Sukses


7 Manfaat Daun Kemangi, Menghilangkan Bau Mulut dan Jerawat

Bola.com, Jakarta - Daun kemangi biasa tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung. Daun ini kerap digunakan sebagai lalap pada makanan.

Daun kemangi masih satu keluarga dengan daun mint. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas.

Tidak cuma enak dijadikan lalapan, daun kemangi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kemangi bisa tumbuh di kebun atau pinggir jalan dan tingginya tidak mencapai satu meter.

Sejak zaman dahulu, tanaman ini juga sudah digunakan sebagai obat tradisional. Daun kemangi memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum.

Di dalam daun kemangi terdapat kandungan alami seperti adaptogen, sifat antiinflamasi dan kaya akan kandungan vitamin.

Selain itu, dilansir dari Medical News Today, daun kemangi mengandung berbagai macam minyak atsiri, memiliki kandungan fenolik, dan senyawa polifernol seperti flavonoid dan anthocyanin.

Sementara di dalam bunga kemangi, terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. 

Di China, kemangi digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker. Sayangnya, penelitian medis untuk membuktikan efektivitas manfaat daun kemangi tersebut masih sangat minim.

Terlepas dari pembuktian, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain, berikut manfaat daun kemangi untuk kesehatan, seperti hasil rangkuman Bola.com dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020).

2 dari 4 halaman

Mencegah Stres

1. Mencegah Stres

Daun kemangi berperan membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks. Diketahui, daun ini memiliki zat yang berguna untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres.

Selain itu, kandungan adaptogen yang ada di dalam daun kemangi mampu membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah.

Kemangi juga memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi daun kemangi berdampak positif pada fungsi otak di dalam korteks adrenal, membantu merangsang neurotransmitter dan membuat Anda bahagia dan energik.

2. Menjauhkan dari Bau Mulut

Daun kemangi memiliki wangi yang khas karena mengandung minyak atsiri. Tak heran, daun kemangi dimanfaatkan sebagai wewangian.

Satu di antara manfaat daun kemangi sebagai pengharum adalah untuk mencegah bau mulut.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah sebagai obat alami untuk kesehatan mata. Daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A pada daun ini tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, namun jumlah tersebut masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.

3 dari 4 halaman

Melawan Kanker

4. Melawan Kanker

Daun kemangi mengandung phytochemical, yang dapat membantu mencegah kanker secara alami. Mengonsumsi daun kemangi bisa membantu mengatasi kanker kulit, hati, kanker mulut dan paru yang disebabkan oleh bahan kimia.

Selain itu, sifat antioksidan yang ada pada daun kemangi mengubah ekspresi gen, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya), dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi memiliki kandungan betakaroten, magnesium, dan mineral lainnya yang baik bagi kesehatan jantung.

Selain itu, daun kemangi kaya sifat antioksidan eugonol yang mampu menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL) serta gula darah sehingga Anda bisa terhindar dari obesitas, penyakit jantung, stroke, hingga hipertensi. 

4 dari 4 halaman

6. Menghilangkan Jerawat

6. Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi daun kemangi juga punya manfaat untuk kecantikan kulit. Daun kemangi dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat maupun bekasnya berkat kandungan sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai masker untuk merawat wajah berjerawat.

Daun kemangi bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah.

7. Menyehatkan Otak

Mengonsumsi daun kemangi membantu para lansia untuk mencegah degradasi kognitif. Degradasi kognitif menjadi masalah besar bagi para lansia.

Mengandung mineral seperti mangan, daun kemangi mampu meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak dan dikaitkan dengan refleks mental.

Selain itu, daun kemangi mengandung tembaga yang dapat membantu merangsang pikiran serta meningkatkan fungsinya.

Sumber: Berbagai sumber

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer