Sukses


Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Satu di antara hal paling menantang bagi orang tua adalah ketika anak sedang sulit untuk makan, padahal banyak gizi yang dibutuhkan oleh anak melalui makanan yang mereka konsumsi.

Jika dibiarkan terus-menerus, hal tersebut bisa membuat anak rentan terkena berbagai jenis penyakit, termasuk gejala kekurangan gizi atau gizi buruk.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan nafsu makan anak menurun, seperti saat anak tumbuh gigi, demam, atau sariawan.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi camilan atau minuman yang mengandung gula tinggi bisa menyebabkan anak kehilangan nafsu makan.

Pada saat seperti inilah orang tua harus segera mencari jalan keluar agar anak mendapatkan kembali nafsu makannya dan terhindar dari masalah kesehatan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan nafsu makan pada anak, satu di antaranya mebcampurkan bahan makanan sehat pada masakan yang Anda buat.

Berikut daftar makanan penambah nafsu makan anak, yang patut Anda ketahui sebagai orang tua, seperti dilansir dari Klikdokter, Senin (29/11/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

1. Jahe 

Jahe adalah satu di antara bahan masakan yang jarang absen di dapur setiap keluarga Indonesia. Jahe juga dipercaya sebagai makanan penambah nafsu makan anak.

Selain itu, jenis rempah yang satu ini dapat melegakan masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual, atau muntah penyebab anak tidak nafsu makan.

Anda dapat menyiasatinya dengan menyajikan jahe dalam sup, sayuran tumis, nasi tim, atau dalam bentuk minuman dengan dicampur bersama air dan madu. Selain jahe, jenis rempah-rempah lain seperti peppermint, mint, kayu manis, dan ketumbar bisa dijadikan pilihan.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah satu di antara makanan penambah nafsu makan anak karena mengandung tinggi probiotik. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan untuk mencegah hilangnya nafsu makan anak.

Selain baik untuk menambah nafsu makan, yoghurt kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Dalam pemberian yoghurt, sebaiknya pilih yang rasanya tawar (plain) dengan kandungan gula yang rendah. Jika masih terasa asam, tambahkan potongan buah yang manis, si kecil pasti suka.

3. Minyak Ikan 

Minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak. Sebuah penelitian mengatakan, omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan berperan menurunkan rasa kenyang setelah makan dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk dapat menyimpulkan hal ini secara menyeluruh, khususnya untuk anak. Namun demikian, kandungan omega-3 pada minyak ikan baik untuk pertumbuhan otak anak.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

4. Kacang-kacangan

Kacang mete, kacang almon, dan kacang tanah dapat diberikan pada si kecil ketika ia mogok makan. Menurut beberapa penelitian, kandungan seng (zink) pada kacang-kacangan menjadikannya sebagai makanan penambah nafsu makan. 

Selain zink untuk memperbaiki nafsu makan, kacang mengandung tinggi protein, asam lemak, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh anak.

Perlu diingat, bagi anak yang belum mampu mengunyah, kacang perlu dilumatkan. Hal ini agar biji kacang tidak masuk ke saluran pernapasan dan menyebabkan anak tersedak. 

5. Kentang 

Satu di antara penyebab si lecil tidak nafsu makan adalah bosan dengan jenis dan bentuk makanan yang itu-itu saja. Sesekali, kreasikan makanan untuk menambah nafsu makan anak. 

Contoh mudah adalah dengan mengganti sumber karbohidrat anak Anda dari nasi menjadi kentang. Kentang menjadi makanan penambah nafsu makan karena mengandung zink, meski sumber terbanyaknya dari daging.

Banyak penelitian menyatakan, seorang yang mengalami defisiensi mineral zink akan mengalami perubahan selera dan nafsu makan. Lebih lanjut, penelitian lain mengatakan suplemen zink yang diberikan pada anak dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Wortel

Manfaat wortel sebagai sumber vitamin dan serat sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, wortel dapat menjadi makanan peningkat nafsu makan. Anda dapat memberikan wortel secara langsung dalam sayuran atau dengan dibuat jus.

Pemberian jus pada anak dapat dilakukan setengah jam sebelum makan. Sebab tak hanya merangsang rasa lapar, jus wortel dapat mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan. 

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

7. Alpukat 

Buah yang satu ini sering dijuluki buah super. Dalam setengah buah alpukat ukuran sedang (68 gram) terdapat sekitar 109 kalori. Hal ini berarti ada 160 kalori per 100 gram alpukat. Tak hanya tinggi kalori, alpukat padat nutrisi dengan mengandung 20 jenis vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh.

Rasa alpukat yang gurih membuatnya mudah disukai, termasuk oleh anak-anak. Maka itu alpukat termasuk satu di antara makanan penambah nafsu makan anak.

Sama halnya wortel, alpukat dapat disajikan dengan berbagai cara, bisa dalam bentuk potongan (seukuran genggaman si kecil) sebagai camilan atau dapat dilumat dan dijadikan jus.

8. Kencur

Kencur banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Ramuan ini juga bisa dijadikan sebagai makanan penambah nafsu makan anak yang sehat dan bergizi. Anda bisa memberikan anak jamu beras kencur agar nafsu makannya meningkat.

Jamu yang merupakan racikan dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa mampu meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

9. Makanan Favorit Anak

Selain beberapa menu di atas, hal yang paling mudah adalah menanyakan apa makanan yang anak Anda sukai. Sama halnya dengan Anda yang memiliki makanan kesukaan, si kecil pun demikian.

Sajikan makanan favoritnya sebagai menu makanan untuk menambah nafsu makan anak. Rasa makanan yang enak juga faktor penting penentu nafsu makan anak.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/10/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer