Sukses


9 Dalil tentang Puasa Ramadan yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta Puasa Ramadan adalah satu di antara ibadah wajib bagi umat muslim di seluruh dunia. Ibadah ini dilaksanakan selama satu bulan penuh, dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Puasa Ramadan bukan hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga melibatkan komponen spiritual dan sosial yang penting.

Umat muslim percaya bahwa puasa ini adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, menyucikan jiwa, dan meningkatkan keimanan.

Selama berpuasa, umat muslim diharapkan untuk meningkatkan ibadah seperti membaca Al-Qur'an, berdoa, dan berzikir.

Dalam menjalankan puasa, umat muslim juga diajarkan untuk mengendalikan hawa nafsu dan menghindari perbuatan yang tidak baik.

Selain itu, puasa Ramadan memiliki komponen sosial yang penting. Puasa ini menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk merasakan kehidupan mereka yang kurang beruntung.

Dengan merasakan lapar dan haus, umat muslim dapat lebih memahami kondisi orang-orang yang menderita kelaparan dan kekurangan.

Hal tersebut bisa mendorong umat muslim untuk lebih dermawan dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Banyak dalil yang menjelaskan tentang puasa Ramadan. Berikut sembilan dalil tentang puasa Ramadan yang bisa dicermati umat muslim, Senin (22/1/2024).

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Puasa Ramadan

Dalil tentang Puasa Ramadan (1)

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur." (QS. Al Baqarah: 185)

Dalil tentang Puasa Ramadan (2)

"Ya Rasulullah, katakan kepadaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?" Beliau menjawab, 'Puasa Ramadan'. 'Apakah ada lagi selain itu?'. Beliau menjawab, 'Tidak, kecuali puasa sunah'." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Puasa Ramadan (3)

"Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Puasa Ramadan

Dalil tentang Puasa Ramadan (4)

"Janganlah seorang dari kalian mendahului Ramadan dengan berpuasa sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang sudah terbiasa puasa maka dia boleh berpuasa pada hari itu." (HR. Muttafaq Alaih)

Dalil tentang Puasa Ramadan (5)

"Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Syakban sampai 40 hari." (HR. Bukhari)

Dalil tentang Puasa Ramadan (6)

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)." (HR. Ahmad)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Puasa Ramadan

Dalil tentang Puasa Ramadan (7)

"Islam ditegakkan di atas lima perkara, yaitu dua kalimat syahadat, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadan, dan haji ke Baitullah bagi mereka yang mampu."  (HR. Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, An-Nasai)

Dalil tentang Puasa Ramadan (8)

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al Baqarah: 183).

Dalil tentang Puasa Ramadan (9)

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan. Allah Swt. telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barang siapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An Nasa'i)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer