Sukses


9 Hadis tentang Menghina Orang Lain yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Menghina orang lain merupakan satu di antara tindakan yang dilarang dan tidak dianjurkan dalam pandangan Islam.

Selain itu, menghina orang lain bertentangan dengan nilai-nilai Islam yang mendorong persaudaraan, toleransi, dan sikap saling menghormati.

Islam mengajarkan umatnya untuk menghormati dan menghargai semua orang, baik muslim maupun non-muslim.

Tindakan ini dianggap sebagai perbuatan buruk yang dapat merusak hubungan antarsesama manusia dan melanggar hak asasi manusia. Sikap menghina orang lain juga dianggap sebagai tindakan yang dapat menghancurkan hubungan dengan Allah Swt.

Perlu diketahui, Allah Swt. mencintai hamba-Nya yang bersikap rendah hati dan menghindari sikap sombong serta menghina orang lain.

Sebagai umat muslim, kita harus berusaha untuk selalu menjaga sikap hormat dan menghargai semua orang, serta berbuat baik kepada mereka tanpa memandang suku, agama, ras, atau status sosial.

Hal ini senada pada ajaran dan teladan Rasulullah saw. lewat beberapa hadis. Hadis tentang menghinda orang lain tersebut penting untuk dipahami umat muslim.

Berikut sembilan hadis tentang menghina orang lain yang perlu dipahami umat muslim, Selasa (16/1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Menghina Orang Lain

Hadis tentang Menghina Orang Lain (1)

"Apabila ada dua orang yang saling mencaci-maki maka cacian yang diucapkan oleh keduanya itu, dosanya akan ditanggung oleh orang yang memulai, selama orang yang dizalimi itu tidak melampaui batas." (HR. Muslim, Abu Dawud)

Hadis tentang Menghina Orang Lain (2)

"Itu perbuatan buruk, terdapat hukuman takzir (hukuman yang kadarnya tidak ditentukan secara baku oleh syariat), tapi tidak ada hukuman had (hukuman baku yang telah ditentutan kadarnya oleh syariat) untuknya." (HR. Al Baihaqi)

Hadis tentang Menghina Orang Lain (3)

"Janganlah engkau mencela ayam jantan karena sesungguhnya ayam jantan itu yang membangunkan kalian salat." (HR. Abu Dawud)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Menghina Orang Lain

Hadis tentang Menghina Orang Lain (4)

"Sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremehkan manusia." (HR. Muslim)

Hadis tentang Menghina Orang Lain (5)

"Barang siapa memuliakan pemimpin di dunia maka Allah akan memuliakannya di akhirat. Namun, barang siapa merendahkan (menghina) pemimpin  di dunia maka Allah akan merendahkannya di akhirat. (HR. Al Tirmidzi)

Hadis tentang Menghina Orang Lain (6)

"Aku meniru-niru (kekurangan/cacat) seseorang pada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau berkata, 'Saya tidak suka meniru-niru (kekurangan/cacat) seseorang walaupun saya mendapatkan sekian dan sekian'." (HR. Abu Dawud)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Menghina Orang Lain

Hadis tentang Menghina Orang Lain (7)

"Setiap muslim atas muslim lain adalah haram darah, harta, dan kehormatannya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Menghina Orang Lain (8)

"Cukuplah seseorang berbuat keburukan jika dia merendahkan saudaranya sesama muslim." (HR. Muslim)

Hadis tentang Menghina Orang Lain (9)

"Ada enam golongan manusia yang Allah, aku, dan para nabi melaknat mereka, yaitu orang yang menambah-nambah sesuatu dalam agama Allah, orang yang mendustakan takdir Allah, orang yang diberi kekuasaan lalu menghina orang yang Allah muliakan dan memuliakan orang yang Allah hinakan, orang yang meninggalkan sunahku, serta orang yang menghalalkan apa yang Allah haramkan dan mengharamkan apa yang Allah halalkan." (HR. Al Tirmidzi)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer