Sukses


5 Macam Simbiosis di Kehidupan beserta Contohnya yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sebagai makhluk hidup, pasti berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya untuk dapat bertahan hidup. Interaksi ini biasa disebut dengan istilah simbiosis.

Simbiosis adalah bentuk interaksi antardua mahkluk hidup yang berbeda jenis. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak terjadi simbiosis-simbiosis, baik dengan sesama manusia, hewan, dan juga tumbuhan.

Simbiosis yang terjadi dalam kehidupan sangat beragam. Ada yang bermanfaat, berbahaya, atau tidak berpengaruh pada satu sama lain.

Untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang simbiosis, kamu bisa menyimak macam dan contohnya pada artikel ini hingga selesai.

Berikut lima macam simbiosis di kehidupan beserta contohnya yang menarik diketahui, dikutip dari laman kemdikbud.go.id dan Saintif, Selasa (28/11/2023).

2 dari 6 halaman

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang berbeda jenis, tetapi saling menguntungkan satu sama lain.

Tidak ada kerugian yang didapatkan antara dua belah pihak yang saling berinteraksi.

- Contoh Simbiosis Mutualisme

  • Kupu-Kupu dengan Bunga

Dalam hubungan ini, keduanya saling diuntungkan. Kupu-kupu mendapatkan nektar atau sari makanan dari bunga. Sedangkan bunga juga terbantu dalam proses penyerbukan oleh kupu-kupu tersebut.

  • Burung Jalak dan Kerbau

Burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu yang ada di tubuh kerbau, sedangkan kerbau diuntungkan karena tubuhnya dapat terbebas dari kutu.

3 dari 6 halaman

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah sebuah interaksi antara dua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak organisme, sementara organisme lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan (netral).

- Contoh Simbiosis Komensalisme

  • Ikan Remora dan Ikan Hiu.

Setelah hiu makan, biasanya sisa-sisa makanan akan berjatuhan. Di saat sisa-sisa makanan jatuh, ikan remora bakal menempel dengan hiu untuk mengambil sisa-sisa makanan dari hiu. Ikan hiu tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan.

  • Anggrek dengan Pohon Mangga

Dalam interaksi ini, anggrek mendapat keuntungan karena memiliki tempat untuk tumbuh, mendapatkan sinar matahari, air serta zat-zat untuk melakukan proses fotosintesis dengan menempel pada pohon mangga.

Sementara pohon mangga tidak dirugikan atau pun diuntungkan dalam hal apa pun dengan keberadaan tumbuhan anggrek.

4 dari 6 halaman

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis yang menunjukkan hubungan menguntungkan dan merugikan antara kedua belah pihak. Simbiosis parasitisme merupakan ketergantungan yang terjadi, ketika pihak yang satu mendapat keuntungan, tetapi merugikan pihak lainnya.

Umumnya, simbiosis parasitisme melibatkan organisme parasit seperti kutu, cacing, jamur, bakteri, benalu, dan lain-lain.

- Contoh Simbiosis Parasitisme

  • Nyamuk dan Manusia

Nyamuk akan menggigit dan menghisap darah manusia. Bahkan, jenis nyamuk tertentu dapat menyebarkan penyakit demam berdarah atau malaria.

Bagi nyamuk, hubungan ini menguntungkan karena untuk berkembang biak. Namun, bagi manusia, hubungan ini merugikan karena dapat terserang penyakit berbahaya.

  • Lalat dengan Buah

Selain nyamuk dan manusia, simbiosis parasitisme juga terjadi pada lalat dengan buah. Lalat mendapatkan makanan dari buah sekaligus bisa berkembang biak di buah. Buah yang dihinggapi lalat merugi karena akan membusuk.

5 dari 6 halaman

Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalime merupakan hubungan antara dua makhluk hidup di mana satu pihak dirugikan sedangkan pihak lain tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan (tidak terpengaruh apa-apa).

- Contoh Simbiosis Amensalisme

  • Brokoli dengan Kembang Kol

Pada hubungan antara brokoli dan kembang kol, residu brokoli dapat mencegah fungi verticillium penyebab penyakit layu pada beberapa tanaman sayur, contohnya kembang kol dan brokoli.

Dalam hal ini, pihak yang dirugikan adalah kembang kol, sementara brokoli tidak mendapat pengaruh apa pun.

  • Pohon Pinus dengan Tumbuhan Lainnya

Pohon pinus ini diketahui menghasilkan senyawa alelopati yang dapat mengganggu kelangsungan hidup tumbuhan lain di sekitarnya.

Hal ini menyebabkan di sekitar pohon pinus jarang sekali ditemukan pohon-pohon lainnya, selain sejenis rumput-rumputan.

6 dari 6 halaman

Simbiosis Netralisme

Simbiosis netralisme adalah simbiosis yang terjadi antara dua makhluk hidup, di mana kedua makhluk hidup tersebut tidak dirugikan ataupun diuntungkan, keduanya sangat netral.

- Contoh Simbiosis Netralisme

  • Kambing dengan Ayam

Kambing yang merupakan hewan herbivora memiliki hubungan yang baik dengan ayam. Hal ini ditunjukkan dengan keakraban mereka apabila disatukan dalam satu wilayah tertentu.

Keduanya tidak akan memperebutkan makanan ataupun wilayah mereka, mereka justru berbaur satu sama lain.

Selain itu, faktor perbedaan makanan antara kedua hewan inilah yang menjadi faktor terpenting kedua makhluk hidup ini hidup damai dan tidak terlibat kompetisi ataupun predasi.

  • Ikan Lele dengan Ikan Sapu

Meski berada di tempat yang sama, ikan lele dan ikan sapu dapat hidup berdampingan dengan damai. Hal ini dikarenakan keduanya mengonsumsi makanan yang berbeda.

Ikan lele memakan pelet, sedangkan ikan sapu nantinya akan memakan lumut yang berada dalam tempat tersebut.

Jadi, hubungan antara keduanya dapat dikatakan netral, alias tidak saling merugikan ataupun saling menguntungkan.

 

Sumber: kemdikbud.go.id, Saintif

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer