Sukses


Jenis-Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasannya, Ketahui Cara Mencegahnya

Bola.com, Jakarta - Virus komputer adalah program yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau sistem kerja komputer. Virus tersebut bekerja dengan cara menggandakan dirinya sendiri dan menyisipkannya ke dalam program atau dokumen.

Virus komputer yang ada dapat menghapus file, mencuri data, dan dengan mudahnya menginfeksi perangkat lain.

Jika dibiarkan, virus dapat merusak sistem dan perangkat secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu waspada terhadap adanya virus komputer tersebut.

Ada berbagai jenis virus komputer yang diketahui dapat membahayakan perangkat komputer.

Tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis virus komputer tersebt sebagai langkah antisipasi. Selain itu, penting juga mengetahui cara mencegah virus komputer tersebut.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis virus komputer dan cara mencegahnya, seperti dilansir dari socs.binus.ac.id, Rabu (16/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Virus Komputer

Trojan

Trojan adalah virus yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data serta mengkontrol data korban. Virus ini masuk ke komputer lewat internet dan email, yang diterima oleh pengguna serta data pribadi yang tidak di-password.

Tujuan dari trojan adalah memperoleh informasi dari target, seperti password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan mengendalikan target.

Worm

Worm dikategorikan sebagai virus yang tidak membahayakan, tetapi mengganggu. Pasalnya, jika komputer terjangkit virus worm dibiarkan terlalu lama, worm akan menggandakan dirinya sendiri dan membuat space pada harddisk pengguna penuh.

Virus ini dapat menggandakan diri dengan cepat dan dapat membuat file acak tak berguna pada komputer. Hal inilah yang menyebabkan memori dan hardisk akan penuh dengan virus ini.

Virus worm ini dapat menginfeksi komputer yang menggunakan email dan terhubung dalam jaringan internet, hal ini sama dengan yang dilakukan oleh virus Trojan.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Virus Komputer

Memory Resident

Memory Resident biasanya akan menyerang RAM. Komputer yang terjangkit virus ini biasanya sering mengalami perlambatan pada program ketika dijalankan dan menginfeksi program-program komputer.

Jenis virus ini akan secara otomatis aktif saat kondisi komputer dinyalakan. Keberadaan virus ini akan membuat kinerja program pada komputer bekerja tidak normal.

Untuk mengatasi Memory Resident Virus ini, Anda perlu menggunakan antivirus seperti Avast, Smadav, Avira ataupun antivirus sejenisnya.

Companion Virus

Merupakan virus yang cukup sulit untuk di-track. Virus ini cukup mengganggu karena dapat mengubah format file. Hal tersebut membuat file kita tidak dapat dibuka atau bahkan sulit ditemukan.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Virus Komputer

FAT Virus

File Allocation Table Virus adalah virus yang berbahaya karena memiliki kemampuan untuk menghancurkan file. Virus ini biasa bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi.

Selain menghancurkan, bisa saja virus ini menyembunyikan file-file kita sehingga seakan akan hilang atau terhapus.

Rogue

Rogue merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus.

Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Rogue juga dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Virus Komputer

Berikut beberapa langkah-langkah mencegah virus komputer:

Install Pembaruan Komputer dan Antivirus

Anda harus memastikan bahwa komputer Anda selalu di-update setiap kali ada update baru karena biasanya update merupakan perbaikan dan penambahan dari versi yang sebelumnya.

Berhati-hati saat Download atau Menggunakan Public Wi-Fi

Wi-Fi gratis bukanlah hal yang selalu bagus, terutama jika sedang berada di area publik. Wi-Fi gratis bisa saja merupakan jebakan yang disiapkan oleh hacker untuk mencuri data dan informasi maupun menyisipkan virus terhadap komputer.

Koneksikan perangkat Anda ke Wi-Fi yang benar-benar tepercaya.

Scanning Antivirus terhadap Portable Device

Selalu berhati-hati akan portable device yang terhubung ke komputer, seperti usb atau flashdisk. Penting melakukan scanning untuk device yang bersifat portable karena portable device sering membawa virus dari komputer lain.

Backup Data Secara Berkala

Backup merupakan rencana cadangan apabila komputer Anda telah terinfeksi oleh virus komputer. Biasakan untuk melakukan backup terhadap data-data yang penting.

Jika data benar-benar telah terinfeksi oleh virus dan hilang, Anda masih memiliki data-data utama yang berada di perangkat berbeda dan masih bisa mengakses data tersebut dengan aman.

 

Sumber: Binus

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer