Sukses


6 Manfaat Sirsak bagi Kesehatan, Atasi Sesak Napas hingga Redakan Stres

Bola.com, Jakarta - Sirsak atau bernama latin Annona muricata sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini banyak ditemukan di daerah beriklim tropis.

Di Indonesia, sirsak mudah dijumpai di berbagai jenis olahan makanan dan minuman, termasuk jus sirsak. Buah ini berwarna hijau, bentuknya menyerupai jantung dengan duri-duri kecil yang tidak terlalu tajam.

Selain itu, sirsak memiliki rasa sedikit asam, dagingnya kenyal, tapi sangat menyegarkan. Buah sirsak mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Beragam nutrisi lain yang terkandung dari sirsak adalah serat, folat, zinc, protein, magnesium. Sirsak juga memiliki sifat antioksidan dan masih banyak lagi. Dalam 200 gram sirsak terkandung sekitar 110-130 kalori.

Menurut hasil sejumlah penelitian, sirsak dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker serta tekanan darah tinggi.

Lantas apa saja manfaatnya? Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat sirsak yang diyakini baik bagi kesehatan, Sabtu (16/5/2020).

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Terdapat kandungan vitamin C dan sifat antioksidan di dalam sirsak sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, sirsak juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.

Vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang ada di dalam sirsak dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Diketahui kandungan nutrisi yang ada di dalam sisrsak dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

2. Menghilangkan Stres

Selama berabad-abad, sirsak yang diolah menjadi teh dipercaya mampu menghilangkan stres. Buah ini memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membuat seseorang merasa tenang.

Mengonsumsi sirsak baik untuk ketika Anda menderita stres berlebihan dan kecemasan.

3 dari 4 halaman

Menangkal Kanker

3. Menangkal Kanker

Sirsak berkhasiat menjaga tubuh dari serangan penyakit kanker. Menurut hasil penyelitian, sirsak mengandung turunan asam lemak yang disebut annonaceous acetogenins.

Senyawa ini dapat dikaitkan sebagai pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor. Selain itu, dalam buah asam manis ini terdapat kandungan vitamin C dan sifat antioksidan.

Sirsak dapat dipakai sebagai alternatif untuk pengobatan kanker. Mengonsumsi sirsak dapat memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah. 

4. Sumber Energi untuk Tubuh

Melakukan aktivitas fisik yang berat membuat tubuh kehilangan banyak energi. Mengonsumsi sirsak bisa menjadi solusi yang tepat. Sirsak bagus untuk menambah tenaga dan memulihkan energi efektif karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

4 dari 4 halaman

Merdekan Sesak Napas

5. Merdekan Sesak Napas

Sirsak memiliki sifat espektoran pada sirsak berfungsi meredakan sesak napas. Kandungan asam askrobat juga dapat membantu mencegah radikal bebas dan infeksi.

Dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus, Anda dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Selain itu, sirsak bisa diandalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir, di mana banyak patogen/virus dapat hidup.

Minum air rebusan sirsak dipercaya bisa membantu menyembuhkan sinus dan meredakan tenggorokan.

6. Mencegah Peradangan

Radang merupakan satu di antara penyakit yang ditandai adanya infeksi serta iritasi, seperti lebam, nyeri hingga memar. Sirsak diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya baik untuk meringankan peradangan dan penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat (gout), hipertensi, dan arthritis.

Mengonsumsi sirsak bisa menjadi alternatif mengurangi rasa sakit peradangan. Dilansir dari laman Medicalnewstoday, teratur mengonsumsi sirsak dapat menurunkan risiko peradangan.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer