Sukses


12 Cara Ampuh Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai hal yang bisa mengganggu semangat kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari, satu di antaranya suasana hati yang sedang buruk atau bad mood.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja laki-laki, perempuan, tua, maupun muda. Dan suasana hati merupakan satu di antara hal yang sangat sulit untuk diprediksi.

Tidak hanya bisa menurunkan kualitas hidup, suasana hati yang buruk bisa menganggu hubungan kita dengan orang lain.

Suasana hati yang buruk tidak dapat dibiarkan begitu saja, jika Anda menyepelekan hal yang satu ini bisa menyebabkan stres.

Hal termudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan suasana hati yang buruk adalah dengan melakukan suatu hal yang bisa menyenangkan hati.

Lantas, apa saja hal lainnya yang bisa membantu kita untuk memperbaiki suasana hati yang buruk?

Berikut 12 cara ampuh memperbaiki suasana hati yang buruk, dan patut untuk Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (18/11/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

1. Cukup Tidur

Tidur dan suasana hati berjalan beriringan. Jika waktu tidur kurang, hal itu dapat mengganggu performa kerja dan cara berpikir pada hari berikutnya. Dampaknya, Anda berisiko tinggi mengalami suasana hati yang buruk.

Tidurlah selama 8,5 jam hingga 9,5 jam per hari agar fisik dan psikis menjadi lebih fit dan tenang. Ciptakan lingkungan kamar tidur yang tenang, gelap, dan rapi untuk membantu Anda tidur.

2. Mengakui Apa yang Dirasakan

Menekan suasana hati yang buruk memang sangat sulit. Alih-alih mencoba mengubur emosi negatif Anda, sadari apa yang Anda rasakan dan luapkan.

Jika Anda tidak mengakui dan hanya memendam suasana hati yang buruk, hal tersebut dapat merugikan dan membahayakan kondisi kesehatan. Anda bisa menjadi kesepian dan mengalami stres fisik.

3. Berolahraga

Berolahraga bisa menjadi cara menghilangkan suasana hati. Bersepeda, lari, jalan cepat, bermain basket, atau bermain bulu tangkis bisa Anda lakukan agar suasana hati yang buruk jadi menghilang.

Sebab, olahraga membuat tubuh memompa aliran darah lebih cepat dan melepaskan hormon 'bahagia' yang dapat membantu mengatasi bad mood

3 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

4. Mendengarkan Musik

Hidup tanpa musik rasanya hampa. Nyalakan atau putar musik yang Anda suka dan nikmati waktu bersantai untuk mengusir suasana hati yang buruk. 

Dengarkanlah lagu-lagu yang memberi Anda semangat, jangan mendengarkan lagu galau, yang justru dapat membuat Anda jadi lebih sedih dan bad mood.

5. Curhat (Mencurahkan Isi Hati)

Cara menghilangkan bad mood berikutnya adalah dengan melakukan curhat kepada siapa pun yang Anda percaya. Jangan takut untuk menceritakan masalah Anda karena hanya akan menjadi penyakit bagi tubuh.

Berbicara dengan orang terdekat akan membantu Anda melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda dan menjadi suatu sarana untuk menyalurkan emosi Anda.

Selain keluarga dan teman, bantuan medis profesional seperti psikolog juga bisa menjadi pilihan untuk Anda mencurahkan isi hati. 

6. Beribadah

Cara menghilangkan suasana hati buruk yang satu ini sering kali dilupakan. Padahal, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan membawa Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan.

Selain itu, jika Anda menyalahkan semuanya dan merasa tidak adil, cobalah selalu bersyukur dan berdamai dengan diri sendiri untuk membantu melegakan bad mood.

4 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

7. Keluarkan Isi Hati

Menangis dapat membantu Anda menyalurkan emosi. Jadi, jangan malu untuk menangis jika mengalami masalah yang berat.

Selama masih dalam batas wajar dan terkontrol, menangis akan membantu Anda melepaskan kegelisahan dalam hati. Namun, jika terlalu berlebihan malah dapat membawa Anda ke fase masalah kesehatan yang lebih berat.

8. Kurangi Mengonsumsi Kafein

Mengurangi konsumsi kafein menjadi satu di antara cara menghilangkan bad mood. Pasalnya, mengonsumsi kafein secara berlebihan, apalagi pada malam hari, dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam dan waktu tidur pun berkurang.

Seperti yang telah dijelaska, mencukupi waktu tidur sangat bermanfaat untuk mengatasi suasana hati buruk. Oleh karena itu, hindari konsumsi teh, kopi, coklat, atau makanan dan minuman berkafein lainnya secara berlebihan saat malam hari.

9. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Suasa Hati

Makanan yang masuk berdampak terhadap cara berpikir dan perasaan Anda. Jadi, pastikan untuk makan makanan yang seimbang, kaya nutrisi, dan rendah lemak jenuh. Makanan tersebut secara tidak langsung membuat suasana hati stabil dan bad mood pun bisa hilang.

Beberapa makanan yang dinilai ampuh memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi adalah ikan, kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung probiotik.

5 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

10. Mengurangi Alkohol

Banyak yang mengira bahwa minum alkohol merupakan cara cepat untuk melepaskan diri dari suasana hati yang buruk. Karena itu, banyak orang memilih mengonsumsi alkohol sebagai pelampiasan untuk mengatasi suasana hati yang buruk

Padahal, alkohol dapat membuat banyak gejala bad mood Anda terasa jauh lebih buruk. Tidak hanya itu, mengonsumsi alkoho berpotensi menimbulkan perilaku berisiko dan keputusan buruk yang dapat berdampak jangka panjang.

11. Tingkatkan Kehidupan Sosial

Ketika sedang bad mood, jangan menyimpan dan memendam perasaan tersebut sendiri. Hal itu justru dapat menjadi racun yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Cobalah untuk keluar berkumpul bersama teman atau bergabung dalam kegiatan kelompok yang dapat meningkatkan interaksi sosial satu sama lain.

12. Berpikir Optimistis

Ketika mengalami kejadian buruk seperti putus dengan pacar atau pekerjaan tidak selesai, orang pesimis cenderung menganggap hal tersebut seperti dunia akan segera berakhir. Sedangkan orang optimis akan berusaha mencari cara untuk keluar dari masalah tersebut.

Oleh karena itu, menghilangkan bad mood juga harus dilakukan dengan cara berpikir optimistis. Untuk mengatasi bad mood, coba fokus pada kendali yang Anda miliki. 

Anda juga bisa bersikap realistis tentang seberapa besar pengaruh suasana hati buruk dalam hidup jika dibiarkan berlarut-larut.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 11/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer