Sukses


7 Manfaat Olahraga Menembak untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aspek penting untuk Anda yang menginginkan tubuh yang sehat dan bugar. Ada banyak olahraga yang bisa Anda coba.

Anda tinggal memilih mana olahraga yang cocok untuk dilakukan. Satu di antara olahraga yang bisa Anda coba adalah menembak.

Olahraga menembak bisa menjadi pengalaman baru untuk Anda karena kegiatan ini terbilang olahraga yang kurang populer apabila dibandingkan dengan berbagai olahraga permainan, seperti bulu tangkis, sepak bola, dan basket.

Meski bukan olahraga yang populer, menembak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tak kalah dari olahraga lainnya.

Manfaat olahraga menembak dapat menyehatkan jasmani dan rohani bagi yang menjalankannya. Olahraga menembak dapat dijadikan sarana untuk meredakan stres hingga meningkatkan fokus. Olahraga yang satu ini bakal melatih ketenangan, konsentrasi, dan kesabaran.

Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan olahraga menembak, dikutip dari laman Agirlandagun, Kamis (16/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Menembak untuk Kesehatan

1. Melatih kekuatan otot tangan

Manfaat olahraga menembak yakni melatih kekuatan otot tangan. Menembak membutuhkan otot tangan yang kuat dan kukuh. Untuk membidik dan menembak target, Anda harus menahan tubuh bagian atas dengan stabil.

Sering kali penembak baru tidak menyadari otot lengan yang dibutuhkan untuk memegang pistol maupun senapan dalam posisi yang tepat untuk menembak secara akurat.

Untuk meningkatkan kekuatan otot tangan dalam memegang pistol maupun senapan, Anda dapat melakukan latihan yang menyasar otot-otot tubuh bagian atas, seperti push-up.

2. Meredakan stres

Menembak dapat meredakan stres. Menembak memungkinkan seseorang untuk melepaskan diri dari kekhawatiran.

Anda harus mengesampingkan pikiran lain saat Anda memiliki senjata di tangan dan berkonsentrasi pada keselamatan, pemrosesan mental, dan keterampilan fisik.

Untuk itu, ketika Anda menembak, Anda perlu melupakan masalah atau stres yang Anda miliki sementara untuk melakukan tembakan yang tepat sasaran.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Menembak untuk Kesehatan

3. Melatih penglihatan

Manfaat olahraga menembak selanjutnya yaitu mampu melatih penglihatan. Melatih mata Anda sangat penting sehingga Anda dapat fokus pada pandangan di depan. Kendati demikian, melakukan olahraga menembak memang tidak bisa memperbaiki cacat mata, seperti rabun jauh atau rabun dekat.

4. Meningkatkan fokus

Olahraga menembak mengharuskan Anda untuk memfokuskan pandangan pada titik target demi melesatkan peluru secara tepat sasaran. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini dapat meningkatkan kemampuan otak untuk fokus.

5. Adrenalin

Manfaat olahraga menembak berikutnya, yakni meningkatkan adrenalin. Adrenalin tidak hanya untuk sementara meningkatkan sistem kekebalan Anda, tetapi juga memberi sinyal pada hati Anda untuk memecah glikogen, zat yang memberi otot Anda glukosa, sumber utama bahan bakar dalam tubuh Anda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Menembak untuk Kesehatan

6. Keberanian dan keyakinan

Tanggung jawab pribadi diajarkan dalam olahraga menembak untuk pengembangan keselamatan dan keterampilan. Olahraga menembak juga memupuk tanggung jawab pribadi karena sebagai fondasi untuk keamanan dan kebebasan.

7. Memperkuat otot inti

Manfaat olahraga menembak selanjutnya adalah untuk memperkuat otot inti. Manfaat ini terutama akan Anda dapatkan ketika berlatih menggunakan senapan laras panjang atau rifle.

Mengangkat senapan butuh kekuatan, keseimbangan, dan daya tahan otot-otot inti tubuh, seperti otot perut, sehingga meningkatkan kemampuan untuk berjalan lebih seimbang sekaligus memperbaiki postur tubuh.

 

Sumber: agirlandagun.org

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer