Sukses


29 Kata-kata Bijak Ustad Jefri Al Buchori (Uje), Penuh Hikmah dan Menginspirasi

Bola.com, Jakarta - Mendiang Ustad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Uje merupakan sosok pendakwah Islam. Selain berdakwah, semasa hayatnya, Uje juga seorang penari, penyanyi, hingga pemain film.

Sejak kecil Uje telah menunjukkan ketertarikan pada mata pelajaran agama dan kesenian. Mendiang pernah meraih prestasi di ajang MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran).

Uje lahir di Jakarta pada 12 April 1973 dan meninggal dunia dalam usia 40 tahun pada tanggal 26 April 2013 dalam satu kecelakaan tunggal di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sebelum meninggal, sebagai pendakwah Islam, Uje banyak memberikan ceramah dan mengucapkan kata-kata bijak yang bermanfaat buat masyarakat.

Biasanya dakwahnya berisi seputar kehidupan dengan kalimat sederhana, namun memiliki makna mendalam. Uje juga kerap berdakwah melalui lalu-lagu indah ciptaannya.

Dalam berdakwah, Uje merangkul semua golongan sehingga tak heran pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Kata-kata bijak Uje selalu membuat yang mendengarnya merasa adem dan menjadi bahan perenungan.

Ustad Jefri Al Buchori telah tiada, namun warisan berupa kata-kata bijak yang mewarnai dakwah-dakwah semasa hidupnya, masih kita kenang hingga sekarang.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak Ustad Jefri Al Buchori atau Uje yang menginspirasi, seperti dirangkum dari laman Jagokata, Ydhartono, dan Kaskus, Kamis (2/7/2020).

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Ustad Jefri Al Buchori (Uje)

1. "Jangan sekali-kali kita meremehkan sesuatu perbuatan baik, walau hanya sekadar senyuman".

2. "Dunia ini umpama lautan yang luas. Kita adalah kapal yang belayar di lautan telah ramai kapal karam di dalamnya.. Andai muatan kita adalah iman dan layarnya takwa, niscaya kita akan selamat dari tersesat di lautan hidup ini".

3. "Hidup tak selalunya indah, tapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan".

4. "Kenapa manusia tidak boleh berlama-lama menanam kebencian, dendam, dan kemarahan, khawatir tidak ada umur, kemudian mati membawa itu semua, na'udzu billah".

5. "Hati dikatakan baik bila telah diisi dengan takwa, tawakal, tauhid, dan ikhlas kepada-Nya dalam semua amalan. Hadiahi kami dengn itu semua Yaa Robb".

6. "Jangan beli persahabatan dengan harta karena ia tidak akan kekal, dan jangan beli cinta dengan harta karena suatu saat ia pun akan berkhianat".

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Ustad Jefri Al Buchori (Uje)

7. "Hidup itu memang terkadang rumit, namun serumit apa pun kehidupan ini tetap harus kita jalani karena Tuhan punya rencana di balik semua ini".

8. "Berhati-hatilah dengan perkataanmu karena ia cuma bisa dimaafkan, bukan dilupakan".

9. "Tetaplah berada di jalur yang benar, walau banyak godaan untuk berbelok arah di jalur yang salah".

10. "Orang lain sering meremehkan kemampuan kita. Tidak perlu bimbang apalagi tersinggung. Yang penting kita tetap yakin dan tidak meremehkan diri sendiri".

11. "Makin berkuasa manusia makin banyak ego yang dipertontonkan".

12. "Berhati-hatilah terhadap lisan yang mengandung dan mengundang banyak fitnah".

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Ustad Jefri Al Buchori (Uje)

13. "Jangan duakan cinta-Nya dengan cinta seorangpun selain daripada-Nya. Dan berhati-hatilah jika cinta sudah mulai menginjak-injak hati sanubarimu".

14. "Wanita selalu butuh kepada laki-laki yang bukan cuma mampu, tapi juga mengerti. Mengerti kepada segala hal yang diinginkan, luar dan dalam".

15. "Mencium tangan dan kening ibunda adalah obat kedukaan serta mengundang datangnya keberkahan".

16. "Belajar agama bukan hanya untuk menjadikan diri baik, tapi juga manfaat. Sayang jika hanya baik untuk diri tapi tidak bermanfaat bagi sekitarnya".

17. "Islam tidak mengajarkan kita untuk menghina Tuhan orang lain. Surat Al Ikhlas cukup jadi jawaban".

18. "Jika semua ibadah hanya karena ramadan sungguh ia telah pergi berlalu, tapi jika semua karena Allah, maka takkan ada yang berubah meski ramadan telah pergi".

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Ustad Jefri Al Buchori (Uje)

 19. "Jika kita hanya boleh memilih lima di dunia ini maka pilihlah agama, harta, akhlaq mulia, rasa malu, dan pemurah. Pesan luqmanul hakim kepada anaknya".

20. "Kebaikan akan mengantarkan seseorang kepada kebenaran dan kebenaran akan mengantarkan seseorang kepada puncak pengetahuan lalu menjadi rendah hati".

21. "Puncak ibadah adalah kerendahhatian. Bukan merendahkan".

22. "Senyum saja, meski senyum itu tak terbalas karena senyumnya orang yang beriman dengan niat ibadah. Bukan untuk dibalas lagi dengan senyuman".

23. "Cobalah pahami musibah sebagai bentuk teguran halus Allah SWT kepada kita. Supaya kita jauh lebih dekat dan makin dekat lagi dengan Yang Maha Kuasa."

24. "Lisan saja tidak cukup untuk memberi maaf. Perlu hati juga untuk memaafkan sehingga tulus adanya".

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Ustad Jefri Al Buchori (Uje)

25. "Jika kita mencintai seseorang, berusahalah cintai kekurangannya, bukan hanya mengubahnya seperti yang kita mau".

26. "Ketakutan adalah penjara bernama kegagalan. Taklukkan rasa takut karena sukses adalah hak pemberani".

27. "Akar segala perselingkuhan adalah tidak puas dengan pasangan dan tipisnya iman".

28. "Tidak ada satupun manusia yang tak pernah berbuat salah. Lalu kenapa jadi sulit untuk memaafkan orang yang telah berbuat salah kepada dirinya?"

29. "Sahabat yang baik adalah sahabat yang berani menunjukkan salahnya engkau. Terima kasihlah kepada orang yang telah berani menunjukkan salahnya engkau, dan berhati-hatilah kepada orang yang terlalu banyak memuji dirimu".

 

Sumber: Jagokata, Ydhartono, Kaskus

Video Populer

Foto Populer