Sukses


5 Manfaat Vitamin C bagi Pria, Perhatikan Anjuran Pakai dan Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Vitamin C memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sumber vitamin C yang mudah ditemukan adalah buah jeruk.

Banyak olahan buah jeruk yang mengandung vitamindapat mudah ditemukan. Jus jeruk salah satu yang paling mudah didapatkan.

Dilansir dari laman Yourtango.com, vitamin C bermanfaat bagi pria untuk menyehatkan organ reproduksi. Vitamin C memompa produksi kolagen dalam tubuh yang sangat penting untuk organ reproduksi, membuat sirkulasi darah lancar dan membuat sistem kardiovaskuler supaya tetap sehat. 

Vitamin C membuat darah menjadi lebih bersih. Tak hanya buah jeruk sebagai sumber vitamin C, Anda bisa memperolehnya dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C lainnya.

Asam askobrat yang dapat larut serta tidak diproduksi oleh tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi vitamin C. Bola.com telah merangkum manfaat vitamin C bagi pria dari berbagai sumber, Jumat (28/02/2020).

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pilek dan batuk bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin C dan mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh Anda. Vitamin C juga memberikan manfaat saat Anda merasa kelelahan akibat aktivitas yang berat.

Selain itu, vitamin C bisa membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik dan melindungi tubuh dari perbagai penyakit. Vitamin C juga bisa membantu proses penyembuhan luka.

Manfaat vitamin C lainya adalah meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit.

3 dari 7 halaman

2. Memproduksi Kolagen

Kolagen adalah zat yang menjaga kulit Anda tetap sehat. Jika Anda kekurangan kolagen bisa mengakibatkan kulit menjadi keriput, proses penuaan dini, dan kulit menjadi kusam.

Vitamin C dapat membantu memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit Anda. Vitamin C juga bisa membantu proses penyembuhan luka, peremajaan kulit Anda.

4 dari 7 halaman

3. Mengatasi Peradangan Kulit

Dermatiti atopik, psoriasis dan jerawat adalah sejumlah peradangan yang terjadi pada kulit tubuh. Dalam perawatannya, mengonsumsi vitamin C dapat memelihara struktur epidermis pada kulit Anda.

Rasa sakit, kekeringan, dan gatal adalah gejala yang mengakibatkan peradangan pada kulit Anda. Antiiflamasi pada vitamin C berkhasiat sebagai antioksidan inflamasi dalam lingkungan patologis.

5 dari 7 halaman

4. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Vitamin C dipercaya sebagai antioksidan yang mampu melindugi sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada sel tubuh Anda.

Radikal bebas yang tertumpuk dalam tubuh Anda bisa menimbulkan risiko penuaan dini, penyakit kanker, dan penyakit jantung.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Pria berpotensi memiliki risiko mandul. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma Anda menggumpal. 

Penggumpalan sperma bisa menghambat pergerakan untuk bertemu dengan sel telur. Larry Lipschultz, dosen Urologi Baylor College of Medicine Houston menyarankan pria untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 1000-1500 mg per hari.

Antioksidan bisa membantu membram-membran sel mejadi stabil dan bermanfaat bagi sperma. Asupan vitamin C yang cukup dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ seksual Anda.

7 dari 7 halaman

Anjuran Pakai dan Efek Samping

Vitamin C memiliki time release (pelepasan berkala) kandungan yang akan diserap oleh sel-sel tubuh Anda melalui aliran darah. Time release vitamin C dapat berlangsung hingga 12 jam yang membantu penyerapan vitamin yang lebih aman bagi lambung Anda. Bisa mengurangi efek samping yang memungkinkan timbulnya sakit perut dan kembung.

Pelepasan vitamin C terjadi secara perlahan dan meringankan kerja ginjal sehingga lebih aman. Perlu diperhatikan dalam mengonsumsi suplemen vitamin C, dosis yan tepat sesuai anjuran dari dokter dan sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk.

Dosis suplemen vitamin C yang dianjurkan adalah 75 sampai 90 mg yang membantu proses penyembuhan setelah pembedahan. Terdapat efek samping jika Anda mengonsumsi vitamin C secara berlebihan, satu di antaranya membuat usus berkontasksi lebih terangsang, menyebabkan diare.

Konsultasi ke dokter menjadi salah satu cara untuk membantu Anda untuk mengonsumsi vitamin C secara aman dan sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda memiliki riwayat penyakit, sedang hamil, atau menyusui.

Video Populer

Foto Populer