Sukses


Penyebab Perut Tetap Buncit meski Rutin Melakukan Gerakan Crunch

Bola.com, Jakarta - Memiliki perut buncit sering kali menjadi tantangan yang kerap dihadapi, meski telah mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk rutin berolahraga.

Bagi sebagian orang, memiliki badan gemuk dan perut buncit akan sangat mengganggu. Perut buncit sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut, seperti dengan olahraga. Adapun satu di antara olahraga yang efektik mengecilkan perut buncit ialah gerakan crunch.

Crunch memiliki gerakan yang hampir mirip dengan sit-up. Bedanya, crunch hanya menggerakkan bagian kepala dan bahu.

Adapun praktiknya bisa dimulai dengan membaringkan tubuh, lalu lutut ditekuk dan kaki menyentuh lantai. Kemudian, letakkan tangan di belakang kepala atau di dada. Selanjutnya, angkat tubuh dengan rileks hingga perut terasa kencang.

Namun, beberapa orang yang tetap memiliki perut buncit, meski sudah rutin melakukan gerakan crunch. Ada beberapa penyebab umum mengapa perut tetap buncit, kendati sudah rutin melakukan gerakan crunch.

Berikut ini penyebab perut buncit, meski sudah rutin melakukan gerakan crunch, disadur dari Klikdokter, Selasa (5/12/2023).

2 dari 5 halaman

1. Pembentukan Otot

Seperti halnya berbagai jenis latihan kekuatan, crunch dapat menyebabkan otot menjadi tegang. Selain itu, gerakan yang dilakukan dengan mengangkat tubuh bagian atas, dari kepala hingga bahu ini bisa membuat serat otot mengalami robekan mikro.

Guna mencegah cedera lanjutan, otot kemudian memperbaiki diri dengan menambahkan lebih banyak serat. Proses perbaikan otot ini menyerupai hipertrofi atau peningkatan ukuran otot pada bagian tubuh tertentu yang umumnya dialami otot paha dan lengan.

Selain itu, pada saat bersamaan otot-otot perut juga memendek sehingga menyebabkan kamu cenderung bungkuk. Postur ini membuat perutmu seakan tampak lebih besar.

Maka itu, penting bagi kamu untuk melakukan peregangan otot perut sebelum dan sesudah melakukan gerakan crunch. Hal ini dapat membantu membuat otot perut tetap longgar dan memanjang.

3 dari 5 halaman

2. Tidak Membakar Kalori dengan Optimal

Spot reduction atau metode mengurangi lemak dengan fokus melakukan latihan di area tubuh tertentu, kini sudah dianggap tidak efektif.

Pasalnya, ketika berolahraga, kamu tidak dapat mengontrol secara langsung bagian lemak tubuh yang hendak dihilangkan.

Selain itu, menurut American Council on Exercise, jenis latihan seperti sit up maupun crunch hanya bermanfaat jika kamu membakar lebih banyak kalori.

Dengan membakar banyak kalori, kamu dapat memperbesar peluang menghilangkan lemak perut. Oleh karena itu, selain rutin olahraga crunch, lakukan aktivitas fisik yang terbukti efektif membakar kalori, seperti aerobik.

4 dari 5 halaman

3. Postur Tubuh Anda Salah

Postur tubuh yang membungkuk dapat membuat perut terlihat buncit, meski kamu rajin latihan crunch. Oleh karena itu, biasakan untuk mempertahankan postur tubuh yang baik.

Caranya dengan membiasakan posisi bahu menjauhi leher, punggung tetap lurus, dan kepala ke atas. Cara ini dapat menjaga otot perut tetap memanjang dan mempertahankan postur yang tidak bungkuk.

5 dari 5 halaman

4. Pola Makan Buruk

Perut buncit setelah olahraga crunch dapat terjadi jika kamu tidak menjaga asupan makanan dengan disiplin. Hal itu karena crunch membentuk otot perut setelah kadar lemak di perut seimbang.

Olahraga dapat menyebabkan kamu merasa lapar sehingga memperbesar peluang makan secara berlebihan. Selain itu, olahraga dapat membuatmu minum terlalu banyak cairan.

Hal ini dapat memengaruhi pertambahan berat badanmu dan menyebabkan perut tetap buncit. Untuk mengatasinya, coba kontrol asupan makanan usai berolahraga.

Gerakan crunch berfungsi memperkuat otot di bawah lemak perut. Manfaat olahraga ini menjadi lebih optimal jika kamu dapat mempertahankan postur tubuh yang baik, melakukan aktivitas fisik yang membakar banyak kalori, serta menjaga asupan makanan dan minuman.

Jadi jika tujuan kamu ingin memiliki perut rata, cara yang paling efektif tetaplah membakar lemak dan menurunkan berat badan secara menyeluruh.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/9/2021)

Baca artikel seputar perut buncit lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer