Sukses


10 Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan: Mencegah Diabetes hingga Bantu Atasi Batuk

Bola.com, Jakarta - Mungkin belum banyak yang tahu apa itu daun saga. Daun saga sudah menjadi komoditas industri untuk dijadikan obat herbal.

Daun saga adalah bagian dari satu di antara jenis tanaman polong yang memiliki khasiat dalam dunia pengobatan tradisional. Daun saga juga tidak hanya populer sebagai obat herbal di Indonesia, namun juga digunakan di Brazil, Afghanistan, Kamboja, India, hingga Afrika.

Daun saga memiliki banyak sebutan yaitu Lucky bean creeper, Precatory pea, Rosary pea, Rosary bean, Bead vine, Coral bead plant, Licorice vine, Crabs eye, dan Jequirity. Daun saga memiliki ciri-ciri daun berbentuk kecil, memiliki sirip ganjil, dan rasa yang agak manis.

Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Selain itu, daun saga juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, saponin, tannin, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, dan pentosan.

Daun saga dalam dunia pengobatan tradisional sangat populer digunakan untuk meringankan batuk, demam, juga sakit perut. Daun saga yang mempunyai nama latin Abrus precatorius. Daun ini memiliki karakter

Agar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui Klik Dokter dan Sehatq, dirangkum dari, Kamis (13/8/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

1. Mencegah diabetes dan kanker

Daun saga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Daun saga dipercaya mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang biasanya menyebabkan penyakit kanker dan diabetes.

Hal ini karena daun saga memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang berguna sebagai antioksidan di dalam tubuh. Untuk pengolahan dari daun saga ini kebanyakan direbus dan diminum airnya.

Bila Anda menggunakan daun saga sebagai obat tradisional, harap tetap berhati-hati. Berkonsultasilah dengan dokter atau tenaga medis jika Anda ingin menggunakan daun saga sebagai pengobatan alternatif.

2. Mengatasi malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan karena paparan parasit Plasmodium dari gigitan nyamuk Anopheles. ekstrak daun saga yang diolah dengan air panas bisa menjadi alternatif dalam perawatan malaria.

Daun saga di Kamboja dan Nigeria digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam membantu mengatasi malaria. Namun, sebaiknya Anda mengikuti perawatan medis dari dokter karena malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa dan harus ditangani dengan serius.

3. Membantu mengatasi flu

Manfaat selanjutnya dari daun saga mampu membantu mengatasi flu. Flu adalah penyakit yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang karena kekebalan tubuh yang menurun.

Flu disebabkan oleh virus akut yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meminum ekstrak daun saga dipercaya bisa mengatasi flu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

4. Meringankan batuk

Mengonsumsi ektrak daun saga dapat dijadikan sebagai obat batuk dan pereda suara serak. Daun saga memiliki rasa yang manis sehingga menimbulkan rasa nyaman di tenggorokan sehingga dapat meredakan gejala-gejala tersebut.

Daun saga untuk batuk didapat dari sifat antitusifnya. Antitusif adalah obat yang menekan batuk dengan bekerja menghambat daerah koordinasi untuk batuk yang terletak di batang otak, mengubah lengkung refleks batuk.

5. Atasi sariawan

Manfaat daun saga yang tak kalah populer adalah mengatasi sariawan. Daun saga memiliki beberapa kandungan bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya.

Anda bisa mengunyahnya selama beberapa detik untuk mengeringkan sariawan. Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga.

Caranya, rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan untuk berkumur sebanyak 2-3 kali sehari.

6. Menyembuhkan diare

Daun saga dikenal sebagai satu di antara bahan dalam pengobatan tradisional. Air rebusan daun saga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan pada saluran kemih dengan skala sedang, meredakan diare, dan menyembuhkan masalah pada saluran pencernaan lainnya.

Antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam daun saga dinilai membantu mengatasi diare.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

7. Membantu mengatasi asma

Dalam pengobatan Ayurvedic, daun saga digunakan untuk membantu mengatasi asma. Mereka menggunakan ekstrak akar dan daun saga untuk mengatasi asma.

Pengobatan Ayurvedic adalah satu di antara pengobatan holistik tertua di dunia yang menggunakan obat herbal.

8. Menghalau penuaan dini

Sebuah penelitian dari University of Vienna menyatakan bahwa daun saga memiliki kadar kandungan antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi air rebusan daun saga bisa mengatasi penuaan dini.

Selain itu, membuat masker untuk wajah dari daun saga membuat kulit menjadi lebih kencang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

9. Tingkatkan nafsu makan

Daun saga memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Vitamin B yang ada di dalam daun saga berfungsi membantu menambah nafsu makan.

Anda juga bisa mengandalkan manfaat daun saga untuk meningkatkan nafsu makan pada anak bisa dan mencukupi kebutuhan gizi anak.

10. Meredakan panas dalam

Apakah Anda mempunyai masalah rambut rontok? Menggunakan daun saga lalu dicampur dengan air beras bisa sebagai perawatan untuk membantu mengatasi rambut rontok dan mempertahankan keindahan rambut.

Beberapa produk perawatan rambut di India menggunakan daun saga sebagai satu di antara bahan utamanya.

 

Sumber: Klik Dokter, Sehatq

 

Yuk, baca artikel kumpulan manfaat bagi kesehetan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer