Sukses


9 Hadis tentang Takwa yang Bisa Jadi Pedoman Hidup

Bola.com, Jakarta - Takwa merujuk pada kata waqa-yaqi-wiqayah dalam bahasa Arab yang berarti memelihara atau menjaga diri.

Sedangkan, para ulama mendefisinikan takwa dengan melaksanakan segala perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya, baik dalam keadaan sepi maupun ramai, lahir, dan juga batin.

Nah, sebagai umat Nabi Muhammad saw. setiap muslim memiliki tugas utama yaitu beribadah atau bertakwa kepada Allah Swt.

Allah Swt. menuangkan perintah agar setiap muslim bertakwa kepada-Nya dalam Al-Qur’an. Satu di antara ayat berisikan perintah bertakwa kepada Allah Swt. terdapat dalam surah Al-Imran ayat 102.

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim."

Adapun sejumlah hadis Nabi Muhammad saw. yang menjelaskan juga mengenai takwa.

Berikut sembilan hadis tentang takwa yang bisa menginspirasi umat muslim, dikutip dari laman uii.ac.id dan inais.ac.id, Rabu (29/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Takwa

Hadis tentang Takwa (1)

"Diriwayatkan dari Abu Dzar Jundub bin Junadah Al-Ghifari dan Abu Abdirrahman Muadz bin Jabal Al-Anshari bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: 'Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada dan ikutilah keburukan dengan kebaikan niscaya kebaikan akan menghapuskan keburukan sebelumnya dan pergaulilah manusia dengan pergaulan yang baik'." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Takwa (2)

"Akulah yang berhak atas takwa (sekalian hamba). Maka barang siapa bertakwa kepada-Ku dan tidak menjadikan sesembahan lain bersama-Ku, aku berhak untuk memberikan ampunan kepadanya." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Takwa (3)

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu hanya disebut sebagai orang-orang yang bertakwa lantaran mereka meninggalkan perkara yang tidak ada dosa padanya dalam rangka menjaga diri dari perkara yang ada dosa padanya." (HR. Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Takwa

Hadis tentang Takwa (4)

"Bertakwalah kalian kepada Allah Rabb kalian, kerjakanlah salat lima waktu, berpuasalah di bulan Ramadan, bayarkanlah zakat harta kalian, dan taatilah pemegang urusan kalian, niscaya kalian masuk surga Rabb kalian!" (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Takwa (5)

"Dari Abi Najih Al-Irbadh bin Sariyah r.a. ia berkata bahwa Rasulullah saw. menasihati kami dengan sebuah pesan yang membuat hati takut dan air mata berlinang. Kami bertanya, 'Wahai Rasulullah saw. wejanganmu ini seakan nasihat terakhir. Berilah kami nasihat'. Rasulullah menjawab, 'Aku berpesan kepadamu untuk bertakwa kepada Allah, patuh, dan taat sekali pun seorang budak Habsyi menjadi pemerintahmu'." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

Hadis tentang Takwa (6)

"Siapakah yang dimaksud dengan keluarganya? 'Siapa saja yang bertakwa', jawab Rasulullah saw." (HR. Baihaqi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Takwa

Hadis tentang Takwa (7)

"Aku wasiatkan kepadamu untuk bertakwa kepada Allah dalam urusanmu yang rahasia maupun yang terang terangan. Jika kamu berdoa, berdoalah dengan baik! Janganlah kamu meminta sesuatu apa pun kepada orang lain! Jangan kamu menyimpan amanat; dan janganlah kamu memberi keputusan di antara dua orang!" (HR. Ahmad)

Hadis tentang Takwa (8)

"Aku wasiatkan kamu untuk bertakwa kepada Allah dan bertakbir setiap mendapati tanah yang tinggi!" (HR. Ahmad)

Hadis tentang Takwa (9)

"Ya Allah, datangkan untuk diriku ketakwaannya! Sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah yang terbaik yang menyucikannya! Engkaulah penolong dan penguasanya." (HR. Ahmad)

 

Sumber: uii.ac.id, inais.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer