Sukses


8 Cara Ampuh Menyembuhkan Flu di Masa Pancaroba

Bola.com, Jakarta - Masa pancaroba sering kali menjadi periode transisi yang membingungkan bagi kesehatan kita. Pada masa ini, fluktuasi cuaca dan perubahan suhu dapat membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk flu.

Flu adalah satu di antara penyakit yang paling umum terjadi di masa perubahan musim. Gejalanya, seperti demam, pilek, batuk, dan nyeri otot.

Kondisi tersebut sering kali membuat kita merasa tidak nyaman dan melemahkan daya tahan tubuh.

Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, kita dapat mengurangi intensitas gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

Ada beberapa cara penyembuhan yang dapat dilakukan, dari pola hidup sehat yang mendukung sistem kekebalan tubuh, konsumsi makanan bernutrisi, hingga teknik perawatan mandiri yang efektif.

BerikutĀ delapan cara ampuh menyembuhkan flu di masa pancaroba, disadur dariĀ Klikdokter, Rabu (13/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu di Masa Pancaroba

1. Kumur Air Garam

Saat flu, kamu juga mungkin mengalami sakit tenggorokan. Satu di antara cara untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat flu adalah dengan berkumur air garam.

Bukan cuma untuk meredakan sakit tenggorokan, berkumur air garam juga membantu menghilangkan dahak.

Untuk berkumur air garam, kamu perlu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan mendongakkan kepala selama 10-30 detik.

Kamu bisa mengulanginya sebanyak 2-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Banyak Istirahat

Satu di antara cara menghilangkan flu dengan cepat adalah banyak beristirahat. Sebab, dengan beristirahat, tubuh punya waktu untuk memperbaiki sistem imun. Sistem imun inilah yang nantinya akan membantu melawan virusĀ penyebab influenza.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu di Masa Pancaroba

3. Menghirup Uap Hangat

Untuk menghilangkan gejala flu dengan cepat,Ā satu di antara cara yang bisa kamu pakai adalah menghirup uap hangat.

Kamu bisa menghirup uap hangat dari mandi air hangat, sauna, atau sesederhana menggunakan baskom berisi air hangat dan menghirup uapnya.

Cara ini bisa membantu melegakan hidung tersumbat, batuk berdahak, dan meredakan sakit tenggorokan.

4. Makan Makanan Bergizi

Saat flu, sering kali kita jadi tidak nafsu makan. Namun, saat kamu makan, pastikan kamu makan makanan yang bergizi.

Makan makanan yang bergizi adalah satu di antara cara menghilangkan flu dengan lebih cepat. Sebab, nutrisi yang baik dapat membantu meningkatkan sistem imun untuk melawan penyakit.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk flu, antara lainĀ buah yang mengandung vitamin C, daging ayam tanpa kulit, dan sayuran hijau (brokoli, bayam, dan kale).

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu di Masa Pancaroba

5. Menyalakan Humidifier

Virus juga biasanya lebih mudah menyebar di udara yang kering. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyalakanĀ humidifierĀ saat sedang flu.

Selain itu, udara yang lembap jadi satu di antara cara ampuh untuk melegakan hidung tersumbat danĀ batuk berdahakĀ akibat flu.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat sedang flu, pastikan kamu jangan sampai kekurangan cairan. Jadi, kamu harus minum yang cukup, minimal delapan gelas air per hari atau setara dengan 1,5 liter air.

Bukan cuma air putih, kamu juga mengonsumsi sup kaldu, makanan, atau buah yang mengandung air untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Saat tubuh terhidrasi dengan baik, dahak yang ada di saluran pernapasan bisa lebih encer sehingga mudah dikeluarkan.

Selain itu, cara ini bisa melegakanĀ pilekĀ atau hidung tersumbat karena flu. Ditambah lagi, sup kaldu juga mengandung protein dan mineral. Jadi, tidak cuma menjaga hidrasi, sup kaldu juga dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus flu.

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu di Masa Pancaroba

7. Minum Obat Flu

Kalau kamu butuh cara yang cepat untuk menghilangkan gejala flu, minum obat flu adalah jawabannya. Sebenarnya, infeksi virus influenza dapat hilang dengan sendirinya. Namun, gejalanya yang ditinggalkan bisa berlangsung lama, sekalipun virusnya sudah hilang dari tubuh.

Maka itu, sebaiknya kamu minum obat untuk mengatasi gejala flu yang tinggal. Untuk mengobati gejala flu, obat yang ampuh adalah yang mengandungĀ paracetamol,Ā guaifenesin,Ā bromhexine HCl,Ā chlorphenamine maleate, dan pseudoefedrin HCl.

8. Menghindari Asap Rokok

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnalĀ PathogensĀ menyebutkan bahwa paparan asap rokok bisa memperburuk infeksi pernapasan yang terjadi dalam hal ini virus.

Maka itu, kamu sebaiknya menghindari asap rokok saat sedang flu. Asap rokok dapat memperburuk peradangan yang terjadi di saluran napas sehingga gejala flu mungkin tidak kunjung hilang.

Ā 

Disadur dari:Ā Klikdokter.com (Penulis: Rena Widyawinata. Published: 24/11/2023)

Yuk, baca artikelĀ cara lainnya dengan mengklikĀ tautan ini.

Video Populer

Foto Populer