Sukses


9 Hadis tentang Istikamah yang Perlu Diteladani

Bola.com, Jakarta - Istikamah dalam Islam merujuk pada konsep keteguhan, konsistensi, dan kesetiaan seseorang terhadap ajaran-ajaran agama. Istikamah memiliki makna penting dalam konteks kehidupan seorang muslim.

Beberapa aspek istikamah yang sering ditekankan dalam Islam melibatkan keteguhan dalam ketaatan kepada Allah, kesetiaan terhadap prinsip-prinsip agama, dan konsistensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: 'Tuhan kami adalah Allah' kemudian mereka istikamah (meneguhkan pendirian), maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): 'Janganlah kamu takut dan janganlah kamu bersedih hati dan bergembiralah kamu dengan surga yang telah dijanjikan kepadamu'." (QS. Al Fussilat: 30)

Jadi, istikamah adalah konsep penting dalam Islam dan banyak hadis Nabi Muhammad saw. mengajarkan umatnya untuk selalu berpegang teguh pada hal tersebut.

Dengan menjalankan istikamah, seorang muslim diharapkan dapat mencapai keberhasilan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Bisa dibilang, istikamah adalah satu di antara kunci menuju rida Allah Swt. dan keselamatan abadi.

Berikut sembilan hadis tentang istikamah yang penting diteladani umat muslim, Senin (18/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Istikamah

Hadis tentang Istikamah (1)

"Sesungguhnya Allah Swt. mencintai hamba-Nya yang istikamah dalam segala hal. Ketika ia melakukan suatu amal, ia melakukannya dengan ikhlas dan konsisten. Allah pun akan memberikan keberkahan-Nya kepada hamba tersebut dan mengarahkannya ke jalan yang lurus." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Istikamah (2)

"Istikamahlah dan hendaklah engkau perbaiki akhlakmu kepada manusia." (HR. Al Hakim, Ibnu Hibban)

Hadis tentang Istikamah (3)

"Orang yang paling dicintai oleh Allah dan paling dekat dengan-Nya adalah orang yang paling istikamah dalam ibadahnya." (HR. Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Istikamah

Hadis tentang Istikamah (4)

"Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya yang istikamah dalam salatnya, baik yang dilakukan di waktu yang sulit maupun yang mudah." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Istikamah (5)

"Barang siapa yang meninggal dalam keadaan istikamah maka dia akan masuk surga." (HR. Muslim)

Hadis tentang Istikamah (6)

"Iman seorang hamba tidak akan istikamah sehingga hatinya istikamah. Dan hati seorang hamba tidak akan istikamah sehingga lisannya istikamah. Dan orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatan-kejahatannya, tidak akan masuk surga." (HR. Ahmad)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Istikamah

Hadis tentang Istikamah (7)

"Jika anak Adam memasuki pagi hari sesungguhnya semua anggota badannya berkata merendah kepada lisan: Takwalah kepada Allah di dalam menjaga hak-hak kami, sesungguhnya kami ini tergantung kepadamu. Jika engkau istikamah maka kami juga istikamah, jika engkau menyimpang (dari jalan petunjuk), kami juga menyimpang." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Istikamah (8)

"Istikamahlah dan kalian tidaklah akan mampu (untuk istikamah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istikamah)." (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Hadis tentang Istikamah (9)

"Wahai Rasulullah, katakan kepadaku di dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun setelah Anda! Rasulullah menjawab: Katakanlah, ‘aku beriman’, lalu beristikamahlah." (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer