Sukses


Cara Membuat Tubuh Cepat Tidur ketika Insomnia Kambuh

Bola.com, Jakarta - Insomnia adalah kondisi gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk tidur, sulit mempertahankan tidur, atau bangun terlalu awal tanpa bisa tidur lagi. Kondisi ini dapat membuat seseorang merasa lelah, kurang konsentrasi, dan mood yang buruk.

Insomnia dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang serta kinerja sehari-hari.

Penyebab insomnia bervariasi, dari stres, kecemasan, depresi, pola tidur yang tidak teratur, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga kondisi kesehatan tertentu seperti sleep apnea atau nyeri kronis.

Kebanyakan orang pernah mengalami insomnia sesekali, tetapi jika terjadi secara terus-menerus dan mengganggu aktivitas sehari-hari, perlu untuk segera mendapatkan perawatan medis.

Menjaga pola tidur yang teratur, menghindari konsumsi kafein atau alkohol di malam hari, serta menjaga kesehatan mental dan fisik  merupakan langkah yang penting untuk mencegah insomnia.

Ketika mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Akan tetapi, jika masalah tidur masih berlanjut, segera konsultasikan ke dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berikut cara membuat tubuh cepat tidur ketika insomnia kambuh, yang bisa kamu coba lakukan, Jumat (19/1/2024).

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Tubuh Cepat Tidur ketika Insomnia Kambuh

1. Rileksasi sebelum tidur

Melakukan aktivitas rileksasi seperti mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku, atau meditasi, dapat membantu tubuh untuk menenangkan pikiran dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

2. Jangan minum kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol dapat memperburuk insomnia, oleh karena itu jangan minum minuman berkafein atau minuman beralkohol saat insomnia kambuh.

3. Hindari menggunakan gadget sebelum tidur

Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu produksi hormon tidur, oleh karena itu hindari menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet sebelum tidur.

4. Perhatikan lingkungan tidur

Pastikan kamar tidur dalam kondisi yang nyaman, gelap, dan tenang. Gunakan bantal dan selimut yang nyaman, serta atur suhu kamar agar sesuai preferensi tidurmu.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer