Sukses


8 Tanda Anda Terkena Diabetes, Patut Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa jenis penyakit berbahaya yang wajib untuk Anda waspadai kemunculannya, satu di antaranya ialah diabetes.

Diabetes adalah penyakit akibat tingginya kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh. Penyebab diabetes adalah rendahnya produktivitas insulin pengatur kadar gula darah.

Glukosa atau kadar gula yang menumpuk di darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik, dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, berpotensi menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa pengidapnya.

Diabetes bisa menyerang semua kalangan, dewasa, muda, pria, maupun wanita. Terlalu banyaknya asupan makanan dan minuman yang mengandung kalori tinggi dan gula menambah besar risiko seseorang terkena diabetes.

Diabetes yang sering diidap banyak orang adalah diabetes tipe 2, yang terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang bertugas mengontrol kadar gula darah.

Lantas, apa saja tanda-tanda yang harus kita waspadai agar mengetahui semenjak dini bahwa kita terkena diabetes?

Berikut delapan tanda Anda terkena diabetes, yang patut Anda waspadai, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Kamis (9/9/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tanda Anda Terkena Diabetes

1. Luka yang Lama Sembuh

Jika Anda mengalami luka karena terbentur sesuatu, terjatuh, atau hanya sekadar luka goresan, pasti berharap luka Anda tersebut sembuh dengan cepat.

Namun, saat Anda menderita diabetes, luka yang Anda alami lama sembuhnya. Hal tersebut dikarenakan terlalu banyaknya glukosa dalam aliran darah yang dapat merusak pembuluh darah dan menghambat kemampuan mereka untuk menyediakan aliran darah yang cukup ke luka Anda. 

2. Masalah pada Kulit

Munculnya penyakit diabetes dapat ditandai dengan masalah yang terjadi pada kulit. Masalah kulit, seperti munculnya bercak merah, gatal, serta kondisi yang dikenal sebagai acanthosis nigricans, yang ditandai dengan area kulit yang gelap di sekitar leher dan ketiak.

Periksakan kondisi tubuh jika mengalami masalah kulit demikian, dan cek apakah Anda terkena diabetes atau tidak.

3. Kaki dan Tangan Sering Kesemutan

Kaki dan tangan sering kesemutan bisa menjadi tanda terkena diabetes yang perlu Anda waspadai. Kesemutan atau dalam bahasa medis disebut parestesia, dalam kasus diabetes terjadi karena adanya kerusakan saraf yang diakibatkan oleh kadar gula darah terlalu tinggi.

3 dari 4 halaman

Tanda Anda Terkena Diabetes

4. Sering Merasa Lelah

Terlalu tingginya kadar gula atau glukosa di dalam darah, dapat menyebabkan Anda sering merasa lelah, kendati telah beristirahat dalam waktu lama. Sering merasa lelah dapat menjadi tanda bahwa Anda mengidap diabetes.

Kurangilah segala asupan yang memiliki kadar gula tinggi sehingga Anda dapat menghindari diabetes.

5. Pandangan Kabur

Kadar glukosa darah yang tinggi secara tidak normal dapat menyebabkan perubahan pada mata, mengubah bentuk lensa dalam mata yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Untuk mengendalikan masalah tersebut, yang harus dilakukan adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika hal tersebut tidak segera diatasi berisiko menyebabkan kebutaan.

6. Mudah Merasa Lapar

Cepat lapar menjadi ciri-ciri diabetes yang paling umum, tetapi sering disepelekan. Biasanya ini terjadi saat Anda baru saja makan berat.

Di dalam tubuh, makanan diubah menjadi glukosa. Glukosa kemudian akan digunakan sebagai sumber energi bagi setiap sel, jaringan, dan organ tubuh Anda. Hormon insulin bertanggung jawab untuk menjalankan proses ini.

Orang diabetes memiliki masalah dengan produksi insulin atau kemampuan tubuh dalam merespons insulin. Akibatnya, proses perubahan glukosa menjadi energi pun terhambat. Hal ini yang membuat orang yang terkena diabetes menjadi mudah merasa lapar.

4 dari 4 halaman

Tanda Anda Terkena Diabetes

7. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Terlalu seringnya Anda melakukan buang air kecil, mungkin menjadi indikasi bahwa Anda terkena diabetes. Untuk mengetahuinya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Ketika tubuh kehilangan kemampuan untuk memanfaatkan glukosa dalam aliran darah, ginjal akan merespons dengan mencoba menghilangkan kelebihan glukosa melalui buang air kecil, yang dapat membuat Anda melakukan buang air kecil lebih sering.

Bamgun tidur di tengah malam untuk buang air kecil menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh orang yang mengidap diabetes tipe 2.

8. Penurunan Berat Badan

Meski diabetes sering disebutkan sebagai satu di antara faktor utama obesitas, diabetes yang dialami beberapa orang juga dapat menyebabkan penurunan badan dengan signifikan.

Ketakmampuan tubuh untuk meyerap glukosa yang biasanya dijadikan energi oleh tubuh, akan menyebabkan tubuh menyerap protein dari otot dan mengubahnya menjadi energi sehingga menyebabkan berkurangnya berat badan.

 

Sumber: Medicalnewstoday

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer