Sukses


9 Hadis tentang Kurban yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta Kurban adalah satu di antara ibadah yang dilakukan oleh umat muslim pada Hari Raya Iduladha.

Kurban dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah Swt. mengikuti jejak Nabi Ibrahim a.s. yang siap untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail a.s. sebagai tanda kesetiaan dan ketaatan kepada-Nya.

Kurban dilakukan dengan menyembelih hewan ternak, seperti sapi, kambing, atau domba yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat, tidak cacat, dan sudah mencapai usia tertentu. Sembelihan dilakukan dengan menyebut nama Allah Swt. dan niat untuk kurban yang ikhlas semata-mata karena-Nya.

"Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka salatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban." (QS. Al Kautsar: 1-2)

Rasulullah saw. juga menyinggung umat muslim dalam beberapa hadis tentang kurban.

Berikut sembilan hadis tentang kurban yang bisa dicermati umat muslim, Rabu (17/1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Kurban

Hadis tentang Kurban (1)

"Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, 'Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Iduladha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya'." (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi)

Hadis tentang Kurban (2)

"Pernah terjadi pada zaman Rasulullah saw. (jumlah) unta sedikit maka beliau menyuruh para shahabat berkurban dengan lembu. (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Kurban (3)

"Barang siapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat salat kami." (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Kurban

Hadis tentang Kurban (4)

"Dari Aisyah radliyallâhu 'anhâ, menginformasikan sesungguhnya Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam menyuruh untuk mendatangkan satu ekor domba (kibas) yang bertanduk . Kemudian domba itu didatangkan kepadanya untuk melaksanakan kurban. Beliau berkata kepada Aisyah: Wahai Aisyah, ambilkan untukku pisau (golok). Nabi selanjutnya memerintahkan Aisyah: Asahlah golok itu pada batu (asah). Aisyah kemudian melakukan sebagaimana yang diperintahkan Rasulullah. Kemudian Nabi mengambil golok itu dan mengambil domba (kibasy), kemudian membaringkannya, dan menyembelihnya sambil berdoa: Dengan nama Allah, wahai Allah terimalah dari Muhammad dan keluarga Muhammad dan umat Muhammad, beliau berkurban dengan domba itu". (HR. Muslim)

Hadis tentang Kurban (5)

"Aku diperintahkan untuk berkurban, dan berkurban bagi kalian adalah sunah." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Kurban (6)

"Hai manusia, sesungguhnya atas tiap-tiap ahli rumah pada tiap-tiap tahun disunahkan berkurban," (HR. Abu Dawud)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Kurban

Hadis tentang Kurban (7)

"Kami telah menyembelih kurban bersama Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang." (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadis tentang Kurban (8)

"Ada empat macam hewan yang tidak sah dijadikan hewan kurban, (1) yang (matanya) jelas-jelas buta (picek), (2) yang (fisiknya) jelas-jelas dalam keadaan sakit, (3) yang (kakinya) jelas-jelas pincang, dan (4) yang (badannya) kurus lagi tak berlemak." (HR. Tirmidzi, Abu Dawud)

Hadis tentang Kurban (9)

"Barang siapa yang ingin melaksanakan kurban, hendaklah ia memelihara hewan kurban tersebut hingga datang waktu penyembelihan." (HR. Bukhari)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer