Sukses


8 Manfaat Wudu bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Bola.com, Jakarta - Wudu merupakan tata cara ritual pembersihan sebelum melaksanakan ibadah salat yang merupakan satu di antara praktik penting dalam agama Islam.

Selain memiliki nilai spiritual dan kebersihan ritual, wudu ternyata juga menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan kulit seseorang.

Wudu, sebagai tindakan membersihkan sebagian anggota tubuh, memberikan dampak yang positif pada kesehatan. Proses ini melibatkan pencucian wajah, lengan, tangan, kepala, telinga, dan kaki dengan air suci.

Wudu berperan dalam meningkatkan kebersihan tubuh, mengurangi risiko infeksi dan penyakit kulit, serta memberikan rasa kesegaran dan ketenangan sebelum ibadah.

Dengan demikian, wudu tidak hanya sebagai kewajiban agama, tetapi juga sebagai praktik yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan umum.

Berikut ini manfaat wudu bagi kesehatan tubuh dan kulit, disadur dari Kapanlagi, Jumat (1/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Wudu bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

1. Membersihkan Gigi dan Gusi

Manfaat air wudu yang pertama, dapat membersihkan gigi dan gusi. Saat berwudu, kita akan melakukan kegiatan berkumur sebanyak tiga kali.

Ketika berkumur tersebut dapat membuang semua sisa kotoran yang tertinggal di dalam mulut dan membuat mulut tetap bersih.

2. Baik untuk Jantung

Selain dapat menstimulus saraf, ternyata air wudu dapat memberikan manfaat yang baik bagi jantung.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Syauqy, ahli di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London, menyatakan bahwa berwudu dapat membuat jantung berdetak lebih stabil.

3. Mencerahkan Wajah

Dengan rutin melakukan wudu, kita dapat meremajakan sel-sel dalam kulit yang dapat membuat kulit tampak cerah serta mengurangi kerut di wajah.

Peredaran darah yang terjadi akibat wudu juga menjadi satu di antara alasan dalam membuat wajah terlihat cerah, serta dapat menghilangkan kerut di wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wudu bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

4. Membersihkan Hidung

Manfaat air wudu selanjutnya yaitu dapat membersihkan hidung. Kita tahu bahwa dalam wudu ada kegiatan membersihkan hidung menggunakan air.

Gerakan inilah yang membuat hidung dapat bersih dari kotoran. Ketika menghirup udara kotor terlalu banyak maka akan membuat lubang pada hidung menjadi kotor.

5. Mencegah Jerawat

Manfaat air wudu yang lainnya yaitu dapat mencegah jerawat. Dalam berwudu, kita akan melakukan sedikitnya lima kali dalam sehari.

Kemudian setiap wudu, kita membersihkan wajah kita dari debu, kotoran, dan juga minyak berlebih yang menjadi alasan tumbuhnya jerawat pada wajah.

6. Menghilangkan Sakit Kepala

Biasanya seseorang yang sakit kepala itu bisa dikarenakan beberapa faktor, yaitu faktor stres, asam lambung tinggi, dan juga cuaca yang panas.

Untuk meredakan stres dan menghilangkan sakit kepala akibat cuaca yang panas, wudu bisa jadi solusi yang baik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wudu bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

7. Terhindar dari Penyakit Kulit

Sudah banyak umat muslim yang mengetahui bahwa berwudu dapat menghilangkan penyakit dalam kulit, seperti kanker kulit.

Dari sudut pandang medis oleh Mokhtar Salem dalam bukunya berjudul Prayers: a Sport for the Body and Soul, menjelaskan bahwa wudu bisa mencegah kanker kulit.

Jenis kanker yang dimaksudkan lebih banyak disebabkan karena kulit sering terpapar oleh bahan-bahan kimia yang menempel dan terserap oleh kulit.

Adapun cara membersihkannya dengan air wudu, minimal lima kali dalam sehari.

8. Menstimulus Saraf

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, psikiater sekaligus ahli di bidan neurology dari Austria, ia mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudu.

Pusat saraf yang paling penting terdapat pada bagian dahi, tangan, serta kaki. Dan ketiga bagian ini bisa dibilang sangat sensitif dengan keberadaan air segar.

Maka itu, ketika seseorang rajin wudu, secara tidak langsung akan membangun dan menstimulus saraf pusat.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dhia Amira. Published: 2/5/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer