Sukses


7 Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa yang Bisa Jadi Bahan Renungan

Bola.com, Jakarta - Di dunia ini, hampir setiap orang pasti pernah merasakan sakit, baik ringan maupun berat. Sakit merupakan satu di antara bentuk respons tubuh manusia dalam melawan virus atau zat-zat yang berbahaya.

Dalam ajaran Islam, sakit dapat dimaknai sebagai bentuk ujian sekaligus kasih sayang dan cinta Allah Swt. kepada hamba-Nya. Ada beberapa dalil yang menyebutkan bahwa sakit dapat menggugurkan dosa-dosa.

"Dan sungguh Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. Mereka yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata: "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali). Mereka itu mendapat keberkatan dari Tuhannya dan rahmat. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al Baqarah: 155-156)

Pada dasarnya, Allah Swt. memberikan sakit bertujuan untuk menguji kesabaran dan keteguhan iman hamba-Nya.

Nah, sebagai orang beriman, kita harus selalu bersyukur atas segala ujian yang diberikan oleh Allah Swt. dan berusaha untuk memperbaiki diri dalam menghadapinya.

Di sisi lain, ada banyak hadis Nabi Muhammad saw. yang menjelaskan terkait sakit yang bisa menjadi penggugur dosa.

Berikut tujuh hadis tentang sakit penggugur dosa yang bisa jadi bahan renungan umat muslim, dikutip dari laman uin-alauddin.ac.id dan Saintif, Selasa (28/11/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (1)

"Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (2)

"Tidak ada satu pun musibah (cobaan) yang menimpa seorang muslim berupa duri atau yang semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya." (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (3)

"Sesungguhnya Allah benar-benar akan menguji hamba-Nya dengan penyakit sehingga ia menghapuskan setiap dosa darinya." (HR. Al Hakim)

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (4)

"Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kekhawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (5)

"Bencana senantiasa menimpa orang mukmin dan mukminah pada dirinya, anaknya dan hartanya sehingga ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada kesalahan pada dirinya." (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (6)

"Bergembiralah wahai Ummul 'Ala, sesungguhnya sakitnya seorang muslim dijadikan oleh Allah untuk menghilangkan kesalahannya dengannya, sebagaimana api menghilangkan karat emas dan perak." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Sakit Penggugur Dosa (7)

"Tidaklah seorang mukmin tertimpa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada masa depan), sedih (akan masa lalu), kesusahan hati (berduka cita) atau sesuatu yang menyakiti sampai pada duri yang menusuknya, itu semua akan menghapuskan dosa-dosanya." (HR. Bukhari, Muslim)

 

Sumber: uin-alauddin.ac.id, Saintif

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer