Sukses


8 Manfaat Daun Binahong, Bantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Bola.com, Jakarta Daun binahong atau piahong dikabarkan berasal dari Korea. Tanaman ini telah lama dipercaya sebagai bahan ramuan tradisional.

Manfaat daun binahong  mampu menyembuhkan berbagai penyakit ringan hingga berat dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh masyarakat China, Chinese Taipei, dan Korea.

Daun binahong mungkin kurang familier bagi sebagian orang. Daun berbentuk hati tersebut tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Di Indonesia daun binahong biasa disebut gendola.

Dilansir dari laman Dokter Sehat, daun binahong memiliki banyak khasiat. Daun binahong memiliki beberapa kandungan, seperti total fenol, protein, sifat antioksidan, zat besi, kalsium, kalium, vitamin A hingga vitamin C.

Untuk mendapatkan khasiatnya, mudah dan praktis. Cukup rebus daun binahong dan minum ekstraknya.

Meskipun begitu, konsumsi daun binahong juga tetap memilik efek samping. Beberapa efek samping yang akan timbul adalah denyut jantung tidak teratur, pusing, gelisah, insomnia dan sakit kepala.

Daun binahong juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat resep dokter. Bola.com telah merangkum apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun binahong, Minggu (19/4/2020).

2 dari 9 halaman

1. Tingkatkan Stamina

Daun binahong diketahui bisa untuk meningkatkan stamina tubuh.  Daun binahong juga memiliki kandungan cathecin, dapat mambantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan.

Daun ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sering menjalani aktivitas yang berat.

3 dari 9 halaman

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun binahong memiliki sifat antiseptik yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tumbuklah daun binahong yang masih segar dan tempelkan pada bagian luka.

Sifat antiinflamasi yang ada membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

4 dari 9 halaman

3. Meningkatkan Vitalitas Pria

Mengonsumsi daun binahong bisa menjadi alternatif dari obat kuat agar tahan lama. Mengonsumsi air rebusan daun binahong mampu membuat alat vital pria kuat dan tahan lama.

Daun binahong memiliki kandungan mineral alami yang lengkap. Selain itu, daun binahong dapat melancarkan peredaran darah.

5 dari 9 halaman

4. Mengatasi Anemia

Daun binahong bisa dijadikan satu di antara obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal.

Zat besi besi yang ada di dalam daun binahong dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

6 dari 9 halaman

5. Mengatasi Masalah Ginjal

Rebus beberapa lembar daun binahong mampu mengatasi masalah pada ginjal Anda. Minum air rebusannya secara teratur.

Ginjal sebagai organ utama dalam proses ekskresi tubuh, seperti menyaring urine.

7 dari 9 halaman

6. Mengobati Batuk

Air rebusan daun binahong ternyata dapat mengobati batuk. Daun ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk.

8 dari 9 halaman

7. Mengatasi Asam Urat

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat. Rutin mengonsumsi air rebusan daun binahong dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Zat-zat yang terkandung dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah persendian.

9 dari 9 halaman

8. Mengatasi Maag

Penyakit maag terjadi karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Daun binahong dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit ini.

Dengan mengonsumsi daun binahong, maka asam lambung akan menjadi normal kembali. Kaya akan sifat antioksida, daun binahong efektif menangkal radikal bebas pada tubuh Anda dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer