Sukses


9 Makanan yang Bisa Bantu Bakar Lemak

Bola.com, Jakarta - Kunci utama dalam mencapai kesehatan dan pemeliharaan berat badan yang ideal satu di antaranya adalah melalui pemilihan makanan yang tepat.

Dalam upaya untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan pola makan sehat, kita sering kali mencari makanan yang dapat memberikan manfaat tambahan dalam proses pembakaran lemak.

Berat badan sering kali terkait dengan kesehatan fisik, kepercayaan diri, serta pola pikir terhadap tubuh dan gaya hidup sehat.

Kesehatan dan keseimbangan berat badan adalah kunci utama dalam menjalani gaya hidup yang sehat dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal itu adalah dengan memilih makanan yang tepat.

Berikut sembilan makanan yang bisa bantu bakar lemak, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (1/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makanan yang Bisa Bantu Bakar Lemak

1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber lemak sehat, protein, dan serat yang tinggi. Lemak sehat dalam almond, seperti lemak tak jenuh tunggal dan polifenol, dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, mempercepat metabolisme, dan membakar lemak.

2. Ikan Berlemak Tinggi

Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini terbukti membantu mengurangi peradangan, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

3. Buah-buahan Beri

Buah-buahan beri, seperti blueberi, raspberi, dan strawberi mengandung antioksidan tinggi dan serat. Antioksidan ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Bisa Bantu Bakar Lemak

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli merupakan sumber serat yang tinggi serta rendah kalori. Serat dalam sayuran hijau membantu pencernaan yang baik dan memperlancar proses pembakaran lemak.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa aktif bernama katekin, terutama EGCG (Epigallocatechin Gallate), yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu dalam pembakaran lemak.

6. Biji-bijian dan Gandum Utuh

Biji-bijian seperti chia seeds, flaxseeds, dan gandum utuh kaya akan serat, omega-3, dan nutrisi penting lainnya. Serat dalam biji-bijian ini membantu mengatur nafsu makan dan menjaga kesehatan pencernaan.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Bisa Bantu Bakar Lemak

7. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau daging sapi tanpa lemak mengandung protein tinggi yang membutuhkan energi lebih banyak untuk dicerna sehingga membantu dalam proses pembakaran lemak.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh dalam membakar lemak sebagai sumber energi.

9. Jahe

Jahe mengandung senyawa bernama gingerol yang memiliki sifat termogenik sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat metabolisme.

 

Disadur dari: Berbagai sumber

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer