Sukses


7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut dan Cara Penggunaannya

Bola.com, Jakarta - Lidah buaya adalah tanaman obat yang cocok digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan selama ribuan tahun. Tanaman ini juga banyak dijumpai di Indonesia.

Lidah buaya aman digunakan secara langsung. Jika tak ingin repot mengolah, Anda dapat membelinya dalam bentuk gel, krim atau salep. Produk-produk ini dapat dioleskan untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

Selain untuk kecantikan kulit, lidah buaya juga bermanfaat bagi rambut. Tanaman ini mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc.

Berkat kandungan tersebut, banyak perusahaan menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar produk sampo dan conditioner buatan mereka yang belakangan makin laris di pasaran.

Berikut ini hasil rangkuman manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut, dikutip dari SehatQ, Rabu (12/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

1. Mengurangi gatal di area kulit kepala

Satu di antara manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda dapatkan adalah mengurangi gatal di area kulit kepala. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal dengan ketombe. 

Dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala meradang dan mengelupas. Akibatnya, muncul ketombe.

Peradangan tersebut bisa dikurangi dengan penggunaan lidah buaya. Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan asam lemak yang bersifat antiradang sehingga dapat membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik. 

2. Memperbaiki rambut rusak

Rambut rusak umumnya ditandai dengan kondisi rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang tak tepat, hingga terlalu sering menata rambut. 

Anda bisa merawat rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki kerusakan rambut. Inilah yang menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut berikutnya.

3. Mengatasi rambut berminyak

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut berminyak. Kondisi ini bisa muncul akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang Anda gunakan. 

Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut, produksi minyak berlebih pada rambut dapat dikendalikan. Rambut pun menjadi lebih sehat dan lembut.

4. Memperkuat helaian rambut

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Inilah manfaat lidah buaya untuk rambut lainnya. Selain membuat rambut tampak berkilau, helai-helainya pun tidak mudah patah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

5. Mengurangi kerontokan rambut

Bermasalah dengan rambut rontok? Anda bisa mengatasinya dengan mengandalkan manfaat lidah buaya untuk rambut.

Kebaikan tersebut muncul berkat lidah buaya yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Kedua nutrisi ini berfungsi mengurangi kerontokan rambut Anda. 

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Ingin memiliki rambut yang tebal? Penggunaan lidah buaya bisa jadi solusinya. 

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terkenal adalah merangsang proses tumbuhnya rambut. Ketika Anda mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, aliran darah pada kulit kepala akan meningkat. Inilah yang membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 

7. Membuat rambut tampak sehat berkilau

Bukan cuma mimpi, memiliki rambut sehat dan berkilau kini bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan aloe vera pada rambut secara rutin. Di samping menutrisi rambut, manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat membantu mempertahankan kesehatan rambut Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Mengoleskan Lidah Buaya pada Rambut

  • Potong daun tanaman lidah buaya.
  • Kupas kulit aloe vera yang berwana hijau.
  • Gunakan sendok untuk mengambil gel bening dari dalam daun lidah buaya.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa agar lebih mudah digunakan.
  • Diamkan selama sekitar satu jam. Setelah itu, kerama menggunakan sampo seperti biasa.
  • Ulangi cara ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu jika dibutuhkan.

 

Sumber: SehatQ

Video Populer

Foto Populer