Sukses


Bacaan Doa ketika Marah yang Dapat Dilafalkan

Bola.com, Jakarta - Marah adalah bagian dari emosi yang alami dirasakan manusia. Namun, marah dapat menimbulkan banyak dampak negatif, apalagi secara berlebihan.

Sebenarnya, Islam tidak pernah melarang umatnya untuk marah, tetapi dalam ajaran agama sejatinya bukanlah hal yang baik.

Sebagai seorang yang beriman, sudah sepantasnya bersikap menahan diri ketika marah. Hal ini telah dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Ali Imran ayat 133-134, Allah Swt. berfirman.

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

Di samping itu, ada hadis Rasulullah saw. yang menjelaskan tentang marah.

"Orang yang kuat bukan yang jago dalam bergulat, tetapi yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah." (HR. Bukhari, Muslim)

Pada hakikatnya, Islam menganjurkan umatnya untuk selalu mengontrol diri dan mengendalikan rasa marah, termasuk di antaranya dengan melafalkan bacaan doa.

Berikut bacaan doa ketika marah yang dapat dilafalkan umat muslim, dikutip dari laman Gurupenyemangat dan Catatanmoeslimah, Jumat (24/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Marah (1)

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ

"Allâhummaghfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî minas syaithâni."

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan."

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Marah (2)

"Allahumma rabba muhammadin ighfirli dzanbi wadzhib ghoidzho qolbi wa ajirni min mudhillatil fitan."

Artinya: "Ya Allah, Tuhan Muhammad, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kesesatan fitnah."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Marah (3)

"Allahumma inni as aluka nafsan bika muthmainnah, tu'minu biliqoika wa tardla bi qodlaika wataqna'u bi 'athoika."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa ketika Marah (4)

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

"A‘ûdzubillâhi minasy syaithânir rajîm."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk."

 

Sumber: Gurupenyemangat, Catatanmoeslimah

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer