Sukses


9 Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, kita kerap menyaksikan karyawan sebuah perusahaan terpaksa memilih resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan karena alasan stres yang dialami di tempat kerja.

Mengalami stres di tempat kerja bisa dialami siapa pun, terlebih lagi bagi mereka yang selalu berada dalam tekanan pekerjaan.

Mengalami stres di tempat kerja sangat mengganggu kualitas kehidupan secara keseluruhan.

Di sisi lain, menghilangkan stres di tempat kerja bukan hal mustahil. Namun, sebelum mencari cara terbaik untuk mengatasinya, Anda harus memahami terlebih dahulu penyebab dari stres yang Anda alami.

Maka itu, coba untuk merefleksikan kehidupan Anda di tempat kerja, cari tahu di bagian mana yang menyebabkan Anda menjadi stres.

Selanjutnya, Anda bisa mempraktikkan beberapa cara untuk menghilangkan stres di tempat kerja.

Berikut sembilan cara ampuh menghilangkan stres di tempat kerja, yang bisa Anda coba terapkan, seperti dikutip dari Inspiringtips, Senin (27/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

1. Kelola Waktu secara Efisien

Tampaknya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi mengelola waktu dengan benar untuk setiap tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan adalah suatu keharusan.

Papan tulis, whiteboard, atau bahkan memo menjadi barang kantor terbaik untuk membantu Anda mengatur jadwal. Itu juga akan berfungsi sebagai motivator karena tidak ada yang bisa menyangkal kepuasan menandai setiap kotak di daftar pekerjaan yang sudah dilakukan setiap harinya.

2. Jauhi Keterlambatan

Keterlambatan di tempat kerja bisa sangat membuat stres sehingga jika Anda tidak segera mengubah kebiasaan Anda terlambat atau bahkan menyerahkan tugas melebihi tenggat waktu, Anda sulit untuk melepaskan diri dari stres di tempat kerja.

Mungkin satu-satunya solusi efektif adalah mencoba mencintai pekerjaan Anda. Sementara sebagian besar pekerjaan sulit untuk dicintai, setidaknya lakukan sesuatu untuk menghargai apa yang Anda lakukan. 

3. Makan Benar dan Tidur Cukup

Stres dapat disebabkan oleh faktor fisik, seperti efek kurang tidur atau kurangnya asupan makanan yang sehat dan bergizi. 

Mengelola stres di tempat kerja juga dipengaruhi dengan memberi tubuh Anda cukup waktu untuk beristirahat. Selain itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat dan berolahraga setidaknya seminggu sekali.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

4. Jangan Banyak Berharap

Stres bisa disebabkan lantaran terlalu mengharapkan sesuatu selalu berjalan sesuai keinginan Anda. Anda tidak selalu dapat memiliki apa yang Anda inginkan dan itu berlaku baik untuk kehidupan di dalam maupun di luar pekerjaan. 

Selalu kelola harapan Anda jika Anda tidak ingin merasa cemas atau kecewa.

Bekerja dengan orang lain terkadang bisa menjadi tantangan, jadi penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara mencapai kompromi. 

5. Hindari Drama di Tempat Kerja

Anda harus selalu memperhatikan profesionalisme di tempat kerja dan ini termasuk tidak mengambil bagian dalam drama di kantor. Anda berada di sana untuk menjadi produktif dan menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tim dan perusahaan, bukan untuk bersosialisasi atau mencari pasangan romantis.

6. Jangan Pernah Menunda

Jangan biarkan diri Anda di masa depan menderita karena kebiasaan menunda-nunda Anda saat ini. Terlepas dari kenyataan bahwa mencoba untuk mengalahkan tenggat waktu yang hampir mendekati bisa sangat menegangkan, itu akan selalu memengaruhi kualitas pekerjaan dan kualitas kinerja Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

7. Jangan Tinggal Berjam-jam di Tempat Kerja 

Satu di antara penyebab utama stres adalah bekerja berjam-jam. Meski hal itu dapat membuat atasan Anda terkesan, kesehatan mental dan fisik Anda pada akhirnya akan menderita akibatnya. 

Pekerjaan Anda bukanlah segalanya dalam hidup Anda dan Anda juga harus fokus pada hal-hal lain, seperti keluarga Anda, hubungan Anda di luar pekerjaan, dan waktu pribadi Anda untuk beristirahat dan memulai kembali.

8. Manfaatkan Liburan dan Cuti Liburan

Jika Anda seorang yang sangat senang bekerja, Anda mungkin tidak langsung merasakan efek stres karena Anda sudah terbiasa dengan perasaan lelah secara fisik dan mental sepanjang waktu.

Mungkin itu sebabnya Anda tidak keberatan jika Anda tidak akan menghabiskan liburan dan jatah liburan Anda.

Kendati Anda mungkin terlihat seperti karyawan yang ideal, itu hanya masalah waktu sampai tubuh Anda akhirnya menyerah. Jika Anda tidak ingin ini terjadi, ada solusi cepat dan efektif, yaitu ambil liburan yang sudah lama tertunda, baik sendiri atau dengan seseorang yang spesial. 

9. Luangkan Waktu untuk Hobi

Luangkan waktu untuk menikmati hal-hal yang Anda sukai. Jangan lupakan hobi Anda atau melakukan aktivitas di luar ruangan yang baru dan menarik.

Anda akan melihat perbedaan besar dalam perspektif Anda bahwa tidak peduli seberapa membosankan atau berlebihannya pekerjaan Anda, Anda selalu dapat menantikan akhir pekan yang menyenangkan dan penuh petualangan.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer