Sukses


7 Manfaat Mengesankan Minum Kopi Hitam sebelum Olahraga

Bola.com, Jakarta - Kopi hitam bukan hanya sekadar minuman yang menyegarkan, tetapi juga dapat menjadi teman yang baik dalam rutinitas olahraga sehari-hari.

Dalam dunia yang penuh dengan minuman penambah energi, kopi hitam telah lama menjadi pilihan bagi mereka yang ingin meningkatkan performa olahraga mereka.

Kopi hitam, dengan kafein dan berbagai senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya, telah menarik perhatian banyak orang yang ingin meningkatkan performa olahraga mereka.

Tentu, olahraga yang teratur, pola makan sehat, dan istirahat yang cukup tetap menjadi faktor penting dalam mencapai kinerja olahraga yang optimal.

Namun, kopi hitam bisa menjadi tambahan yang menarik dalam mempersiapkan diri sebelum berolahraga. Ada beberapa manfaat dari kopi hitam yang bisa kamu dapatkan jika meminumnya sebelum melakukan olahraga.

Apa saja itu? Berikut manfaat mengesankan minum kopi hitam sebelum olahraga, dikutip dari Klikdokter, Rabu (6/12/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi Hitam sebelum Olahraga

1. Membakar Lebih Banyak Kalori

Ketika minum kopi sebelum olahraga, kamu tidak akan mudah lelah dan lebih jarang mengalami nyeri otot sehingga dapat melakukan olahraga lebih lama. Dengan demikian, kalori yang dibakar jadi lebih banyak.

2. Mengurangi Nyeri Otot

Kafein dapat mengurangi nyeri otot hingga 50 persen. Kafein dalam kopi dapat memengaruhi bagian otak yang mengatur rasa nyeri. Hal ini dapat mengurangi sensasi nyeri yang dirasakan saat berolahraga.

Inilah sebabnya pakar kesehatan olahraga lebih menyarankan atlet atau orang yang hobi berolahraga untuk minum kopi, dibandingkan minum minuman berenergi lainnya sebelum berolahraga.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi Hitam sebelum Olahraga

3. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Selain mengurangi nyeri otot, minum kopi dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh. Berkat hal tersebut, kamu jadi tidak mudah lelah ketika berolahraga. Dengan minum kopi, ini bisa membantu kamu untuk melakukan olahraga lebih lama dari biasanya.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kafein yang ada di dalam kopi ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kinerja fisik. 

Mengutip dari penelitian yang dipublikasikan oleh Nutrients, minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, hingga tingkat energi tubuh.

5. Peningkatan Metabolisme

Kafein dalam kopi hitam diketahui dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Ini dapat berkontribusi pada pembakaran lemak yang lebih efisien selama sesi latihan, yang bisa menguntungkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan definisi otot.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi Hitam sebelum Olahraga

5. Menambah Energi

Minum kopi sebelum olahraga juga dapat menambah energi. Kandungan kafein dalam kopi dapat menurunkan risiko kelelahan dan meningkatkan energi seseorang.

Pasalnya, kafein akan memblokir reseptor neurotransmitter adenosin dan meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang berfungsi untuk mengatur tingkat energi, termasuk dopamin.

6. Penurunan Persepsi Kelelahan

Kafein dalam kopi hitam dapat membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan fokus selama latihan. Ini bisa membuatmu merasa lebih terjaga dan mampu mengatasi ketegangan yang muncul selama berolahraga.

7. Peningkatan Performa Mental

Kafein juga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus mental, yang dapat membantu dalam menjalankan latihan dengan lebih efektif. Ini bisa membantu kamu merencanakan dan mengeksekusi rutinitas latihan dengan lebih baik.

 

Sumber: Klikdokter.com (2/11/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini. 

Video Populer

Foto Populer