Sukses


40 Arti Singkatan Bahasa Inggris di Media Sosial

Bola.com, Jakarta - Penggunaan singkatan dalam bahasa Inggris yang sering muncul di media sosial terkadang membuat kebingungan bagi banyak orang.

Kamu mungkin merasa bingung ketika melihat seseorang menulis "CMIIW" setelah menyanggah suatu pendapat di kolom komentar.

Kehadiran tulisan tersebut di platform media sosial terkadang menuntut penggunanya untuk selalu mengikuti perkembangan arti singkatan bahasa Inggris semacam itu.

Ketakpahaman terhadap arti singkatan tersebut bisa menghambat komunikasi. Apa lagi jika singkatan itu digunakan dalam percakapan pribadi, akan terasa aneh jika kita terus bertanya-tanya mengenai arti singkatan tersebut.

Banyak orang menggunakan singkatan tertentu karena menganggapnya sebagai istilah yang sudah umum.

Bagi yang belum familier dengan singkatan tersebut, kamu bisa melihat penjelasan mengenai berbagai arti singkatan bahasa Inggris tersebut, di bawah ini.

Berikut 40 arti singkatan bahasa Inggris di media sosial, disadur dari Kapanlagi, Rabu (10/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Arti Singkatan Bahasa Inggris di Media Sosial

1. AFK

AFK merupakan singkatan dari away from keyboard, yang memiliki arti "jauh dari keyboard". Singkatan ini sering digunakan saat seseorang online, dan ingin menginformasikan bahwa untuk sementara waktu dia tidak akan menjawab pesan karena sedang jauh dari keyboard atau jauh dari komputer.

2. AFAIK

AFAIK merupakan singkatan dari as far as i know. Singkatan tersebut memiliki arti "sejauh yang aku ketahui". Singkatan ini biasanya digunakan saat kita ingin berbagi informasi sebatas informasi yang kita ketahui saja.

3. ANW

ANW merupakan singkatan dari anyway, yang memiliki arti "omong-omong" atau "bagaimanapun". Singkatan ini sangat umum digunakan saat kita memulai pembicaraan atau mengalihkan pembicaraan dari satu topik ke topik lainnya.

4. AKA

AKA merupakan singkatan dari as know as, yang memiliki arti "seperti yang diketahui". Singkatan ini memiliki makna yang mirip dengan AFAIK.

5. ASAP

ASAP merupakan singkatan dari as soon as possible, yang memiliki arti "secepatnya". Seperti artinya, singkatan ini biasanya digunakan untuk saat kita meminta sesuatu terhadap orang lain dan berharap hal itu dapat dikerjakan segera.

6. B/c

B/c merupakan singkatan dari because, yang artinya "karena".

7. BF

BF merupakan singkatan dari boyfriend, yang artinya "pacar laki-laki".

8. BRB

BRB merupakan singkatan dari be right back, yang memiliki arti "segera kembali". Saat kita ingin menginformasikan bahwa kita akan izin sebentar dan segera kembali dalam pembicaraan, kita dapat menggunakan singkatan ini.

3 dari 5 halaman

Arti Singkatan Bahasa Inggris di Media Sosial

9. BTW

BTW merupakan singkatan dari by the way, yang memiliki arti "omong-omong". Penggunaan singkatan ini mirip dengan ANW.

10. COD

COD merupakan singkatan dari cash on delivery, yang memiliki arti "bayar di tempat". Jika kamu sering menggunakan fasilitas belanja online, tentu akan familier dengan singkatan COD ini di mana konsumen bisa melakukan pembelian barang secara online, dan baru melakukan pembayaran setelah barangnya diterima.

11. CMIIW

CMIIW merupakan singkatan dari correct me if I’m wrong, yang memiliki arti "koreksi jika saya salah". Lantaran jika ditulis akan sangat panjang dan memakan waktu, banyak orang yang menggunakan singkatan ini saat ingin mengonfirmasi suatu hal kepada orang lain.

12. CYA

CYA merupakan singkatan dari see you again, artinya "sampai jumpa lagi".

13. DIY

DIY merupakan singkatan dari do it yourself, yang memiliki arti "lakukan sendiri". Singkatan ini sering digunakan saat seseorang menyebutkan bahwa kerajinan atau hasil karya yang ia miliki adalah buatan sendiri.

14. DM

DM merupakan singkatan dari direct message, yang memiliki arti "pesan langsung". Saat kita berada pada grup diskusi dan ingin menginformasikan hal tertentu kepada seseorang secara spesifik maka dapat menggunakan singkatan ini.

15. FGD

FGD merupakan singkatan dari focus group discussion, yang memiliki arti "fokus diskusi kelompok". Singkatan ini umum digunakan pada kegiatan organisasi, saat ingin membahas suatu topik tertentu dalam sebuah grup diskusi.

16. FU/F-Up

FU/F-Up merupakan singkatan dari follow up, yang memiliki arti "menindaklanjuti". Singkatan ini digunakan saat membahas suatu hal yang belum selesai dan perlu ditindaklanjuti kembali.

4 dari 5 halaman

Arti Singkatan Bahasa Inggris di Media Sosial

17. FYI

FYI merupakan singkatan dari for your information, yang memiliki arti sebagai informasi. Singkatan ini sangat sering digunakan di awal kalimat untuk memberikan informasi tertentu.

18. FYP

FYP merupakan singkatan dari for your page, yang memiliki arti untuk "halaman Anda". Singkatan ini populer bagi pengguna sosial media TikTok, untuk merujuk pada halaman beranda di akun Tik Tok yang menunjukkan deretan video yang sedang populer.

19. GWS

GWS merupakan singkatan dari get well soon, yang memiliki arti "semoga segera sembuh". Seharusnya kamu tidak merasa asing lagi dengan singkatan ini karena sering sekali digunakan saat melakukan pembicaraan tentang kondisi kesehatan seseorang.

20. IDK

IDK merupakan singkatan dari i don't know, yang memiliki arti "saya tidak tahu". Sama seperti artinya, kamu dapat menggunakan singkatan ini jika ada yang bertanya dan kamu tidak mengetahui jawabannya.

21. IKR

IKR merupakan singkatan dari i know, right? artinya "aku tahu".

22. IMO

IMO merupakan singkatan dari in my opinion, yang memiliki arti "menurut pendapat saya". Kamu dapat menggunakan singkatan ini saat ingin menyampaikan pendapatmu.

23. IRL

IRL merupakan singkatan dari in real life, yang memiliki arti "dalam kehidupan nyata". Singkatan ini populer di dunia maya, saat seseorang sedang memberikan komentar di sosial media.

24. IYKWIM

IYKWIM merupakan singkatan darii If You Know What I Mean, artinya "kalau kamu tahu maksudku".

5 dari 5 halaman

Arti Singkatan Bahasa Inggris di Media Sosial

25. J/K

J/K merupakan singkatan dari just kidding, artinya "cuma bercanda".

26. KEPO

KEPO merupakan singkatan dari knowing every particular object, yang memiliki arti "mengetahui setiap objek tertentu". Singkatan ini sering digunakan untuk menyebut seseorang yang serba ingin mengetahui detail informasi orang lain.

27. KPI

KPI merupakan singkatan dari key performance index, yang memiliki arti "indeks kinerja utama". Singkatan KPI sangat umum ditemui di dunia kerja untuk menentukan perkembangan yang terjadi melalui sebuah indeks yang terukur.

28. LMAO

LMAO merupakan singkatan dari laughing my ass off, yang memiliki arti "tertawa terbahak-bahak". Selain dapat menggunakan emoticon orang yang tertawa, kamu juga dapat menggunakan singkatan ini saat merespons sesuatu yang lucu.

29. LOL

LOL merupakan singkatan dari laugh out loud, yang memiliki arti "tertawa terbahak-bahak". Singkatan ini memiliki fungsi yang sama dengan LMAO, dan secara umum lebih sering digunakan.

30. MoM

MoM merupakan singkatan dari minutes of meeting, yang memiliki arti "catatan rapat atau notulen rapat". Singkatan ini sering digunakan di dunia kerja, karena umumnya setiap rapat pasti akan memiliki MoM yang digunakan oleh seluruh peserta rapat.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Anik Setiyaningrum. Published: 11/10/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer