Sukses


Meredakan Sakit Maag dan 5 Manfaat Lain Mengonsumsi Belimbing

Bola.com, Jakarta - Belimbing atau star fruit kaya serat dan sumber vitamin C. Belimbing tergolong buah yang populer di negara beriklim tropis, termasuk di Indonesia.

Buah satu ini mudah dijumpai di Indonesia.

Tak hanya enak dibuat rujak, minuman, atau camilan, buah ini memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan. Belimbing memiliki rasa asam manis yang khas dan menyegarkan dan bisa langsung dinikmati.

Di balik rasa dan bentuknya yang unik, belimbing merupakan sumber beragam nutrisi, seperti protein, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, magnesium, dan mineral. Belimbing juga mengandung rendah kalori.

Dengan berbagai kandungan tersebut, buah ini memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, satu di antaranya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/4/2020), beberapa manfaat kesehatan yang muncul setelah menyantap belimbing.

2 dari 4 halaman

Mencegah Kanker

1. Mencegah Kanker

Belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Belimbing memiliki kandungan flavonoid polifenol yang mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh.

Serat yang tinggi pada buah ini dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi belimbing dapat memberikan 50 persen kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Tingginya vitamin C dalam buah ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal penyakit, dan menguatkan tulang dan otot.

Belimbing juga punya sifat antioksidan tinggi. Sifat ini baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan racun dari tubuh.

3 dari 4 halaman

Meredakan Sakit Maag

3. Meredakan Sakit Maag

Belimbing bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi penyakit maag. Sifat antilkus yang ada di dalam belimbing dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus.

Mengonsumsi buah ini bisa meringankan gangguan pada lambung dan menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

4. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi belimbing cocok bagi Anda yang sedang diet. Belimbing memiliki kandungan kalori yang rendah.

Selain itu, buah ini memiliki serat yang banyak. Rutin mengonsumsi belimbing dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh dan bisa mempercepat penurunan berat badan.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kadar Gula Darah

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Serat yang tinggi pada belimbing mampu membantu penyerapan glukosa dalam tubuh. Selain itu, belimbing bisa memperlambat difusi glukosa ke dalam aliran darah dan membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Dengan mengonsumsi belimbing, kandungan insulin dan gula darah akan lebih lambat diserap ke dalam aliran darah. 

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Belimbing mengandung cukup banyak vitamin B9 (asam folat) yang bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistesin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Namun, belimbing tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal, khususnya gagal ginjal kronis. Hal ini karena belimbing mengandung asam oksalat dan karamboxin.

Mengonsumsi belimbing bagi penderita gangguan pada ginjal bisa menimbulkan menumpuknya zat-zat dan memicu masalah kesehatan bila tidak disaring oleh ginjal dan dikeluarkan lewat urine.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer