Sukses


Macam-Macam Tips Anti Gagal saat Kencan Pertama

Bola.com, Jakarta - Kencan pertama sering kali menjadi momen yang dinantikan, tetapi juga penuh dengan ekspektasi dan kecemasan.

Punya janji kencan pertama memang bisa bikin kita susah fokus, bahkan sejak beberapa hari sebelumnya.

Bagaimana tidak, momen ini bisa jadi satu di antara langkah yang akan mengantar kamu ke babak baru kehidupan romantis.

Namun, dengan persiapan yang tepat dan beberapa tips yang teruji, kamu dapat mengatasi ketegangan dan menjalani kencan pertama dengan lebih percaya diri.

Dari mempersiapkan diri secara fisik hingga menyiapkan topik percakapan yang menarik, setiap tips yang disajikan dirancang untuk membantumu merasa lebih tenang dan percaya diri saat menjalani kencan pertama.

Kamu dapat menikmati momen tersebut tanpa tekanan berlebihan dan meningkatkan kesempatan untuk membangun hubungan yang positif dan berkelanjutan.

Berikut macam-macam tips anti gagal saat kencan pertama, disadur dari Klikdokter, Kamis (7/12/2023).

2 dari 5 halaman

Tips Anti Gagal saat Kencan Pertama

1. Kendalikan ekspektasi

Agar kencan pertama berjalan sukses, satu di antara tips yang harus kamu ingat dan lakukan adalah mengendalikan ekspektasi.

Idealnya, kencan pertama bertujuan untuk melihat apakah si dia orang yang tepat untukmu atau bukan. Jadi, tujuan akhirnya bukan untuk bersanding dengannya.

Selain itu, kamu harus membicarakan soal ekspektasi ini ke pasangan kencanmu. Apa tujuan mereka berkencan denganmu, apakah hanya untuk mencari teman baru atau memang ingin menjalin hubungan romantis.

Kamu juga perlu menjelaskan apa yang menjadi ekspektasimu, sekaligus menetapkan batasan-batasan. Namun, jangan menuntutnya untuk segera memulai hubungan serius mengingat ini adalah kencan pertama.

Membicarakan hal ini bisa menghindarkan kamu dari kekecewaan akibat kencan yang mungkin saja tidak berjalan sesuai rencana.

3 dari 5 halaman

Tips Anti Gagal saat Kencan Pertama

2. Antusias dan Memperhatikan

Bersikap pasif saat kencan pertama bisa membuat pasangan kencanmu bosan atau bahkan menganggap kamu tidak tertarik kepadanya. Maka itu, pastikan bukan hanya dia yang berbicara, melainkan kamu juga aktif dalam pembicaraan.

Kalau kamu tipe orang yang malu atau sulit menemukan topik pembicaraan, kamu bisa mempersiapkannya terlebih dulu.

Ketika ngobrol dengan pasangan, hindari juga mengecek mengecek ponsel, kecuali itu sangat penting. 

Mengecek ponsel, scrolling media sosial, atau memusatkan perhatian di ponsel bisa memberikan sinyal bahwa kamu tidak tertarik kepadanya dan merusak jalannya kencan.

Jika itu memang sesuatu yang penting, jangan lupa untuk menginformasikan serta meminta waktu kepadanya untuk kamu bisa memeriksa ponsel.

3. Jaga kesehatan

Orang kadang terlalu sibuk memperhatikan hal-hal yang tampak saat merencanakan kencan pertama; topik pembicaraan, baju yang akan dipakai, hingga lokasi. Namun, melupakan satu hal yang amat penting, yaitu kesehatan diri sendiri.

Satu di antara penyakit yang paling umum terjadi dan merusak rencana adalah flu. Meski kelihatan sepele, ini bisa merusak momen penting kamu ketika kencan pertama kali.

Apalagi, gejala flu, seperti bersin-bersin, sakit kepala, dan batuk berdahak, bisa bertahan lumayan lama sekalipun virusnya sudah hilang.

Harus berkencan tapi bersin-bersin dan hidung mampet di sepanjang pertemuan bukanlah saat yang tepat untuk membangun hubungan.

4 dari 5 halaman

Tips Anti Gagal saat Kencan Pertama

4. Bersikap Positif

Bayangkan perasaanmu saat dikelilingi oleh orang yang hanya membawa aura negatif. Tentu tidak menyenangkan.

Agar kencan pertama kali berjalan sukses dan berkesan mendalam, pastikan kamu bersikap positif. Cobalah untuk melihat sisi positif dalam berbagai hal saat berkencan.

Sebaiknya, jangan terburu-buru menilai pasangan kencanmu dari apa yang tampak di luar. Kesan pertama dalam hubungan memang sangat penting, tetapi mengambil kesimpulan dari kesan pertama bisa jadi kurang tepat.

Berusahalah untuk berpikir positif dan terlibat aktif dalam pembicaraan. Hindari berfokus pada hal-hal yang menurutmu menjadi kekurangan.

Selain itu, jangan pula terlalu mengkhawatirkan penilaiannya tentangmu ataupun hubungan yang mungkin kandas setelah kencan ini.

Ini bisa membuat kepercayaan dirimu turun, cemas, hingga akhirnya memengaruhi sikapmu selama kencan.

Jalani dengan santai apa yang ada di depanmu saat ini tanpa sibuk berandai-andai atau berpikir "bagaimana jika". Dengan begitu kamu juga bisa benar-benar mengenal pasangan kencanmu dengan lebih baik. 

5 dari 5 halaman

Tips Anti Gagal saat Kencan Pertama

5. Pilih Tempat yang Aman

Tempat kencan tentu jadi satu di antara hal krusial yang perlu dipertimbangkan masak-masak. Apalagi kalau kamu dan si dia bertemu lewat online dating.

Bukan cuma soal suasana, memilih tempat yang tepat juga bisa menjamin keamanan dan keselamatan kamu. Kalau kamu merasa aman, kencan juga bisa berjalan lebih menyenangkan.

Mengutip dari Everyday Health, Paige Rechtman—seorang psikoterapis dari New York—mengatakan, cobalah untuk berkomunikasi lewat telepon atau media virtual lainnya, terutama kalau kamu bertemu dengan calon pasanganmu di aplikasi kencan online.

Dari sana, kamu akan bisa menilai, apakah kamu nyaman berbicara dengannya dan mungkin mendapatkan sedikit gambaran tentang seperti apa dirinya.

Kalau merasa cukup aman, pilihlah lokasi yang santai seperti mengajak makan siang atau minum kopi di kafe. Tips penting yang wajib kamu ingat saat baru mau mulai kencan adalah selalu pilih tempat umum. Hindari mengiyakan ajakan di tempat privat atau daerah yang asing untukmu.

Lalu, gunakan juga pakaian yang nyaman, tetapi tetap menarik, yang menggambarkan kepribadianmu. Dengan begitu, kamu tetap memberikan kesan padanya bahwa ini adalah acara yang penting tanpa berlebihan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Penulis: Rena Widyawinata. Published: 16/11/2023)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer