Sukses


5 Manfaat Renang Gaya Dada untuk Kesehatan, Pelajari Tekniknya

Bola.com, Jakarta - Renang merupakan salah satu altenatif olahraga yang bisa dipilih untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Renang gaya dada dengan teknik yang tepat dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Apalagi, renang gaya dada atau sering juga disebut gaya katak ini termasuk salah satu teknik renang yang paling mudah dipelajari.

Renang gaya dada dapat membuat para pemula untuk belajar berenang lebih santai tanpa harus merasa takut tenggelam. Alasannya karena gaya dada memungkinkan kepala perenang untuk tetap berada di atas permukaan air. Apalagi, orang yang baru belajar berenang biasanya masih takut menenggelamkan kepalanya ke air.

Manfaat renang gaya dada untuk kesehatan berbeda dengan gaya lainnya. Teknik berenang gaya dada memang sangat cocok diterapkan pemula yang baru belajar berenang.

Saat gaya renang lain mengharuskan kepala kamu keluar dan masuk secara bergantian untuk mengambil napas, renang gaya dada tidak demikian. Gaya renang ini juga membuat tubuh lebih leluasa bergerak.

Berikut Bola.com merangkum tentang manfaat renang gaya dada untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (13/2/2020). 

 

2 dari 6 halaman

Teknik Renang Gaya Dada

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat renang gaya dada untuk kesehatan bisa Anda dapatkan jika melakukannya dengan teknik yang tepat.

Berikut teknik yang tepat dalam menerapkan renang gaya dada:

- Pertama, arahkan kedua tangan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling bertemu, sekalian mendorong tubuh agar bergerak ke depan.

- Setelah tubuh mengapung dengan stabil di permukaan air, gerakkan kedua tangan seolah terbuka ke samping bersamaan dengan menendang kaki seolah membantu gerakan kaki katak.

- Setelah itu, gerakkan kaki dengan menekuk kedua lutut ke arah dalam (melingkar) dengan jangkauan lebih lebar daripada pinggul.

- Kemudian luruskan kembali kedua kaki dengan sedikit tekanan dan dorongan, rasakan tubuh kamu berenang ke depan.

- Berikutnya, posisikan kembali seperti semula, yakni kaki lurus dengan kedua telapak kaki menghadap ke atas, dan tangan lurus ke depan dengan kedua telapak tangan saling bertemu.

- Selanjutnya, belajar mengatur pernapasan. Caranya dengan menggerakkan kepala ke atas permukaan air saat kedua tangan dan kaki sedang terbuka atau bergerak, kemudian ambillah napas seperti biasa.

- Lalu, lanjutkan dengan memasukkan kembali kepala ke dalam air ketika kedua tangan dan kaki telah rapat dan lurus kembali seperti semula.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Renang Gaya Dada untuk Kesehatan: Menurunkan Berat Badan

Olahraga renang mamang terkenal dengan manfaatnya yang sangat efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Renang gaya dada selama 10 menit dapat membakar 60 kalori. Jadi, manfaat renang daya dada yang pertama adalahd apat menurunkan berat badan.

Dengan berenang santai dalam waktu 30 menit, kamu sudah bisa membakar 200 kalori, yang mana kalori yang dibakar saat berenang ini lebih banyak dibandingkan berjalan kaki dalam waktu yang sama.

Jika kamu ingin cepat menurunkan berat badan, kamu bisa menerapkan berenang minimal 30 menit per hari secara rutin. Semakin cepat dan jauh jarak yang kamu tempuh dalam berenang akan semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Tips menerapkannya adalah dengan melakukan aktivitas renang dengan durasi 10 menit terlebih dahulu, kemudian tingkatkan durasinya secara bertahap.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Renang Gaya Dada untuk Kesehatan: Mengontrol Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah

Manfaat renang gaya dada untuk kesehatan berikutnya adalah mengontrol tekanan darah. Renang gaya dada memang memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Bahkan, renang dapat meningkatkan kebugaran jantung. Dengan kerja jantung yang lebih efisien dalam memompa darah, tekanan darah pun dapat lebih terkontrol dengan baik.

Dengan tekanan darah yang sudah terkontrol, hal ini juga berdampak pada metabolisme. Tubuh akan lebih maksimal membakar cadangan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi. Sebuah artikel dari Berkeley Wellness dari University of California menyatakan bahwa, berenang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Hasilnya, perubahan kadar gula darah dalam tubuh pun dapat lebih terjaga. 4 dari 4 halaman Manfaat Renang Gaya Dada untuk KesehatanMeningkatkan Kerja Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rutin berenang juga dapat meningkatkan kebugaran jantung. Renang adalah jenis olahraga kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga mengalirkan oksigen lebih banyak ke setiap sel organ tubuh.

Manfaat renang gaya dada untuk kesehatan ini memungkinkan jantung dan paru untuk bekerja lebih efisien serta meningkatkan kapasitas kerjanya. Semakin stabil detak jantung dan pola pernapasan kamu saat beraktivitas, semakin baik pula kebugaran jasmani. Alhasil, kamu dapat beraktivitas fisik seperti biasa tanpa cepat merasa capek, serta dapat bernapas lebih baik lagi.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Renang Gaya Dada untuk Kesehatan: Mencegah Risiko Penyakit Kronis

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, manfaat renang gaya dada untuk kesehatan dapat mencegah risiko penyakit kronis. Rutin berenang menguatkan fungsi jantung. Detak jantung yang semakin kuat dan stabil dapat membantu menjauhkan kamu dari risiko penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Berenang bahkan terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Berenang juga termasuk jenis olahraga yang efektif meringankan sakit punggung bawah kronis.

 

6 dari 6 halaman

Manfaat Renang Gaya Dada untuk Kesehatan: Menguatkan Tulang dan Otot

Renang membuat kamu harus terus menggerakkan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari kepala sampai kaki. Jika dilakukan secara rutin, berenang dapat menguatkan dan mempertahankan kekuatan otot, sehingga massa otot tidak berkurang drastis di usia muda.

Mempertahankan massa otot sejak dini ikut menjaga tulang menjadi lebih kuat. Semakin kuat otot dan tulang, dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis di masa tua nanti.

Namun, jangan lupa, berbagai manfaat renang gaya dada untuk kesehatan ini tentunya akan lebih maksimal jika kamu juga mengimbanginya dengan pengaturan pola makan yang tepat.

Disadur dari: Liputan6 (Penulis Husnul Abdi/Editor Rizki Mandasari, published: 13/2/2020)

Video Populer

Foto Populer