Sukses


Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Tenggorokan yang terasa sakit dan tidak nyaman saat menelan adalah masalah umum yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Ada berbagai faktor penyebab tenggorokan sakit saat menelan, dari infeksi tenggorokan, radang, hingga iritasi yang mungkin disebabkan oleh faktor lingkungan atau kebiasaan sehari-hari.

Penyebab seperti infeksi virus atau bakteri, reflux asam lambung, atau iritasi akibat rokok adalah beberapa di antaranya.

Tenggorokan yang terasa sakit atau nyeri saat menelan dapat menjadi penghambat dalam aktivitas sehari-hari, seperti makan, minum, berbicara, dan sebagainya.

Itulah mengapa, memahami penyebab di balik ketaknyamanan ini penting agar kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut penyebab tenggorokan sakit saat menelan dan cara mengatasinya, disadur dari Klikdokter, Minggu (17/12/2023).

2 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan

1. Radang Amandel

Tonsilitis atau radang amandel bisa membuat kamu mengalami nyeri tenggorokan saat menelan. Radang tenggorokan akibat virus atau bakteri bisa menyebabkan radang amandel. 

Tak hanya terasa sakit saat menelan, radang amandel juga ditandai dengan gejala amandel bengkak, adanya bintik putih atau kuning pada amandel, bau mulut, dan demam.

2. Infeksi Jamur

Adanya infeksi jamur di tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat menelan. Pertumbuhan jamur di tubuh bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melemah. 

Infeksi jamur ini juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti adanya bercak putih di lidah, kemerahan di sudut mulut, hingga menurunnya indra perasa. 

3 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

3. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan menjadi satu di antara penyebab paling umum dari munculnya rasa sakit saat menelan. Peradangan ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus. 

Selain menimbulkan gejala sakit tenggorokan, gangguan kesehatan yang satu ini juga ditandai dengan bagian amandel yang bengkak di satu atau kedua sisi leher, nyeri di langit-langit mulut, demam, serta bercak putih pada amandel. 

4. Tenggorokan Luka

Luka di tenggorokan bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan saat menelan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas. Makanan yang terlalu tajam seperti kerupuk juga bisa menimbulkan luka di tenggorokan. 

Maka itu, usahakan untuk mengunyah makanan sampai halus agar mencegah terjadinya luka.

4 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

5. GERD

Ternyata, gastroesophageal reflux disease atau GERD bisa menjadi satu di antara penyebab tenggorokan sakit saat menelan. Ketika asam lambung kembali naik ke kerongkongan, ini bisa menimbulkan sensasi terbakar di dada (heartburn) dan sakit tenggorokan. 

6. Kanker 

Tenggorokan sakit saat menelan sebelah kanan atau kiri bisa menjadi gejala kanker tenggorokan atau kanker kerongkongan. Apalagi, jika keluhan ini tidak kunjung membaik dan dialami selama beberapa waktu. 

Dirasakannya tenggorokan sakit saat menelan sebelah kiri atau kanan menelan mungkin terjadi karena pertumbuhan tumor dan saluran tenggorokan atau kerongkongan yang makin menyempit.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit

Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit saat Menelan

Sakit tenggorokan saat menelan tentu terasa sangat mengganggu. Oleh karenanya, kamu bisa melakukan beberapa cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan. 

Dilansir dari National Health Service UK, cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan seperti: 

  • minum banyak air.
  • berkumur dengan air hangat yang telah dicampur garam.
  • mencoba makan makanan lunak untuk menghindari timbulnya luka di tenggorokan.
  • mengatur pola makan sehat.
  • konsumsi obat untuk mengurangi asam lambung.

Bila rasa nyeri saat menelan tak kunjung sembuh dan makin parah, segera cari perawatan medis untuk mendapatkan obat tenggorokan sakit saat menelan atau cara menyembuhkan tenggorokan sakit saat menelan yang tepat. 

Apalagi jika gejalanya disertai dengan pembengkakan di tenggorokan, sulit bernapas, dan sulit membuka mulut. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Penulis: Siti Putri Nurmayani. Published: 25/9/2022)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer