Sukses


Daftar Buah yang Mengandung Antioksidan Tinggi, Baik untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai jenis kandungan pada buah yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan menghindarkan risiko terkena penyakit. Satu di antaranya adalah antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat memperlambat atau bahkan menghambat kerusakan sel-sel yang ada pada tubuh manusia.

Jika dikonsumsi secara teratur, buah yang mengandung antioksidan tinggi bisa menjauhkan tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Secara tidak sadar, terkadang radikal bebas bisa masuk ke tubuh kita, contoh paling mudah adalah saat kita menghirup udara yang telah tercemar polusi.

Penumpukan radikal bebas pada tubuh bisa menimbulkan beberapa penyakit kronis, seperti kanker, stroke, penyakit jantung, dan berbagai jenis lainnya.

Untuk memperoleh khasiat dair antioksidan, sekarang banyak suplemen yang mengandung antioksidan dan bisa Anda beli di berbagai apotek.

Namun, ada cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mendapat manfaat dari antioksidan, satu di antaranya dengan mengonsumsi berbagai buah sehat yang kaya akan kandungan antioksidan.

Apa saja buah-buahan tersebut? Berikut daftar buah yang mengandung antioksidan tinggi, dan baik untuk kesehatan tubuh Anda, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (26/11/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Buah Mengandung Antioksidan Tinggi

1. Blueberi

Blueberi terkenal sebagai satu di antara buah dengan antioksidan tinggi. Buah ini mengandung berbagai jenis antioksidan, satu di antaranya antosianin. 

Antosianin bisa mencegah peningkatan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) serta menurunkan tekanan darah.

2. Bit 

Bit juga mengandung antioksidan tinggi, terutama grup antioksidan bernama betalain. Senyawa ini juga yang memberikan warna merah pada buah bit.

Kandungan betalain pada buah bit dapat mencegah kanker kolon serta meredakan peradangan, termasuk peradangan pada sendi.

3. Raspberi

Raspberi merupakan sumber serat, vitamin C, mineral, dan antioksidan yang baik. Sama seperti blueberi, raspberi mengandung antosianin dan berbagai antioksidan lainnya.

Efek antiinflamasi dan kandungan antioksidannya dapat mencegah kanker lambung, kanker kolon, dan kanker payudara dalam tabung percobaan di sebuah penelitian.

3 dari 4 halaman

Daftar Buah Mengandung Antioksidan Tinggi

4. Stroberi 

Sama dengan buah beri lain, stroberi termasuk satu di antara buah dengan kandungan antosianin di dalamnya. Oleh karena itu, efeknya sama dengan blueberi dan raspberi.

Selain itu, buah tinggi antioksidan ini mengandung asam elagik. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang selain mencegah kanker, juga biasa digunakan dalam produk-produk kecantikan.

5. Anggur

Anggur termasuk buah dengan kandungan antioksidan. Dua jenis antioksidan yang tersimpan di dalam anggur, yaitu antosianin dan proantosianin. Keduanya bisa mencegah risiko penyakit jantung dan kanker.

Meski demikian, manfaat buah anggur sebagai antioksidan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Plum

Antioksidan terkandung dalam buah plum. Jika dikonsumsi secara rutin, buah plum dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Selain antioksidan, buah plum mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A,C, K, B1, serat, kalium, fosfor, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Buah Mengandung Antioksidan Tinggi

7. Delima 

Antioksidan yang banyak terdapat dalam buah delima, di antaranya flavonoid, antosianin, dan asam punisik yang bersifat antiinflamasi, antihipertensi, dan antiatherogenik. 

Jus delima juga merupakan buah dengan antioksidan tertinggi di antara jus buah lainnya.

8. Cranberry (kranberi)

Buah lain yang mengandung antioksidan adalah cranberry. Kandungan antioksidan dalam cranberry masih lebih unggul ketimbang strawberi, raspberi, dan anggur. Bahkan, kandungannya lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa sayuran hijau. 

9. Goji Berry

Goji berry merupakan satu di antara makanan yang bisa dijuluki sebagai superfood. Selain memiliki kandungan antioksidan tinggi, buah ini kaya akan vitamin dan mineral. 

Antioksidan unik yang terkandung di dalamnya adalah polisakarida Lycium barbarum, yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan mengatasi penuaan pada kulit. Namun, penelitian mengenai efek ini pada manusia masih belum banyak.

10. Buah-buahan Kering

Siapa sangka, buah-buahan kering memiliki kadar antioksidan tinggi. Bahkan, buah-buahan kering mempunyai kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar. 

Namun, buah-buahan kering juga mengandung kalori yang cukup banyak. Jadi, bagi Anda yang sedang diet, lebih baik mengonsumsi buah-buahan segar.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 23/3/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer