Sukses


7 Hadis tentang Malam Lailatulqadar yang Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Malam lailatulqadar adalah malam yang terjadi pada bulan Ramadan, tepatnya pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Dalam agama Islam, malam lailatulqadar adalah malam yang sangat istimewa, di mana Allah Swt. menurunkan wahyu (Al-Qur'an) kepada Nabi Muhammad saw.

Malam lailatulqadar juga dianggap lebih baik dari seribu bulan. Maka itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. di malam lailatulqadar .

Itulah mengapa, dianjurkan bagi umat muslim untuk memanfaatkan malam lailatulqadar dengan sebaik-baiknya dan penuh keikhlasan.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al-Qadr: 1-5)

Di sisi lain, banyak hadis yang menjelaskan kemuliaan malam lailatulqadar.

Berikut tujuh hadis tentang malam lailatulqadar yang penting diketahui umat muslim, Kamis (28/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Malam Lailatulqadar

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (1)

"Rasulullah saw. mengabarkan kepada kami tentang lailatulqadar, beliau bersabda: dia (lailatulqadar) di bulan Ramadan di puluhan yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadan. Barang siapa bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap rida Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (2)

"Carilah olehmu sekalian lailatulqadar itu pada witir 10 terakhir di bulan Ramadan." (HR. Bukhori)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Malam Lailatulqadar

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (3)

"Dari Ibnu 'Umar: Rasulullah saw. bersabda barang siapa yang ingin mengintai malam lailatulqadar hendaklah ia mengintai pada malam 27." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (4)

"Saya bertanya kepada Rasulullh saw.: Bagaimana jika saya dapat mengetahui malam lailatulqadar itu, apakah yang baik saya katakan pada malam itu? Jawab beliau: Katakanlah olehmu: 'Ya Allah sesungguhnya Engkau pengampun, suka mengampuni kesalahan maka ampunilah kiranya kesalahanku'." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (5)

"Pagi hari malam lailatulqadar, matahari terbit tidak menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Malam Lailatulqadar

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (6)

"Carilah lailatulqadar pada 10 hari yang terakhir dari bulan Ramadan. Bila salah seorang di antara kamu merasakan lemah atau lelah maka jangan kamu kalah dalam mencarinya pada tujuh malam terakhir (bulan Ramadan)." (HR. Muslim)

Hadis tentang Malam Lailatulqadar (7)

"Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam lailatulqadar dengan iman dan ikhlas maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadan, dengan iman dan ikhlas maka diampuni dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhori, Muslim)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer