Sukses


Macam-Macam Gejala Stroke Ringan yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Stroke, sebuah kondisi medis serius yang terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu, bisa memiliki gejala yang tidak selalu mudah dikenali pada tahap awal.

Namun, penting bagi kita untuk memahami tanda-tanda dan gejala awal stroke ringan yang perlu diwaspadai.

Mengidentifikasi gejala ini dengan cepat bisa menjadi langkah awal yang vital dalam mencegah kerusakan otak yang lebih serius.

Ada berbagai macam gejala stroke ringan yang sering terjadi kepada seseorang. Dari pandangan kabur hingga kebingungan sakit kepala, gejala-gejala ini sering kali diabaikan atau dianggap remeh.

Dengan memahami gejala dan langkah pencegahan, diharapkan seseorang akan lebih siap dan sadar akan pentingnya merespons dengan cepat setiap gejala yang muncul.

Berikut macam-macam gejala stroke ringan yang perlu diwaspadai, disadur dari Klikdokter, Minggu (10/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gejala Stroke Ringan yang Perlu Diwaspadai

1. Pandangan Kabur

Bila kerusakan saraf terjadi pada bagian otak yang bertanggung jawab terhadap organ penglihatan maka tanda stroke ringan akan membuat pandangan menjadi lebih kabur.

Keluhan atau gejala ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan bisa bersifat permanen atau sementara.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menjadi awal gejala stroke ringan. Pecahnya pembuluh darah akan menyebabkan peningkatan volume otak, hingga akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan di tengkorak.

Hanya, sakit kepala menjadi keluhan yang umum terjadi. Oleh karenanya, kamu perlu berhati-hati saat mengalami gejala yang satu ini.

3 dari 4 halaman

Gejala Stroke Ringan yang Perlu Diwaspadai

3. Kesulitan Berjalan

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, kesulitan berjalan secara tiba-tiba dapat menjadi satu di antara tanda stroke ringan.

Ini dapat disertai dengan keluhan pusing, kehilangan keseimbangan, atau kurang koordinasi tubuh. 

4. Kesulitan Berbicara

Gejala stroke ringan pada wanita dan pria bisa menyerang bagian otak tertentu. Satu di antaranya adalah bagian otak yang berkaitan dengan saraf lidah untuk berbicara.

Lantaran kelumpuhan saraf lidah maka lidah akan condong ke salah satu sisi. Hal ini dapat membuatmu kesulitan untuk mengucapkan kata-kata.

Seseorang yang mengalami gangguan ini akan menunjukkan gejala gangguan berbicara atau bicara pelo.

4 dari 4 halaman

Gejala Stroke Ringan yang Perlu Diwaspadai

5. Melemahnya Otot

Seseorang yang terkena stroke sering kali mengalami kelemahan otot di satu di antaranya sisi tubuh. Kondisi ini bisa memengaruhi wajah, lengan, atau kaki di satu sisi tubuh.

6. Kesemutan

Penyumbatan pembuluh darah pada stroke dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak manapun. Kondisi ini tentu bisa menimbulkan gejala yang bervariasi.

Satu di antaranya gejala stroke ringan di usia muda yang sering dikeluhkan adalah kesemutan atau mati rasa. Umumnya, ini lebih sering dialami pada pasien diabetes dan tekanan darah tinggi. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/11/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer