Sukses


11 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Sebanding dengan Harganya

Bola.com, Jakarta - Kacang almond merupakan satu di antara jenis kacang-kacangan yang populer di seluruh dunia. Negara yang paling banyak menghasilkan kacang ini adalah Amerika Serikat.

Kacang almond bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan bahan pelengkap dalam berbagai olahan makanan, seperti es krim, coklat, kue, atau susu. Almond juga banyak dijadikan sebagai topping aneka makanan kekinian.

Harga kacang almond cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kacang-kacang lainnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan kandungan gizi yang dikandungnya.

Kandungan gizi dalam kacang almond bisa menurunkan kolesterol dan membantu menangkal berbagai penyakit berat.

Berikut manfaat kacang almond bagi kesehatan, dikutip dari Klikdokter, Rabu (27/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

1. Sumber Nutrisi

Almond menawarkan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Takaran 1 ons almond (setara dengan 28 gram) mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Jumlah per sajian yang disarankan per hari adalah sekitar 1 ons. Meski kaya akan nutrisi, berhati-hatilah jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan.

2. Kaya Antioksidan

Almond kaya vitamin E, yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak. Antioksidan ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh sekaligus melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan inflamasi, penuaan, hingga kanker.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 60 pria perokok. Mereka ditugasi untuk mengonsumsi tiga ons almond setiap hari. Hasilnya, 23-34 persen penanda sel oksidatif dalam tubuh turun selama empat minggu.

3. Menstabilkan Gula Darah

Khasiat kacang almond berikutnya adalah menstabilkan kadar gula darah. Hal ini menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes mellitus. Manfaat ini didapat karena almond mengandung magnesium.

Nah, magnesium turut berperan dalam menjaga kadar gula darah. Konsumsi almond memberikan efek rasa kenyang yang bertahan lama sehingga kadar gula dalam tubuh stabil.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan yang Anda konsumsi sangat mempunyai efek terhadap kadar LDL, satu faktor risiko penyakit jantung. Satu di antaranya adalah almond.

Beberapa studi telah menunjukkan almond secara efektif dapat menurunkan kolesterol jahat ini. Selain itu, konsumsi almond berperan untuk menjaga kadar kolesterol baik atau HDL.

Ada sebuah percobaan yang dilakukan selama 16 minggu pada 65 orang dengan kondisi pradiabetes. Mereka yang mengonsumsi almond ditemukan memiliki kadar kolesterol jahat yang rendah. Dengan turunnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kesehatan jantung terjaga.

5. Mencegah Oksidasi yang Berbahaya

Selain menurunkan kadar LDL dalam darah, almond melindungi LDL tersebut dari oksidasi. Hal ini merupakan langkah penting dalam berkembangnya penyakit jantung.

Pada studi hewan dan tabung reaksi, kulit almond kaya antioksidan polifenol yang mencegah oksidasi kolesterol. Efek tersebut mungkin lebih kuat bila dikombinasikan dengan antioksidan lain, seperti vitamin E.

6. Menurunkan Rasa Lapar

Almond tinggi kandungan protein dan serat yang mampu meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Studi yang dilakukan empat minggu pada 137 peserta menunjukkan bahwa penyajian 1,5 ons (43 gram) almond setiap hari mampu menurunkan rasa lapar dan keinginan makan secara signifikan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski almond mengandung kalori yang cukup tinggi, jangan khawatir karena mengonsumsinya tidak akan membuat jarum timbangan Anda bergeser ke kanan. Hal ini karena almond kaya akan serat dan nutrisi yang menurunkan nafsu makan Anda.

Selain itu, makan almond (dan jenis kacang-kacangan lainnya) dapat mempercepat proses metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak menimbun kelebihan lemak dan gula.

Berdasarkan suatu penelitian, diet rendah kalori dengan mengonsumsi tiga ons almond dapat mengurangi berat badan lebih signifikan dibandingkan dengan diet karbohidrat kompleks.

8. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E pada almond baik untuk kesehatan kulit Anda. Kulit akan tampak lebih cerah karena antioksidan bekerja melawan radikal bebas.

Kandungan protein dan vitamin pada almond juga membantu menjaga kadar air pada kulit sehingga tampak lembap dan lembut.

Selain untuk kulit, kacang ini baik bagi kesehatan rambut. Kandungan magnesium dalam almond bisa mengurangi kerontokan dan memperbaiki kualitas rambut.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan magnesium dalam almond dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jika Anda tidak dapat memenuhi rekomendasi magnesium harian, menambahkan almond ke dalam makanan Anda dapat berdampak besar.

Kekurangan magnesium pada tubuh berhubungan erat dengan tekanan darah tinggi, terlepas dari berat badan yang berlebih. Studi menunjukkan, dengan mengatasi kekurangan magnesium, dapat terjadi penurunan besar pada tekanan darah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

10. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat almond berikutnya adalah menurunkan risiko kanker. Hal tersebut diungkap dalam penelitian pada 2015.

Menurut studi tersebut, risiko kanker payudara turun 2-3 kali di antara individu yang makan lebih banyak kacang-kacangan dan almond dibandingkan dengan mereka yang tidak.

11. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Almond mengandung nutrisi-nutrisi yang berperan dalam kesehatan tulang. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi kalsium, magnesium, mangan, tembaga, vitamin K, protein, dan seng.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer