Sukses


9 Hadis tentang Kejujuran yang Bisa Jadi Landasan

Bola.com, Jakarta - Kejujuran merupakan satu di antara sifat yang mulia atau terpuji. Namun, tidak mudah mengamalkannya, apalagi di era sekarang. Bisa dibilang kejujuran itu mahal harganya.

Kejujuran mencakup tindakan menghindari kebohongan, integritas, dan kebenaran dalam segala aspek kehidupan.

Dalam Islam, kejujuran merupakan sifat yang wajib dimiliki umat muslim. Hal ini perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga hubungan antarmanusia.

Selain itu, Allah Swt. telah menjanjikan surga untuk hamba-Nya yang selalu menerapkan kejujuran. Dalam Al-Qur'an terdapat 28 surah dan 47 ayat yang memberikan bukti betapa pentingnya memiliki sifat kejujuran.

Satu di antaranya terdapat dalam surah Al Ahzab ayat 70, bahwa Allah Swt. berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar."

Rasulullah saw. secara tegas juga menyampaikan pentingnya kejujuran melalui hadis-hadisnya.

Berikut sembilan hadis tentang kejujuran yang bisa jadi landasan umat muslim, dikutip dari laman uinsgd.ac.id dan unismuh.ac.id, Kamis (30/11/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Kejujuran

Hadis tentang Kejujuran (1)

"Hendaknya kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surga." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Kejujuran (2)

"Kalian harus jujur, karena jujur itu akan menunjukan (jalan) kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan (jalan) ke surga. Dan seseorang yang senantiasa jujur dan ia bersungguh-sungguh untuk senantiasa berlaku jujur, maka ia akan dituliskan di sisi Allah sebagai orang yang jujur sekali (shiqqiq). Dan hati-hatilah kamu dengan berbohong, karena berbohong itu menunjukkan (jalan) kepada perbuatan jahat, dan sesungguhnya perbuatan jahat itu menunjukkan (jalan) ke neraka. Dan seseorang yang selalu bohong dan ia bersungguh-sungguh untuk senantiasa di sisi Allah ia kan dicatat sebagai orang yang pembohong." (HR. Bukhari, Musli, Ahmad, dan Tirmidzi)

Hadis tentang Kejujuran (3)

"Tiada seorang yang menyaksikan bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah dengan penuh kejujuran dari hatinya, kecuali diharamkan oleh Allah terhadap neraka." (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Kejujuran

Hadis tentang Kejujuran (4)

"Kalian harus jujur, karena jujur itu bersama-sama dengan kebaktian yang sempurna (birr). Keduanya akan berada di dalam surga. Dan hati-hatilah kalian dengan bohong, karena bohong itu bersama-sama perbuatan dosa yang terus-menerus (fuqur). Keduanya akan masuk neraka. Dan mintalah kalian keyakinan dan perlindungan dari segala penyakit kepada Allah. Karena seseorang setelah diberi keyakinan akan lebih baik daripada diberi perlindungan dari segala penyakit. Dan janganlah kalian saling hasut, saling membenci, saling memutuskan (tali silaturahmi), saling membelakangi, serta jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara sebagaimana Allah perintahkan kepada kalian." (HR. Bukhari, Ahmad, dan Ibnu Maajah)

Hadis tentang Kejujuran (5)

"Aku masih hafal apa yang dipesankan oleh Rasulullah saw. 'Tinggalkanlah sesuatu yang meragukanmu menuju sesuatu yang tidak menjadikanmu ragu, karena jujur itu menenteramkan, sedangkan bohong itu dapat menjadikanmu bimbang'." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Kejujuran (6)

"Ada empat hal yang dapat menjadikan (kesan) kalian tidak akan pernah hilang dari dunia, yaitu menjaga amanah, bicara jujur, berakhlak baik, dan hati-hati dari makanan (yang haram)." (HR. Ahmad, Ibnu Abid Dunya, Ath Thabrani, dan Al Baihaqi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Kejujuran

Hadis tentang Kejujuran (7)

"Berilah aku dari kalian jaminan dengan enam perkara, niscaya aku akan menjamin kalian dengan surga; jujurlah kalian jika berbicara, sempurnakanlah janji oleh kalian jika berjanji, tunaikanlah amanah jika kalian diberi amanah, jagalah kemaluan, pejamkanlah penglihatan, dan tahankanlah tangan kalian (dari meminta-minta)." (HR. Ahmad, Ibnu Abid Dunya, Ibnu Hibban, Al Haakim, dan Al Baihaqi)

Hadis tentang Kejujuran (8)

“Hendaklah kamu berlaku jujur karena kejujuran menuntunmu pada kebenaran, dan kebenaran menuntunmu ke surga. Dan senantiasa seseorang berlaku jujur dan selalu jujur sehingga dia tercatat di sisi Allah Swt. sebagai orang yang jujur. Dan hindarilah olehmu berlaku dusta karena kedustaan menuntunmu pada kejahatan, dan kejahatan menuntunmu ke neraka. Dan seseorang senantiasa berlaku dusta dan selalu dusta sehingga dia tercatat di sisi Allah Swt. sebagai pendusta." (HR. Muslim)

Hadis tentang Kejujuran (9)

"Jaminlah kepadaku enam perkara dari diri kalian, niscaya aku menjamin bagi kalian surga: jujurlah jika berbicara, penuhilah jika kalian berjanji, tunaikan jika kalian dipercaya, jagalah kemaluan kalian, tundukkanlah pandangan kalian, dan tahanlah tangan kalian." (HR. Hakim)

 

Sumber: uinsgd.ac.id, unismuh.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer