Sukses


10 Dalil tentang Riba yang Perlu Dicermati

Bola.com, Jakarta - Riba dalam konteks ajaran agama Islam merujuk pada praktik peminjaman uang atau modal dengan tambahan atau pembayaran bunga.

Islam secara tegas mengharamkan riba dan aturan ini ditegaskan dalam Al-Qur'an dan hadis. Riba dianggap sebagai satu di antara bentuk kezaliman ekonomi yang merugikan masyarakat.

Dengan demikian, riba dalam ajaran agama Islam dianggap sebagai larangan mutlak yang mendorong adanya sistem ekonomi yang lebih adil, berkeadilan, dan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Larangan riba dalam ajaran agama Islam berdampak luas, tidak hanya pada tingkat individu, tetapi juga pada struktur ekonomi dan sosial secara keseluruhan.

Kesimpulannya, riba diharamkan dalam ajaran agama Islam karena dianggap sebagai bentuk eksploitasi, ketakadilan, dan penindasan terhadap orang yang membutuhkan.

Umat muslim dianjurkan untuk menghindari riba dan melibatkan diri dalam transaksi keuangan yang berlandaskan prinsip-prinsip keadilan dan produktivitas.

Di sisi lain, banyak dalil yang menjelaskan tentang riba. Berikut 10 dalil tentang riba yang perlu dicermati umat muslim, Jumat (19/1/2024).

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Riba

Dalil tentang Riba (1)

"Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba..." (QS. Al Baqarah: 275)

Dalil tentang Riba (2)

"Allah akan membatalkan riba dan menambahkan berkah pada transaksi yang halal..." (QS. Al Baqarah: 276)

Dalil tentang Riba (3)

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda..."(QS. Al Imran: 130)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Riba

Dalil tentang Riba (4)

"Dikarenakan mereka mengambil riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya..." (QS. An Nisa: 161)

Dalil tentang Riba (5)

"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda..." (QS. Al Imran: 130)

Dalil tentang Riba (6)

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya riba itu ada 70 pintu, yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibu kandungnya." (HR. Muslim)

Dalil tentang Riba (7)

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda: Riba itu ada 73 pintu, yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibu kandungnya." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Riba

Dalil tentang Riba (8)

"Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah saw. melaknat orang yang memberi riba, menerima riba, menulis dan saksi dalam transaksi riba tersebut." (HR. Abu Dawud)

Dalil tentang Riba (9)

"Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah saw. melaknat orang yang memberi riba, menerima riba, menulis dan saksi dalam transaksi riba tersebut." (HR. Muslim)

Dalil tentang Riba (10)

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. melaknat orang yang memberi riba, menerima riba, menulis dan saksi dalam transaksi riba tersebut." (HR. Abu Dawud)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer