Sukses


Bacaan Doa Malam Jumat yang Dapat Dipanjatkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Bagi umat muslim, malam Jumat dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan positif yang dapat mendatangkan pahala di malam Jumat.

Satu di antara amalan yang bisa dikerjakan umat muslim ialah memanjatkan doa-doa. Pernyataan ini selaras dengan firman Allah Swt. yang tertuang dalam surah Al Gafir ayat 60.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Dengan melakukan berbagai amalan tersebut di malam Jumat diharapkan dapat membuka pintu-pintu rezeki dan ampunan dari Allah Swt. seluas-luasnya.

Maka itu, tak heran banyak muslim yang menerangi malam jumat dengan membaca beragam doa.

Berikut bacaan doa malam Jumat yang dapat dipanjatkan umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan Doaanakyatim, Kamis (23/11/2023).

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa Malam Jumat (1)

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

"Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana 'abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'uzu biridhoka min syarri ma shona'tu abu-u bini'matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku maka ampuni dosa-dosaku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

Doa malam Jumat pertama ini sangat dianjurkan dibaca sebanyak tujuh kali pada malam Jumat. Sebuah riwayat Rasulullah saw. dijelaskan bahwa jika seseorang yang membacanya sebanyak tujuh kali dan meninggal pada malam tersebut maka ia akan masuk ke surga.

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa Malam Jumat (2)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

"Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama shallaita 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim innaka hamid majid Allahumma barik 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad kama barakta 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim innaka hamid majid."

Artinya: "Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) selawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi selawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia."

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa Malam Jumat (3)

Bacaan doa malam Jumat ketiga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. adalah melafalkan surah Al Kahfi.

Dalam hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh sahabat-sahabatnya, pembaca surah Al Kahfi pada malam Jumat mendapatkan beberapa keutamaan.

Adapun keutamannya ialah akan diampuni semua dosa di antara dua Jumat, diberi ketenangan hati di antara dua Jumat, dan disinari cahaya telapak kakinya hingga ke langit kelak di hari kiamat.

Hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar,

"Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari Kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat."

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa Malam Jumat (4)

Surah Yasin merupakan surat yang tidak asing bagi umat muslim. Surah ini memiliki keistimewaan yang besar bagi pembacanya.

Keutamaan membaca surah Yasin ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud sebagai berikut:

"Barang siapa membaca surah Yasin dan Al Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR. Abu Daud)

Bagi pembaca surah Yasin pada malam Jumat, niscaya Allah Swt. akan mengabulkan hajatnya.

Dalam riwayat lain, Imam Tsa'labi menuturkan dari Abu Hurairoh r.a. disebutkan bahwa, "Barang siapa membaca Yaasiin di malam Jumat maka paginya diampuni dosanya".

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa Malam Jumat (5)

"Allahumma yaa daaimal fadli ‘alal bariyyah yaa baasithal yadaini bil’athiyyah yaa shaahibal mawahibissaniyyah sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin khoiral waraa sajiyyah waghfir lii yaadzal ‘ulaa fii haadzihil ‘asyiyyah."

Artinya: "Ya Allah, wahai Zat yang langgeng anugerahnya kepada manusia, wahai Zat yang membentangkan kedua tangannya dengan pemberian. Wahai Zat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw., sebaik-baiknya manusia di dalam budi pekertinya/akhlaknya. Dan ampunilah aku, wahai Zat yang mempunyai keluhuran di malam ini."

 

Sumber: Fiqihmuslim, Doaanakyatim

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer