingga melompat dengan penuh selama 20-40 menit.

Aktivitas-aktivitas tersebut akan membantu para pemain futsal mengendalikan detak jantung, dan melatih kardiovaskular.

Latihan futsal bertujuan membantu pemain menjaga kesehatan jantung, menghindari plak di arteri, mengurangi tekanan darah tinggi, hingga membakar kalori.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Bermain Futsal: Membakar Lemak dan Meninggikan Badan

Olahraga futsal bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sama seperti bermain sepak bola, futsal juga dapat mencegah obesitas.

Apabila disertai dengan latihan rutin, futsal bisa membakar kalori dan lemak di tubuh dengan efektif. Bermain futsal mampu menguras keringat selama permainan berlangsung.

Setelah keringat diperas, lemak akan terbakar menjadi simpanan energi untuk memperkuat otot. Mereka yang hobi bermain futsal cenderung memiliki tubuh dengan otot yang kuat di segala sisi, termasuk betis dan perut.

Tak hanya mampu membakar lemak, futsal juga bisa membantu untuk meningkatkan tinggi badan. Saat tulang aktif bergeran saat bermain futsal, maka tulang dapat meningkatkan aktivitas yang akan membantu meninggikan tubuh.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Bermain Futsal: Membangun Karakter Tanggung Jawab

Futsal bukanlah olahraga yang menekankan keahlian individu, tetapi juga kerja sama tim secara keseluruhan. Bermain futsal dapat melatih karakter setiap pemain untuk lebih bertanggung jawab, misalnya saat bola direbut lawan.

Futsal juga punya cara tersendiri untuk mengembangkan kepribadian para pemainnya. Olahraga yang satu ini cenderung melatih mental kerja sama tim dan komunikasi antarpemain.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Bermain Futsal: Membentuk Kekuatan Otot

Sama seperti bermain sepak bolam futsal juga mampu membangun kekuatan otot-otot kaki, paha, perut, maupun dada. Tetapi Anda perlu berlatih secara rutin, tidak hanya sekali atau dua kali. Membentuk dan melatih kekuatan otot tidak bisa dilakukan secara instan.

Ketika Anda mencoba untuk membangun otot lewat bermain futsal, Anda akan merasakan manfaat lainnya seperti peningkatan daya tahan tubuh, alias tidak mudah lesu atau lelah.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Bermain Futsal: Menghilangkan Stres dan Melatih Otak

Futsal dipercaya dapat menurunkan tingkat depresi atau stres seseorang. Biasanya mereka yang lelah beraktivitas baik kerja, kuliah ataupun sekolah, terkadang melampiaskannya dengan bermain futsal sebegai pelepas penat.

Tak hanya itu, futsal dapat melatih kreativitas dan kecepatan berfikir otak untuk meningkatkan konsentrasi. Kemudian dapat meningkatkan fokus otak.

Video Populer

Foto Populer