Sukses


7 Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta yang Dapat Dipanjatkan

Bola.com, Jakarta - Mendoakan ibu menjadi satu di antara cara untuk menghormati dan menghargai peran penting seorang ibu dalam kehidupan kita.

Ini dapat memperkuat ikatan emosional antara anak dan ibu, serta mengungkapkan rasa terima kasih atas segala pengorbanan dan cinta yang telah diberikan.

Dalam mendoakan ibu, kita berharap agar beliau diberikan keberkahan dan kebahagiaan. Sebab, ibu adalah sosok yang telah melahirkan, membesarkan, dan mencintai kita dengan tulus.

Pada hakikatnya, doa dapat menjadi sarana untuk memohon kebaikan bagi ibu kita. Selain itu, berdoa untuk ibu tercinta merupakan tindakan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Nah, sebagai seorang anak, mendoakan ibu adalah hal yang sepatutnya dilakukan.

Ada banyak doa untuk ibu tercinta yang dapat dibaca, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal.

Berikut tujuh bacaan doa untuk ibu tercinta, dikutip dari laman Doaharianislami dan Saintif, Rabu (20/12/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (1)

"Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā."

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (2)

"Rabbighfir lī wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānī shaghīran, waghfir lil mu’minīna wal mu’mināti, wal muslimīna wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti."

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat.”

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (3)

"Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar."

Artinya: “Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Kalau yang sudah meninggal adalah ibu (perempuan), maka lafadz 'hu' diganti menjadi 'ha' (Allahummagh fir Laha).

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (4)

"Allahumma as’ad ummi kamaa as’adatni kabiira."

Artinya: "Ya Allah, gembirakanlah ibuku sebagaimana ibuku sangat-sangat menggembirakan aku."

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (5)

"Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba'sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama."

Artinya: "Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Mahamenyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (6)

"Allahugahfirlahaa warkhamhaa wa'aafihaa wa'fu 'anhaa yaa rabbal'aalamiin."

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah rahmat yang luas kepadanya (arwah ahli kubur) dengan berkat Al-Qur'an yang agung, ampunilah ia dengan ampunan yang luas, wahai Penguasa dunia dan akhirat, Tuhan sekalian alam."

Bacaan Doa untuk Ibu Tercinta (7)

"Allahumma taqobbal min ummi a’maaluha soghiiraha wa kabiiraha."

Artinya: "Ya Allah, terimalah segala amalan ibuku sekecil-kecilnya dan sebesar-besarnya."

 

Sumber: Doaharianislami, Saintif

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer